Setelah Vonis Diabetes, Apa yang Harus Dilakukan?


Diabetes tipe 2 terjadi ketika kadar gula darah melebihi batas normal akibat terganggunya produksi hormon insulin yang mengatur kadar gula darah. Menjaga berat badan, rutin olahraga, hingga melakukan pola makan sehat bisa jadi cara untuk mengontrol kadar gula darah Anda.

0,0
09 Sep 2021|Marco Anthony
Cek gula darahCek gula darah
Memiliki tubuh yang selalu sehat adalah keinginan setiap orang. Namun, terkadang penyakit bisa datang. Beberapa di antaranya mungkin bahkan membuat terkejut dan akan mengubah hidup Anda.Salah satu penyakit tersebut adalah diabetes tipe 2. Penyakit ini terbilang serius karena kehadirannya dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi yang berbahaya. Ditambah lagi, penyakit ini tidak dapat disembuhkan.Namun, Anda tak perlu berkecil hati atau patah semangat karena kabar baiknya adalah risiko komplikasi diabetes bisa dikurangi dengan penanganan yang tepat. Selain itu, lewat penanganan diabetes 2 ini, kualitas hidup Anda pun bisa menjadi lebih baik.Lalu, jika Anda memiliki diabetes tipe 2, tindakan apa saja yang perlu Anda lakukan? Berikut penjelasannya.

Mengenal diabetes tipe 2

Sebelum berbicara mengenai penanganan, ada baiknya mengenal penyakit ini terlebih dahulu. Diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana kadar gula darah melebihi batas normal akibat terganggunya kerja atau produksi hormon insulin yang berperan dalam pengaturan kadar gula darah. Oleh karena itu, penanganan terhadap diabetes tipe 2 bertujuan untuk mengendalikan kadar gula darah agar tidak melampaui batas.

Cara Mengontrol Kadar Gula Darah

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap terkendali.

1. Menjaga Berat Badan

Seperti dipaparkan pada International Journal of Clinical Practice, penurunan berat badan sebesar 5% dari berat badan awal sudah berefek positif terhadap kadar gula darah pada diabetesi.Tidak hanya itu, penurunan berat badan pada diabetesi juga berkaitan dengan perbaikan tingkat kebugaran, penurunan risiko penyakit jantung, peningkatan kualitas tidur, serta penurunan penggunaan obat diabetes dan darah tinggi.

2. Rutin Berolahraga

olahraga
Sudah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat positif olahraga terhadap metabolisme karbohidrat dan perbaikan sensitivitas hormon insulin. American Diabetes Association menyatakan pentingnya aktif bergerak dan olahraga rutin untuk memperbaiki kontrol kadar gula darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan membantu penurunan berat badan pada diabetesi.Beberapa jenis olahraga yang dapat menjadi pilihan adalah berjalan, bersepeda, berenang, latihan peregangan, dan latihan beban.

3. Pantau Gula Darah

Rutin memantau gula darah penting untuk mengetahui seberapa terkontrolnya kondisi diabetes. Jika kadar gula darah seringkali tinggi, konsultasikan dengan dokter karena mungkin perlu dilakukan penyesuaian pola makan atau konsumsi obat.Ingat, penanganan setiap diabetesi dapat berbeda! Sebagian diabetesi akan perlu mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter yang penting diikuti agar kondisi diabetes dapat tetap terkontrol.

4. Menerapkan Pola Makan Yang Sehat

Pola makan sehat merupakan bagian yang sangat penting dalam penanganan diabetes. Diabetesi disarankan untuk memperbanyak konsumsi bijian utuh, buah, dan sayur. Selain itu, pilih sumber lemak sehat seperti minyak zaitun, canola oil, kacang-kacangan, dan ikan salmon.Membatasi asupan kalori serta gula, garam, dan lemak harian juga harus dilakukan sebagai bagian pola makan sehat setiap hariDengan melakukan cara di atas secara rutin dan disiplin, Anda dapat mengatur kadar gula darah dan meningkatkan kualitas hidup.

Diet Diabetes Tetap Nikmat Dengan Tropicana Slim

Bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman manis, vonis diabetes tentu akan membuat pilihan menu Anda menjadi sangat terbatas. Namun, hal ini bukan berarti Anda tak dapat lagi mengonsumsi makanan dan minuman kesukaan Anda. Dengan berbagai produk dari Tropicana Slim, Anda dapat menikmati menu favorit tanpa harus takut gula darah melonjak.Tropicana Slim memiliki beragam produk yang bebas gula namun tetap dengan rasa yang enak sehingga ramah bagi diabetesi.Variasi produk yang bermacam-macam memungkinkan Anda untuk menggunakan produk Tropicana Slim di segala suasana, seperti Tropicana Slim Korean Goguma Cookies untuk cemilan, atau Tropicana Slim Sweetener Rose Vanilla untuk memaniskan teh Anda.Tropicana Slim juga memiliki rangkaian produk rendah lemak yang bermanfaat membantu mengurangi asupan lemak harian. Bagi Anda yang suka memasak, Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil bisa membantu Anda menjaga asupan lemak.Dengan rasa yang enak, produk bebas gula dan rendah lemak Tropicana Slim merupakan solusi praktis bagi Anda untuk membantu mengendalikan asupan gula dan lemak harian tanpa mengorbankan kenikmatan rasa.
diabeteskomplikasi diabetespola hidup sehatadv tropicana slim
Diagnosed With Type 2 Diabetes, Now What?. 2017. National Diabetes Education Program.The importance of weight management in type 2 diabetes mellitus. 2014. International Journal of Clinical Practice, 68 (6): 682–691.Weight Management in Type 2 Diabetes: Current and Emerging Approaches to Treatment. 2015. Diabetes Care; 38:1161–1172.Physical Activity/Exercise and Diabetes. 2004. Diabetes Care 27 (S1): S58-S62.American Diabetes AssociationDiabetes Diet, Eating, & Physical Activity. 2016. National Institute of Health: National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK).Benefits and safety of low calorie sweeteners. 2012. The European Food Information Council.Nonnutritive Sweeteners: Current Use and Health Perspectives. 2012. Diabetes Care; 35(8): 1798-1808.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait