Sering Mimisan Menandakan Penyakit von Willebrand, Benarkah Demikian?

Sering mimisan ternyata dapat disebabkan oleh penyakit genetik bernama von Willebrand
Sering mimisan bisa menandakan gejala penyakit tertentu

Mimisan merupakan kondisi yang umum terjadi dan dapat menimpa anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi ini dapat mengindikasikan banyak hal, mulai dari gejala penyakit ringan, berat, hingga penyakit genetik langka seperti penyakit von Willebrand. Lantas apa hubungannya mimisan dengan penyakit genetik ini?  

Hubungan Sering Mimisan dengan Penyakit Von Willebrand

Mimisan dapat terjadi pada hidung bagian depan (anterior) atau hidung bagian belakang (posterior). Pada mimisan anterior, pembuluh darah yang berasal dari dinding antara kedua lubang hidung mengalami kerusakan sehingga terjadilah perdarahan. Mimisan anterior biasanya bukanlah hal yang serius dan lebih sering terjadi pada anak-anak.

Sementara, mimisan posterior terjadi ketika cabang-cabang arteri yang memasok darah ke hidung mengalami kerusakan. Pada mimisan posterior pendarahan terjadi lebih berat dan berlangsung lebih lama. Mimisan ini dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu, salah satunya penyakit von Willebrand.

Ketika seseorang memiliki penyakit von Willebrand, darah mereka tidak dapat membeku dengan baik. Darah pun menjadi encer dan membuat penderitanya sering mengalami mimisan. Mimisan ini dapat dipicu oleh adanya iritasi ataupun terjadi secara spontan tanpa alasan yang jelas.

Perdarahan hebat yang disebabkan oleh penyakit von Willebrand tentu akan berpengaruh terhadap mimisan yang Anda alami. Hal ini tergantung pada faktor von Willebrand yang Anda miliki. Faktor von Willebrand membantu sel darah merah berkumpul (menggumpal) ketika seseorang berdarah.

Apabila jumlah faktor von Willebrand tidak memadai atau tidak berfungsi dengan baik, maka perdarahan seperti mimisan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk berhenti dan menjadi lebih sering intensitasnya. Oleh sebab itu, sering mimisan atau mimisan yang terjadi lebih lama menjadi salah satu gejala dari penyakit von Willebrand.

Mengenal penyakit von Willebrand

Tidak seperti hemofilia yang lebih dikenal, penyakit von Willebrand mungkin terdengar asing bagi kebanyakan orang. Penyakit von Willebrand merupakan salah satu gangguan pembekuan darah. Penyakit ini dapat membuat penderitanya lebih mudah mengalami perdarahan.

Perdarahan yang terjadi berlangsung lebih lama dari orang normal pada umumnya karena darah kesulitan untuk membeku. Penyakit von Willebrand biasanya diturunkan dari keluarga, namun dalam kasus yang langka penyakit ini bisa juga muncul sebagai komplikasi dari penyakit lain atau obat-obatan tertentu.

[[artikel-terkait]]

Gejala penyakit von Willebrand

Selain mimisan, ada gejala-gejala lain dari penyakit von Willebrand. Seluruh gejala penyakit ini berkaitan dengan perdarahan. Berikut adalah gejala-gejala penyakit von Willebrand:

  • Pendarahan gusi
  • Menstruasi berat atau lebih lama
  • Terjadi pendarahan hebat setelah operasi atau cedera
  • Pendarahan berlebihan ketika mengalami luka
  • Memar tanpa alasan
  • Urine berdarah
  • Kotoran berdarah
  • Terjadi perdarahan dalam sendi

Perlu dicatat bahwa gejala yang terjadi tergantung pada seberapa parah tingkat penyakit von Willebrand yang dimiliki. Segera kunjungi dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut dan mendapatkan penanganan yang tepat.

NHS UK. https://www.nhs.uk/conditions/von-willebrand-disease/
Diakses pada Juni 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/188979.php
Diakses pada Juni 2019

Healthlink BC. https://www.healthlinkbc.ca/health-topics/hw183231
Diakses pada Juni 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319041.php
Diakses pada Juni 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed