Sering Tidak Disadari, Begini Gejala Kutil Kelamin yang Sebenarnya

(0)
04 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu gejala kutil kelamin adalah terasa gatal di area kutilKutil kelamin bisa menimbulkan ketidaknyamanan
Kutil kelamin adalah benjolan kecil menonjol dan biasanya tanpa rasa sakit yang muncul pada bagian kelamin. Kutil kelamin disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV) dan dapat ditularkan melalui sentuhan antara kulit orang yang sehat dengan kulit yang terinfeksi virus. HPV dapat ditularkan pada saat berhubungan seks tanpa menggunakan pengaman (kondom).Setidaknya ada lebih dari 100 jenis HPV yang berbeda. Strain HPV yang menyebabkan kutil kelamin juga berbeda dari jenis strain HPV yang dapat menyebabkan kanker genital, seperti kanker serviks.Oleh karena itu, virus HPV yang menyebabkan kutil tidak berkaitan dengan kanker dan juga tidak menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Penyakit kutil kelamin sangat mungkin untuk diobati dan dapat dihilangkan.

Gejala kutil kelamin

Gejala kutil kelamin diawali dengan munculnya satu benjolan kutil, baik hanya satu kutil atau beberapa kutil yang membentuk klaster. Lebih lengkapnya, gejala kutil kelamin adalah sebagai berikut:
  • Terdapat satu atau sekumpulan benjolan kecil berwarna serupa daging tanpa rasa sakit.
  • Muncul di sekitar vagina, penis, anus, atau paha atas Anda.
  • Terasa gatal atau terjadi pendarahan dari alat kelamin atau anus.
  • Terjadi perubahan pada arah aliran normal air kencing, misalnya ke salah satu sisi samping kiri atau kanan yang berlangsung beberapa lama.
  • Kutil mungkin berada di dalam vagina atau anus (internal) sehingga tidak terlihat dan tidak diketahui.
Banyak orang dengan kutil kelamin tidak menyadarinya dikarenakan tidak mengalami gejala apa pun. Gejala kutil kelamin dapat muncul selama berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun setelah terjadi kontak dengan virus penyebabnya.Walaupun tidak terasa sakit, segera periksakan diri Anda apabila menemukan benjolan tidak wajar di area kelamin. Begitu juga jika ada ketidaknyamanan atau perubahan dalam aliran air kencing.

Cara mengobati kutil kelamin

Kutil kelamin akan lebih mudah ditangani jika dilakukan penanganan sejak dini saat muncul gejala kutil kelamin. Jenis perawatan atau pengobatan yang diberikan, akan disesuaikan dengan jenis kutil yang dimiliki serta letak di mana kutil berada. Berikut tindakan penanganan yang mungkin diberikan.

1. Pemberian krim, lotion, atau obat-obatan lainnya

Jenis perawatan ini pada beberapa kasus juga dapat menyebabkan rasa sakit, iritasi bahkan sensasi terbakar. Selalu konsultasikan kepada dokter tentang efek yang terjadi pada saat dalam pengobatan.

2. Cryotherapy (pembekuan)

Dalam prosedur ini, kutil akan dibekukan dengan nitrogen cair untuk menghancurkannya. Hal ini  biasanya dilakukan setiap minggu selama empat minggu. Cryotherapy juga dapat menyebabkan rasa sakit, sensasi terbakar, dan iritasi.

3. Pembedahan

Tindakan ini merupakan penangan kutil kelamin dengan cara memotong, membakar, atau laser kutil kelamin. Tindakan ini hanya akan disarankan jika kutil tidak merespons perawatan lain atau berukuran terlalu besar. Efek samping dari tindakan ini adalah pendarahan, infeksi luka, atau jaringan parut.Jika kutil kelamin tidak diobati, maka ukurannya dapat membesar dan jumlahnya bertambah banyak. Anda juga dapat menularkan infeksi tersebut pada pasangan.Untuk melihat hasil perawatan, mungkin akan diperlukan waktu hingga beberapa minggu. Selama itu, dokter mungkin akan menyarankan agar Anda menghindari berbagai jenis sabun, krim, atau losion yang dapat mengiritasi kulit.Anda juga mungkin akan disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual hingga perawatan selesai dan kutil berhasil disembuhkan.Pengobatan mungkin dapat menghilangkan gejala kutil kelamin. Meski tidak ada obat khusus untuk virus HPV yang menyebabkannya, sistem imun tubuh seseorang mungkin akan dapat mematikan virus seiring waktu. Pada beberapa orang, gejala kutil kelamin juga dapat sembuh dengan sendirinya.
kutil kelaminhpv
NHS Inform
https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/sexual-and-reproductive/genital-warts
Diakses 21 Juli 2020
Avert
https://www.avert.org/sex-stis/sexually-transmitted-infections/genital-warts-hpv
Diakses 21 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait