Serupa Tetapi Tak Sama, Ini Perbedaan BB Cream dan CC Cream

Meski terlihat sama, sebenarnya ada perbedaan BB cream dan CC cream
BB Cream dan CC cream adalah produk alas wajah yang memiliki fungsi berbeda

Umumnya, produk alas wajah yang paling dikenal hanyalah foundation. Akan tetapi, seiring berkembangnya dunia kecantikan, sejumlah brand pun mengeluarkan berbagai produk alas wajah lain yang kini mulai banyak dikenal di kalangan para perempuan.

Mulai dari munculnya BB cream, kemudian dilanjutkan dengan kehadiran CC cream. Apa itu BB cream dan CC cream? Dan, apa itu perbedaan BB cream dan CC cream?

Perbedaan BB cream dan CC cream yang perlu diketahui

Sekilas BB cream dan CC cream terlihat sama. Namun, sebenarnya berbeda nama maka berbeda pula kegunaan dua produk alas wajah tersebut. BB cream mungkin lebih familiar dibandingkan CC cream. Simak artikel berikut ini guna mengetahui perbedaan BB cream dan CC cream.

1. BB cream

BB cream merupakan singkatan dari Blemish Balm atau Beauty Balm cream. BB cream adalah krim yang terdiri dari foundation ringan dan pelembap yang cocok digunakan untuk tampilan ringan make up Anda sehari-hari.

BB cream mengandung SPF, pelembap (asam hialuronat dan gliserin), hingga antioksidan dengan tingkat ketebalan medium layaknya menggunakan foundation.

Jika Anda ingin menggunakan produk alas wajah dengan tekstur lebih ringan dari foundation untuk tampilan make up sehari-hari, tetapi tetap ingin menyamarkan noda hitam atau noda bekas jerawat di wajah, BB cream bisa menjadi pilihan.

Kendati demikian, BB cream tidak dapat menutupi atau menyamarkan flek hitam atau noda bekas jerawat di kulit wajah sepenuhnya layaknya CC cream.

Jangan lupa untuk menentukan pilihan produk BB cream sesuai dengan jenis kulit agar hasil make up Anda tetap optimal.

Perempuan dengan tipe kulit wajah normal cenderung berminyak sangat cocok untuk menggunakan BB cream sebagai produk alas wajah.

2. CC cream

CC cream merupakan kepanjangan dari Color Correcting. Sesuai dengan namanya, CC cream adalah krim yang berfungsi untuk meratakan warna kulit agar tidak terlihat belang.

Bagi Anda yang ingin menyamarkan masalah kulit wajah, seperti kemerahan, warna kulit tidak merata, noda hitam, noda bekas jerawat, hingga wajah kusam, maka CC cream bisa Anda gunakan.

Sama seperti BB cream, CC cream mengandung SPF di dalamnya yang dapat melindungi kulit dari sinar radiasi matahari. Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan CC cream saja tidak cukup untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar radiasi selama seharian penuh.

CC cream memiliki tingkat ketebalan lebih ringan dibandingkan foundation. Ini artinya, CC cream tidak berisiko menyebabkan penyumbatan pori-pori wajah yang dapat memicu timbulnya komedo dan jerawat.

Jadi, jika ingin tampilan make up yang lebih tebal maka Anda dapat mengoleskan CC cream lebih banyak. Atau Anda dapat mengoleskan CC cream tipis-tipis yang berfungsi sebagai primer untuk melapisi kulit sebelum menggunakan foundation.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari penggunaan CC cream, maka ini tergantung pada tipe kulit wajah, cara menggunakan krim, hingga merek CC cream yang dipilih.

Cara menggunakan BB cream dan CC cream yang tepat

Tidak ada perbedaan dalam menggunakan BB cream dan CC cream
Balurkan BB Cream dan CC cream pada seluruh permukaan wajah secara merata

Tidak ada perbedaan dalam menggunakan BB cream dan CC cream. Berikut adalah cara menggunakan BB cream dan CC cream yang tepat di wajah:

  1. Pastikan wajah dan jari-jari tangan Anda sudah dalam keadaan bersih sebelum mengaplikasikan BB cream dan CC cream.
  2. Ambil sedikit BB cream atau CC cream di jari, lalu balurkan pada seluruh permukaan wajah secara merata. Untuk penggunaan CC cream baurkan pada area wajah yang ingin disamarkan, seperti area di bawah mata atau area yang terdapat noda jerawat.
  3. Tepuk-tepuk ringan krim agar dapat menyatu dengan kulit. Anda juga dapat menggunakan kuas, sponge, atau beauty blender untuk membaurkan krim. Hindari menggosok atau menekan kulit.
  4. Tunggu selama beberapa menit agar krim dapat terserap dengan baik ke dalam kulit sebelum menggunakan produk make up lainnya.

BB cream dan CC cream, mana yang lebih baik?

Berdasarkan perbedaan BB cream dan CC cream yang dipaparkan di atas, sebenarnya krim mana yang lebih baik tergantung pada tujuan penggunaan krim dan tipe kulit wajah Anda.

Jika hanya ingin tampilan make up yang minimalis, Anda dapat menggunakan BB cream, menambahkan taburan bedak, dan lipstik favorit.

Sedangkan, bila Anda ingin menyamarkan kemerahan, warna kulit tidak merata, flek hitam, atau noda jerawat di wajah, sebaiknya gunakan CC cream.

Setelah mengetahui perbedaan BB cream dan CC cream, kini Anda dapat menentukan produk alas wajah mana yang Anda butuhkan untuk mempercantik tampilan kulit Anda.

Anda bisa mencoba beberapa jenis produk alas wajah untuk melihat mana yang terbaik dan cocok bagi kulit. Pastikan untuk membaca bahan-bahan yang terkandung di dalam krim.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/what-is-cc-cream#takeaway

Diakses pada 21 Januari 2020

Web Md. https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-balms-bb-creams#1

Diakses pada 21 Januari 2020

Artikel Terkait