Sex Therapy Bantu Atasi Masalah Seksual, Bagaimana Cara Kerjanya?


Sex therapy dapat membantu seseorang atau pasangan mengatasi masalah seksual. Beberapa kondisi yang bisa dibantu dengan metode ini seperti disfungsi seksual, penyimpangan orientasi seksual, hingga menghilangkan trauma seksual di masa lalu.

(0)
Sex therapy digunakan untuk membantu pasangan yang mengalami masalah seksualSex therapy dapat membantu pasangan yang mengalami masalah seksual
Adanya masalah dalam kehidupan seksual seringkali memengaruhi hubungan Anda dengan pasangan. Tak hanya mengurangi keintiman, masalah tersebut bahkan dapat menyebabkan hubungan Anda dan pasangan hancur. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, tindak penanganan yang tepat perlu dilakukan. Salah satu cara untuk menangani masalah dalam kehidupan seksual adalah dengan menjalani terapi seks atau sex therapy.

Apa itu sex therapy?

Sex therapy adalah terapi bicara yang membantu seseorang atau pasangan dalam mengatasi kondisi medis, psikologis, pribadi, maupun interpersonal yang mempunyai keterkaitan dengan kehidupan seksual. Tujuan dari terapi ini yaitu membantu pasangan mendapatkan kehidupan seksual yang memuaskan dan menyenangkan.Terapi ini biasanya dilakukan oleh psikolog, dokter, atau terapis yang memiliki lisensi atau pelatihan terkait masalah kesehatan seksual. Sex therapy tidak melibatkan kontak seksual antara terapis dan Anda. Selain itu, terapi ini berlangsung dalam jangka pendek dengan jumlah pertemuan yang terbatas.

Kondisi yang mengharuskan Anda menjalani terapi seks

Terapi seks dapat membantu mengatasi beragam masalah seksual, mulai dari masalah terkait fungsi seksual hingga kesulitan dalam melakukan hubungan seks. Berikut sejumlah persoalan yang dapat dibantu menggunakan sex therapy:
  • Ejakulasi dini
  • Fetish seksual yang tidak diinginkan
  • Kesulitan mendapatkan gairah seksual
  • Disfungsi ereksi
  • Perilaku seksual impulsif atau kompulsif
  • Masalah terkait hasrat atau gairah seksual
  • Masalah terkait minat atau orientasi seksual
  • Kurangnya respons terhadap rangsangan seksual
  • Kesulitan untuk mencapai orgasme (anorgasmia)
  • Pengalaman seksual yang tidak diinginkan di masa lalu
  • Masalah seksual terkait cacat dan kondisi kronis lainnya
  • Pikiran seksual yang mengganggu kehidupan sehari-hari
  • Munculnya rasa sakit saat melakukan hubungan seks (dyspareunia)
Apabila Anda mengalami gangguan-gangguan seksual seperti di atas, terapi seks bisa dijadikan pilihan. Penanganan sedini mungkin bisa mengurangi risiko kondisi yang Anda alami bertambah parah.

Bagaimana cara kerja sex therapy?

Cara kerja sex therapy sama seperti semua jenis psikoterapi. Dokter, psikolog, psikiater, atau terapis akan meminta pasien untuk membicarakan pengalaman, perasaan, kekhawatiran, dan masalah dalam kehidupan seksualnya.Di awal pertemuan, terapis akan mengajak Anda dan pasangan (jika sudah berumah tangga) untuk berbicara bersama-sama. Setelah mendengarkan masalah tersebut, terapis kemudian akan memprosesnya dan mencoba untuk memberikan solusi.Pada pertemuan-pertemuan selanjutnya, Anda akan didorong untuk menerima dan mengontrol kekhawatiran yang mengarah pada disfungsi seksual. Jika terapis mencurigai adanya disfungsi seksual, Anda mungkin akan dirujuk untuk melakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani terapi seks

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum menjalani sex therapy. Hal ini penting dilakukan agar psikiater, dokter, atau terapis bisa memberikan solusi yang tepat terkait masalah Anda.Berikut sejumlah hal yang perlu dipersiapkan sebelum terapi seks:
  • Masalah seksual yang dialami Anda dan pasangan secara detail, mulai dari kapan, perawatan yang pernah dilakukan sebelumnya, serta riwayat berkonsultasi dengan psikiater, dokter, atau terapis lain yang pernah dijalani.
  • Informasi-informasi mengenai riwayat kesehatan dan medis Anda secara menyeluruh, misalnya merupakan seorang penderita diabetes atau mengidap penyakit kronis lain. Jangan lupa juga untuk menceritakan masalah yang memicu stres dan memengaruhi pikiran Anda.
  • Informasi terkait obat-obatan, suplemen, vitamin, dan herbal yang Anda konsumsi, lengkap dengan dosisnya.
  • Pertanyaan-pertanyaan yang hendak disampaikan ke terapis. Anda bisa membuat catatan kecil agar tidak lupa.
Apabila Anda tengah dalam hubungan, sebaiknya ajak pasangan Anda untuk mengikuti terapi seks bersama. Masalah seksual dalam hubungan akan lebih mudah jika ada komunikasi antara kedua belah pihak dan diatasi secara bersama-sama.

Catatan dari SehatQ

Sex therapy merupakan terapi yang bertujuan membantu masalah seksual yang dialami oleh satu orang maupun pasangan. Beberapa masalah yang bisa dibantu dengan terapi seks meliputi disfungsi seksual, penyimpangan orientasi seksual, hingga pengalaman seksual yang tidak diinginkan di masa lalu.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai sex therapy serta kondisi-kondisi yang mengharuskan Anda dan pasangan menjalani terapi seks , tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
masalah seksualterapi wicaradisfungsi seksualorientasi seksual
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/sex-therapy/about/pac-20384613
Diakses pada 25 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/sex-therapy
Diakses pada 25 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait