Kenali Pemicu Prokrastinasi yang Sering Dilakukan Banyak Orang


Prokrastinasi adalah perilaku menunda-nuda pekerjaan dengan melakukan aktivitas lain. Kebiasaan buruk ini dapat berdampak buruk pada kesehatan.

0,0
29 Nov 2019|Anita Djie
ProkrastinasiProkrastinasi dapat menyebabkan pekerjaan menumpuk
Pernah merasa malas mengerjakan sesuatu padahal tenggat waktunya sudah dekat? Hati Anda terasa cemas karena pekerjaan belum selesai, tapi di sisi lain Anda tetap tidak tergerak untuk mengerjakannya? Hal ini pernah dialami oleh hampir setiap orang. Paling tidak sekali seumur hidup. Istilah untuk perilaku ini adalah prokrastinasi.
Meski sebenarnya hal yang wajar, prokrastinasi bisa menjadi kebiasaan yang buruk, loh. Pekerjaan tertunda, kesehatan pun bisa terganggu. Anda bisa menunda pekerjaan, menunda untuk makan atau mandi bahkan menunda janji bertemu dengan orang lain.Beberapa orang bisa memiliki sikap prokrastinasi yang lebih parah dibandingkan dengan orang lainnya sehingga sering kali membuat pekerjaan, kehidupan pribadi, dan hubungan dengan orang lain jadi berantakan. Namun sebenarnya apa sih penyebab di balik perilaku ini?

Penyebab prokrastinasi

Prokrastinasi terjadi bukan terjadi karena Anda malas, tetapi lebih kepada pola pikiran. Sumber kebiasaan ini bisa bermacam-macam. Berikut beberapa penyebab sering menuna pekerjaan

1. Meremehkan pekerjaan yang akan dilakukan

Sering kali Anda meremehkan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Hal ini buat Anda menunda pekerjaan karena merasa bahwa bisa diselesaikan dengan cepat. Banyak pekerjaan yang dirasa mudah ternyata cukup sulit dan memerlukan waktu yang lama untuk diselesaikan.Untuk mengatasi menunda pekerjaan, Anda bisa memulai pekerjaan lebih awal. Ketika pekerjaan selesai berikan hadiah untuk diri Anda karena telah berhasil menyelesaikan pekerjaan lebih awal.

2. Menunggu hingga ‘kondisi yang tepat’

Selain meremehkan pekerjaan yang perlu dilakukan, prokrastinasi selalu dibenarkan oleh Anda yang suka menunda pekerjaan. Banyak orang yang merasa bahwa belum ideal untuk melakukan pekerjaan yang perlu dilakukan.Sebenarnya tidak ada ‘kondisi ideal’ yang sesuai untuk melakukan pekerjaan Anda. Menunda pekerjaan karena Anda merasa sedang tidak termotivasi atau tidak dalam kondisi yang tepat hanya merupakan alasan untuk menunda pekerjaan.

3. Tidak percaya diri

Rasa tidak percaya diri dapat berpengaruh pada prokrastinasi. Anda tidak percaya diri karena merasa kurang mampu menyelesaikan tugas sehingga akhirnya menunda pekerjaan karena khawatir tidak bisa memberikan hasil yang memuaskan.Anda tidak perlu rendah diri bila Anda merasa kesulitan dengan pekerjaan yang harus dilakukan. Cobalah minta bantuan teman atau orang yang bisa memberikan Anda dukungan dan saran untuk pekerjaan yang perlu dilakukan.

4. Merasa pekerjaan sulit dilakukan

Menunda pekerjaan dapat terjadi karena Anda merasa bahwa pekerjaan yang dilakukan sangat sulit. Anda akhirnya menunda pekerjaan tersebut dan malah melakukan pekerjaan lain yang memiliki batas waktu yang lebih lama. Jika Anda merasa pekerjaan tersebut lebih sulit dari yang lainnya dan membuat Anda tidak nyaman, jadikan pekerjaan tersebut sebagai tantangan yang harus diselesaikan untuk menjadi lebih baik.

5. Belajar dari orang lain

Jangan salah, suka menunda pekerjaan adalah perilaku yang bisa dicontoh dari orang lain. Anda bisa saja mempelajari tindakan menunda pekerjaan dari orang lain dan merasa bahwa kebiasaan tersebut adalah sesuatu yang akan membuat Anda terlihat keren dan disegani orang-orang.Terkadang perilaku prokrastinasi dapat diikuti dari sosok saudara ataupun orang tua yang terlihat tidak mempedulikan apa pun. Namun, Anda harus ingat bahwa menunda pekerjaan dapat memberikan berbagai konsekuensi negatif bagi Anda.Faktanya, tidak semua hal akan berujung negatif. Anda hanya perlu mengubah pola pikir Anda dan yakinkan diri Anda bahwa tidak semua hal akan berujung negatif.

