Apa Saja Zat Aktif Serum untuk Bekas Jerawat yang Ampuh?

Serum untuk bekas jerawat yang ampuh, biasanya mengandung alpha hydroxy acid (AHA).
Biasanya, serum untuk bekas jerawat mengandung zat aktif alpha hydroxy acid (AHA).

Bagi beberapa orang, flek hitam bekas jerawat sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, tak sedikit yang menjalani perawatan kecantikan, maupun mencoba berbagai skincare, termasuk serum untuk bekas jerawat.

Serum untuk bekas jerawat diyakini dapat mengobati lapisan kulit yang rusak akibat jerawat. Namun sebelum menggunakan serum untuk bekas jerawat, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter. Sebab tidak semua kandungan dalam serum untuk bekas jerawat cocok untuk kulit wajah Anda.

Apa saja sih kandungan di dalam serum untuk bekas jerawat?

Saat hendak membeli serum untuk bekas jerawat, perhatikanlah informasi mengenai jenis zat aktif yang terkandung di dalamnya. Biasanya, serum tersebut mengandung zat-zat aktif berikut ini.

1. Alpha hydroxy acids (AHA)

Salah satu kandungan yang banyak ditremukan di dalam produk serum untuk bekas jerawat yaitu Alpha hydroxy acids (AHA). AHA berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah tersumbatnya pori-pori wajah.

Zat aktif yang satu ini bekerja dengan mengikis noda bekas jerawat di lapisan terluar kulit. Hasilnya, flek hitam bekas jerawat akan menghilang. AHA juga bermanfaat untuk mengobati semua jenis jerawat.

2. Asam laktat

Sebuah riset membuktikan, asam laktat dalam takaran tertentu yang rutin dioleskan pada kulit wajah selama dua minggu sekali, dapat membantu memperbaiki tekstur dan pigmentasi kulit akibat bekas jerawat.

3. Retinoid

Kandungan serum untuk bekas jerawat selanjutnya yaitu retinoid. Zat ini berfungsi untuk mempercepat proses regenerasi sel dan meningkatkan tekstur kulit wajah.

Meski demikian, kandungan serum untuk bekas jerawat satu ini dapat membuat kulit wajah Anda begitu sensitif terhadap paparan sinar matahari. Sehingga, Anda sangat disarankan untuk mengoleskan tabir surya setelah mengaplikasikan serum yang mengandung retinoid ini pada kulit wajah.

4. Asam salisilat

Asam salisilat disebut sebagai salah satu kandungan serum untuk bekas jerawat yang ampuh mengobati flek hitam. Zat ini juga dapat ditemukan nyaris di seluruh produk pembersih wajah.

Asam salisilat berfungsi untuk mengurangi peradangan pada kulit wajah. Namun ingat, produk dengan kandungan asam salisilat tidak cocok digunakan pada kulit wajah sensitif, karena dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan.

Bahan alami sebagai alternatif serum bekas jerawat

Selain serum untuk bekas jerawat, beberapa bahan alami ini juga dipercaya mampu membuat kulit wajah kembali sehat. Apa saja bahan-bahan yang bisa Anda coba?

1. Minyak jintan hitam

Minyak jintan hitam (Nigella sativa) sejak dahulu kala digunakan untuk berbagai pengobatan di kawasan Asia Barat, Timur Tengah hingga Eropa Timur.

Kandungan senyawa antibakteri, antivirus dan antiradang dalam minyak jintan hitam dapat mempercepat proses penyembuhan luka, memperbaiki pigmentasi kulit dan mencegah jerawat. Tak heran, minyak jintan dapat menjadi alternatif serum untuk bekas jerawat.

2. Minyak rosehip

Minyak rosehip yang diekstrak dari biji buah rosehip berfungsi menghilangkan bekas luka akibat operasi maupun jerawat. Sejumlah riset membuktikan, mengoleskan minyak rosehip pada wajah 2 kali sehari efektif untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

3. Madu

Madu bisa digunakan sebagai alternatif serum untuk
bekas jerawat.

Kandungan antibakteri dalam madu juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati flek hitam bekas jerawat. Tak heran, madu yang sejak dahulu digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit dan luka dapat menjadi alternatif serum untuk bekas jerawat.

4. Lidah buaya

Sebuah riset mengungkapkan, ekstrak lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati bekas jerawat. Khasiat tanaman herbal ini dapat Anda rasakan dengan mengoleskan ekstraknya pada bagian kulit wajah yang bermasalah akibat jerawat.

Catatan dari SehatQ:

Selain menggunakan serum untuk bekas jerawat maupun bahan-bahan alami yang menjadi pilihan alternatif, jangan lupa untuk selalu memakai sunscreen. Terlebih, jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan.

Sebab, selain melindungi kulit wajah dari sengatan matahari sunscreen juga mampu mencegah semakin hitamnya flek bekas jerawat akibat paparan teriknya matahari.

Healthline.
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/natural-products-for-acne-scars#3
Diakses pada 6 Februari 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/health/acne-scars#in--office-procedures
Diakses pada 6 Februari 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/13-acne-remedies#section4
Diakses pada 6 Februari 2020

Artikel Terkait