Sex Appeal, Tidak Selalu Terlihat dari Penampilan Fisik Saja

Sex appeal tidak selalu berkaitan dengan bentuh tubuh tetapi juga kepribadian
Sex appeal tidak melulu soal tubuh, tapi juga soal sikap

Setiap orang memiliki sex appeal berbeda, yaitu daya tarik untuk membuat orang lain bangkit sisi erotisnya. Ada orang yang dikaruniai penampilan menarik sehingga sex appeal dirinya tinggi, namun daya tarik yang satu ini tidak selalu berhubungan dengan paras rupawan atau tubuh indah saja.

Ada orang yang sex appeal langsung terlihat ketika baru pertama kali terlihat. Umumnya, ini terjadi karena faktor fisik. Namun ada kalanya pula sex appeal tumbuh perlahan-lahan seiring dengan seringnya berinteraksi, dipengaruhi pula dengan sifat atau bahasa tubuh tertentu.

Kunci munculnya sex appeal

Salah satu faktor yang bisa meningkatkan sex appeal seseorang adalah ketika ia bisa menerima kekurangan diri sehingga rasa percaya diri muncul bahkan bisa dirasakan orang lain.

Selain itu, menarik juga untuk tahu kunci munculnya sex appeal seperti:

1. Situasi

Dalam dunia psikologi sosial, setiap individu akan suka dan tertarik pada orang lain yang juga menyukai dirinya. Artinya, ada afeksi yang saling berbalas dalam hal ini. Ketika ada dua orang yang berinteraksi dan saling menikmati hubungan positif seperti saling memuji atau menyenangkan satu sama lain, hal ini akan meningkatkan sex appeal orang itu.

Bahkan, beberapa penelitian menyebut saat seseorang merasakan hal yang menarik atau bahkan merangsang, secara tak sadar akan menghubungkannya dengan orang yang disukai. Semakin sering hal ini terjadi, semakin besar ketertarikan itu ada.

2. Atraktif

Seberapa atraktifnya seseorang juga menentukan sex appeal dirinya. Bukan hanya soal tampan atau cantik saja, tapi cara seseorang mengekspresikan dirinya. Ketika orang tersebut bisa berlaku secara dinamis, hal ini akan membuatnya tampak seksi dan sex appeal meningkat.

Ini berhubungan dengan bahasa tubuh, bukan melulu soal penampilan fisik. Tentunya, bahasa tubuh tak bisa dibuat-buat karena berhubungan dengan karisma seseorang. Hal-hal atraktif ini di antaranya seperti wajah yang ramah, cara bicara dengan intonasi menarik, hingga mata yang bisa berbicara.

3. Penampilan fisik

Seperti yang disinggung di awal, faktor penampilan fisik juga menentukan sex appeal seseorang. Bagaimana wajahnya, tubuhnya, hingga fitur fisik lainnya yang lebih detil

Memang hal ini tidak abadi karena penuaan, operasi plastik, atau bahkan cedera bisa mengubahnya. Namun secara umum, sex appeal juga dipengaruhi penampilan fisik.

4. Pembawaan diri

Bagaimana seseorang memilih pakaian, makeup, gaya rambut, hingga caranya membawakan diri juga menentukan sex appeal. Tentu sex appeal orang yang merawat dirinya dan bersih jauh lebih tinggi ketimbang mereka yang kotor dan memakai pakaian tidak rapi.

Adakah cara meningkatkan sex appeal?

Sex appeal membuat seseorang tampak lebih menarik. Tak perlu risau jika tidak terlahir dengan penampilan fisik seperti wajah dan tubuh menarik, karena sex appeal bukan hanya sekadar penampilan fisik.

Beberapa hal ini bisa membantu meningkatkan sex appeal seseorang:

  • Menumbuhkan jenggot

Dalam sebuah survei pada 8.500 perempuan di Sydney, 20% dari mereka menganggap laki-laki dengan jenggot memiliki sex appeal lebih tinggi ketimbang yang dicukur habis. Masih dari studi yang sama, perempuan menganggap rambut di wajah sebagai lambang maskulinnya seseorang.

  • Menjaga postur tubuh

Ketika postur tubuh seseorang terjaga, baik itu laki-laki maupun perempuan, tentu ia akan terlihat lebih menarik. Contohnya berdiri dengan tegap hingga berolahraga untuk membentuk otot tubuhnya. Ketika seseorang terbiasa menjaga postur tubuhnya, lama kelamaan hal ini akan menjadi faktor yang meningkatkan sex appeal.

  • Berkeringat

Bahkan berkeringat pun bisa meningkatkan sex appeal seseorang. Perempuan lebih tertarik pada laki-laki yang sedang berkeringat karena berolahraga – begitu pula sebaliknya – karena ada zat kimia “androstadienone” dalam keringat yang bisa memperbaiki mood.

Adanya zat kimia yang muncul saat laki-laki berkeringat ini akan berpengaruh secara psikologis pada perempuan. Tak hanya membuat mood orang yang melihatnya lebih baik saja, tapi juga menjadi rangsangan seksual tersendiri.

  • Teman bicara yang nyaman

Rasa nyaman ketika berinteraksi dengan lawan bicara juga bisa menjadi faktor yang membuat sex appeal bertambah. Tentu hal ini jarang langsung terwujud dalam pertemuan pertama, namun perlu interaksi yang lebih intensif.

Saat laki-laki maupun perempuan sudah merasa nyaman satu sama lain, interaksi akan berlangsung lebih cair. Tak hanya itu, keakraban juga akan membuat mereka saling melontarkan candaan dan membuat suasana lebih dekat.

  • Bersih dan menarik

Ada orang yang terlihat lebih tinggi sex appealnya saat mengenakan warna pakaian tertentu, namun tidak semua orang tahu hal ini. Lebih penting dari sekadar warna pakaian adalah menjaga kebersihan tubuh. Orang yang selalu tampil bersih dan juga wangi akan memiliki sex appeal lebih tinggi ketimbang mereka yang kurang memerhatikan penampilan.

Catatan dari SehatQ

Sex appeal tak selalu berkaitan dengan faktor fisik, namun bisa terbangun lewat bahasa tubuh, interaksi, hingga bagaimana seseorang merawat tubuhnya. Membiasakan diri bertingkah laku dan juga berpikir positif juga tanpa disadari akan membuat sex appealnya meningkat.

Wellbeing Women. https://www.wellbeingwomen.org/the-paradox-of-sex-appeal-and-abstinence

Diakses 13 April 2020

Men’s Health. https://www.menshealth.com.au/6-ways-boost-sex-appeal

Diakses 13 April 2020

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/cutting-edge-leadership/201308/the-4-key-elements-sex-appeal

Diakses 13 April 2020

Artikel Terkait