Menggunakan Shampo Sebagai Cara Menghilangkan Ketombe, Apa Saja Pilihannya?


Menggunakan shampo anti ketombe secara rutin adalah salah satu cara menghilangkan ketombe yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Shampo anti ketombe memiliki banyak varian yang beredar, seperti shampo dengan kandungan tar, pyrithione zinc, dan asam salisilat.

(0)
03 Mar 2021|Maria Yuniar
Shampo anti ketombe adalah salah satu pilihan mudah dalam cara menghilangkan ketombeKetombe dapat diatasi dengan pemilihan shampo anti ketombe yang tepat
Salah satu masalah kulit kepala yang cukup mengganggu adalah ketombe. Kulit-kulit kepala kering yang terkelupas jatuh bagaikan salju di pundak, cukup untuk membuat seseorang malu dan risih. Apalagi jika ketombe diiringi dengan rasa gatal yang tidak tertahankan. Tentunya akan sangat mengganggu, bukan?Ketombe adalah masalah pada kulit kepala yang menyebabkan kulit tersebut mengelupas. Ketombe tidak dapat menular, dan Anda juga tidak perlu khawatir karena cara menghilangkan ketombe tidak sesulit yang dibayangkan.

Memilih shampo anti ketombe yang tepat

Beberapa kasus ketombe yang parah membutuhkan konsultasi dokter, tetapi secara umum, cara menghilangkan ketombe yang tidak tergolong parah dapat dilakukan dengan menggunakan shampo antiketombe. Shampo anti ketombe memiliki berbagai jenis dan mudah ditemukan.Banyaknya jenis shampo anti ketombe mungkin akan membuat Anda sedikit kebingunan. Jangan khawatir, karena artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai cara menghilangkan ketombe melalui varian shampo anti ketombe yang banyak beredar.Saat menggunakan shampo anti ketombe, gunakanlah shampo setiap hari sampai ketombe yang dimiliki mulai berkurang. Saat ketombe mulai berkurang, gunakanlah shampo sebanyak dua sampai tiga kali seminggu.Jika Anda merasa jenis shampo anti ketombe yang digunakan tidak membuahkan hasil, Anda dapat mengganti shampo tersebut. Anda juga harus selalu memastikan untuk membaca petunjuk pemakaian pada shampo yang dipilih karena ada beberapa shampo yang harus didiamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.Berikut adalah jenis-jenis shampo anti ketombe yang bisa Anda beli:

1. Shampo anti ketombe yang mengandung menthol

Presented by HEAD & SHOULDERS
Shampo HEAD & SHOULDERS Menthol Dingin dapat menjadi pilihan pertama untuk mengatasi ketombe yang tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan Formula Tiga Aksi Baru, varian shampoo ini mampu membersihkan ketombe, melindungi, dan melembapkan kulit kepala sejak pertama kali keramas, serta memberikan sensasi sejuk dan segar di kulit kepala.HEAD & SHOULDERS Menthol Dingin lebih ampuh menghilangkan ketombe dan gatal di kulit kepala, dibanding shampoo anti ketombe terkemuka. Untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala yang gatal, basahi rambut, kemudian tuang shampo dan gosokkan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan 2-3 menit agar zat aktif bekerja maksimal, dan bilas hingga bersih dengan air hangat maupun dingin.

2. Shampo anti ketombe dengan bahan dasar tar

Bahan yang digunakan dalam shampo merupakan tar yang berasal dari proses produksi batu bara. Tar dapat memperlambat kematian sel-sel kulit yang akan mengelupas dan menjadi ketombe. Namun, jika Anda memiliki warna rambut yang terang, shampo ini dapat memudarkan warna rambut.Oleh karena itu, shampo ini tidak terlalu dianjurkan sebagai cara menghilangkan ketombe untuk orang dengan warna rambut yang terang.

3. Shampo anti ketombe dengan kandungan pyrithione zinc

Kandungan pyrithione zinc dalam shampo berfungsi untuk membunuh bakteri dan jamur. Tipe shampo anti ketombe ini dapat mengurangi jamur pada kulit kepala yang memicu ketombe.

4. Shampo anti ketombe dengan kandungan selenium sulfida

Serupa dengan shampo yang berbahan dasar tar, shampo anti ketombe dengan kandungan selenium sulfida juga dapat memperlambat kematian sel-sel kulit serta mengurangi malassezia atau jamur yang hidup di kulit kepala.Efek dari shampo ini juga serupa dengan shampo berbahan dasar tar. Saat menggunakan shampo ini, ikuti petunjuk yang disediakan dan bilas dengan bersih setelah menggunakannya.

5. Shampo anti ketombe dengan kandungan asam salisilat

Kandungan asam salisilat dapat menghilangkan sisik-sisik pada kulit kepala, namun shampo ini kadang dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan membuat pengelupasan kulit menjadi lebih banyak. Jika Anda memilih shampo ini sebagai cara menghilangkan ketombe, disarankan untuk memakai kondisioner yang dapat berfungsi untuk mengatasi kering di kulit kepala.

6. Shampo anti ketombe dengan kandungan ketoconazole

Kandungan ketoconazole berfungsi sebagai antijamur dan shampo dengan bahan ini dapat Anda jadikan alternatif cara menghilangkan ketombe saat shampo-shampo lain tidak membuahkan hasil.

Cara menghilangkan ketombe lainnya

Selain menggunakan shampo anti ketombe, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai cara menghilangkan ketombe, antara lain:
  • Meningkatkan frekuensi mencuci rambut

Jika Anda memiliki kulit kepala yang cenderung berminyak, mencuci setiap hari dapat membantu untuk mencegah munculnya ketombe.
  • Berjemur

Berjemur secara singkat dapat membantu mengatasi ketombe. Namun, jangan berjemur terlalu lama karena sinar ultraviolet dari matahari dapat merusak kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.
  • Meredakan stres

Selain cuaca yang dingin, stres juga dapat memicu ketombe. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan teknik-teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, dan semacamnya.Jika kondisi ketombe Anda tidak kunjung membaik setelah mencoba semua jenis shampo antiketombe di atas. Anda perlu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menindaklanjuti masalah ketombe tersebut. Demikianlah panduan shampo antiketombe sebagai cara menghilangkan ketombe. Selamat mencoba!
ketombekesehatan kulit kepalakesehatan rambut
Mayo Clinic.
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dandruff/symptoms-causes/syc-20353850
Diakses pada 27 Maret 2019
WebMD
https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/understanding-dandruff-basics
Diakses pada 27 Maret 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait