Serupa Tapi Tak Sama, Ini Sebenarnya Perbedaan Serum dan Essence

Perbedaan serum dan essence terletak pada tekstur, kandungan, dan fungsinya
Banyak wanita yang menggunakan serum dan essence dalam rutinitas perawatan wajah hariannya

Bagi Anda yang menggemari produk perawatan kulit atau skincare, tentu sudah tidak asing lagi dengan serum dan essence. Ya, banyak orang yang mewajibkan kedua produk perawatan kulit tersebut dalam ritual perawatan wajah harian mereka. 

Namun, sebenarnya, apa perbedaan serum dan essence? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini. 

Perbedaan serum dan essence yang perlu diketahui

Secara umum, serum dan essence mempunyai fungsi yang hampir sama, yakni untuk melembapkan wajah sekaligus mengatasi masalah garis-garis halus dan noda hitam di wajah. Meski tampak serupa, tetap ada perbedaan serum dan essence

Berikut adalah beberapa perbedaan serum dan essence yang patut Anda ketahui.

1. Tekstur dan kandungan bahan aktif serum dan essence

Walaupun sama-sama berbahan dasar air, tekstur serum dan essence sejatinya sedikit berbeda.

Serum memiliki tekstur cairan yang lebih tebal atau kental dibandingkan essence yang cenderung ringan. Hal ini karena serum mengandung zat konsentrasi bahan aktif yang lebih banyak daripada essence yang bertujuan memaksimalkan penyerapan zat ke dalam kulit wajah Anda.

2. Fungsi serum dan essence

Serum wajah mengandung ceramide, asam hialuronat, asam lemak, serta bahan aktif tambahan yang berfungsi untuk mencegah peradangan dan radikal bebas, seperti aloe vera, zinc, vitamin C, hingga ekstrak biji anggur. 

Kandungan bahan aktif dalam serum wajah bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti keriput, garis-garis halus, noda hitam di wajah, serta warna kulit wajah yang tidak merata.

Sementara, essence mengandung gliserin, asam hialuronat, sejumlah vitamin yang bekerja untuk menghidrasi, mencerahkan, dan menghaluskan kulit. Tergantung kebutuhan kulit wajah Anda, essence dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit hingga mencegah tanda-tanda penuaan. 

Urutan pemakaian serum dan essence

Sebagian besar produsen skincare menyarankan agar Anda menggunakan essence terlebih dahulu lantaran teksturnya yang lebih ringan daripada serum wajah. 

Jika diurut dari langkah pertama, essence dapat Anda pakai setelah mencuci muka dan menggunakan toner wajah. Caranya, cukup tuang beberapa tetes essence ke telapak tangan, lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

Setelah essence meresap dengan baik ke dalam kulit, barulah Anda bisa menggunakan serum wajah. 

Cara menggunakan serum, cukup tuangkan sedikit serum wajah, kurang lebih seukuran kacang polong, ke telapak tangan. Lalu, oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah hingga leher secara merata.

Tepuk-tepuk area wajah dan leher secara perlahan agar serum wajah dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempurna.

Mana yang lebih baik digunakan, serum atau essence

Penggunaan serum dan essence sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit
Serum dan essence sebenarnya tidak perlu digunakan bersamaan

Para ahli dermatologi mengemukakan bahwa sebenarnya tidak terlalu penting untuk menggunakan serum dan essence secara bersamaan dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Mengapa demikian? 

Pasalnya, baik serum dan essence memiliki fungsi yang hampir sama, yakni membantu mempersiapkan kulit wajah agar dapat menyerap produk skincare lainnya secara efektif. 

Selain itu, para pakar kesehatan kulit juga mengemukakan bahwa penggunaan serum dan essence sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit, masalah kulit spesifik apa yang ingin Anda tuntaskan, serta bagaimana kulit Anda bereaksi terhadap kandungan bahan aktif yang terdapat di dalam kedua produk tersebut. 

Jika Anda mempunyai tipe kulit wajah yang sensitif dan khawatir bila konsentrasi bahan aktif yang terkandung pada serum dan essence bisa menyebabkan iritasi, seperti muncul rasa gatal kemerahan, hingga jerawat, maka Anda dapat menggunakan essence

Sedangkan, bila Anda ingin mengatasi kulit kering, gunakan serum wajah yang teksturnya lebih kental dan kaya akan bahan-bahan aktif yang bekerja lebih baik dalam melembapkan kulit wajah. 

Tetapi, jika Anda merasa kurang nyaman menggunakan serum wajah karena efeknya terlalu keras atau berisiko membuat kulit wajah berminyak, pilihlah essence dengan kandungan yang lebih ringan guna melembapkan wajah. 

Meski penggunaan kedua produk di atas cukup populer sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah, pastikan Anda mengetahui perbedaan serum dan essence terlebih dahulu sebelum menggunakannya secara bersamaan. 

Kemudian, sesuaikan pilihan antara serum dan essence dengan kebutuhan pribadi kulit wajah Anda. Dengan demikian, manfaat serum dan essence bisa Anda dapatkan secara maksimal dan tidak saling tumpang tindih. Jangan sampai keinginan Anda untuk mempercantik wajah justru berakhir celaka. 

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/order-of-skin-care#night-routine

Diakses pada 19 Februari 2020

Prevention. https://www.prevention.com/beauty/skin-care/a25694358/essence-vs-serum/

Diakses pada 19 Februari 2020

Health. https://www.health.com/beauty/what-is-an-essence

Diakses pada 19 Februari 2020

The Derm Review. https://thedermreview.com/what-is-essence-in-skincare/

Diakses pada 19 Februari 2020

Artikel Terkait