6. Lebih fokus ke masa sekarang

Lebih fokus ke masa sekarang terkadang membuat Anda lupa untuk mempertimbangkan konsekuensinya di masa depan. Hal ini yang membuat Anda kurang mau mendapatkan pencapaian yang lebih lagi. Anda perlu mengingat bahwa hal menyenangkan di masa sekarang justru akan memberikan Anda konsekuensi buruk nantinya.

7. Terlalu perfeksionis

Segala sesuatu yang berlebih tidaklah baik, begitupun juga dengan sikap terlalu perfeksionis. Keyakinan pada semuanya harus sempurna membuat Anda memberikan standar yang terlalu tinggi untuk dicapai.Pada akhirnya, Anda akan melakukan penundaan karena standar tinggi yang Anda tetapkan sendiri. Cobalah untuk fokus menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya daripada terlalu terpusat untuk menciptakan hasil pekerjaan yang sempurna.Baca juga: Cara Menghadapi Stres di Tempat Kerja

Cara mengatasi prokrastinasi

Membuat diri Anda disiplin tentunya bisa membuat Anda tidak lagi menunda pekerjaa. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Membuat skala prioritas

Pasti ada pekerjaan yang lebih prioritas dibanding pekerjaan lainnya. Anda yang perlu membuat daftarnya sendiri. Tentuka skala prioritas dari sisi tenggat waktu pengerjaan hingga tingkat kesulitan untuk menyelesaikannya.

2. Membuat sebuah langkah kecil

Tidak ada waktu terbaik jika semua waktu baik untuk melakukan pekerjaan. Anda hanya perlu menghitung "1..2..3" dan mulai melakukan pekerjaan itu. Saat pekerjaan sudah dimulai, salah satu cara untuk melepasnya adalah menyelesaikannya.

3. Hindari penyebab distraksi

Notifikasi dari smartphone sering jadi penyebab sebagian orang menunda pekerjaannya. Karena itu, cobalah untuk mematikan notifikasi saat sedang melakukan pekerjaan. Tidak perlu terlalu lama, jadwalkan sekitar 45-60 menit saja sebelum Anda diperbolehkan lagi membuka smartphone.

4. Mengatur waktu dengan baik

Pengaturan waktu yang baik akan membuat hidup Anda lebih nyaman. Anda tahu kapan seharusnya menyelesaikan pekerjaan, kapan waktunya untuk bersantai-santai. Mulailah membuat pengaturan waktu sendiri dan selamatkan karier Anda.

5. Buatlah motivasi pribadi

Seseorang akan tergerak saat mereka sudah termotivasi. Jadi, cobalah memiliki motivasi sendiri. Anda bisa memberikan motivasi menyelesaikan pekerjaan karena ingin pergi bersama teman-teman. Bisa juga motivasi berlibur pada akhir tahun jadi perlu menyelesaikan pekerjaan jauh sebelum tanggal yang sudah ditentukan.

6. Membuat target realistis

Beberapa orang kadang hilang motivasi karena kesalahan dirinya sendiri. Mereka sering membuat target tinggi yang tidak masuk akal. Misalnya menyelesaikan pekerjaan satu minggu dalam satu hari. Jadi, cobalah mulai menargetkan sesuatu yang lebih realistis mulai dari sekarang.Apabila Anda masih merasa kesulitan dalam mengatasi kebiasaan prokrastinasi yang dilakukan atau perilaku menunda pekerjaan yang dilakukan telah mengganggu kehidupan sehari-hari, Anda bisa berkonsultasi dengan konselor atau psikolog.Baca juga: Mengenal Fobia Terhadap Pekerjaan atau Tempat Kerja

Catatan dari SehatQ

Kebiasaan menunda pekerjaan bisa saja muncul pada setiap orang. Namun, Anda bisa mulai menghilangkan kebiasaan buruk ini dengan mulai mengambil langkah kecil dalam pekerjaan.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar pengaturan waktu dalam bekerja, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalpola hidup sehat
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/fearless-you/201506/9-reasons-you-procrastinate-and-9-ways-stop
Diakses pada 28 November 2019
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/in-the-age-anxiety/201103/why-do-you-procrastinate
Diakses pada 28 November 2019
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/the-psychology-of-procrastination-2795944
Diakses pada 28 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait