Sering Menggunakan Hair Dryer? Ini Dampaknya pada Rambut Anda

Pengguaan hair dryer terlalu sering dapat membahayakan rambut
Hair dryer berwarna pink

Siapa yang sering menggunakan hair dryer sebagai pengering rambut setelah keramas? Penggunaan hair dryer memang tak jarang dijadikan sebagai alasan oleh banyak orang yang sering kesulitan mengeringkan rambut karena terburu-buru dan tidak punya banyak waktu.

Hair dryer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mempercepat proses pengeringan rambut yang dilengkapi pengaturan tingkat suhu tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Selain dapat mempercepat proses pengeringan rambut, hair dryer diklaim juga bisa melembutkan rambut dan membuat rambut menjadi lebih mudah dibentuk. Di tengah semua manfaat penggunaan hair dryer, tentunya ada beberapa bahaya jika Anda terlalu sering menggunakan alat ini.

Bahaya menggunakan hair dryer

Penggunaan hair dryer atau pengering rambut yang tidak tepat dan dalam jangka waktu yang lama memang akan menimbulkan beberapa efek yang kurang baik bagi kesehatan rambut.

Lalu, apa saja bahaya menggunakan hair dryer terlalu sering? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Merusak batang rambut

Jika Anda menggunakan hair dryer atau pengering rambut setiap hari, sekarang saat yang tepat untuk membatasi penggunaannya karena paparan panas yang dihasilkan oleh alat tersebut dapat merusak batang rambut.

Panas yang dihasilkan oleh hair dryer akan meningkatkan suhu air yang ada di rambut sehingga air tersebut menjadi uap dan membentuk gelembung-gelembung dengan tekanan tinggi di batang rambut. Hal itulah yang membuat rambut Anda menjadi rapuh dan mudah patah.

Bayangkan saja jika setiap hari rambut Anda terkena panas dari hair dryer yang suhunya bisa mencapai 50-60 derajat Celcius. Belum lagi rambut Anda terpapar panas sinar matahari di negara tropis ini, pastinya perawatan rambut ekstra harus dilakukan.

2. Tekstur rambut menjadi kering

Perlu Anda ketahui, jika hawa panas yang dihasilkan oleh hair dryer secara tidak langsung juga dapat menyerap kelembapan dan nutrisi yang ada disetiap helai rambut Anda.

Selain itu, mengeringkan rambut menggunakan hair dryer juga dapat memudarkan warna alami pada rambut sehingga tampilan rambut akan menjadi kering dan kusam.

Untuk itu, jangan biasakan menggunakan hair dryer setiap habis keramas, sebaiknya biarkan rambut Anda mengering dengan sendirinya.

3. Menimbulkan efek overheating pada kulit kepala

Sebagian besar orang belum tahu suhu berapa yang cocok untuk kulit kepala mereka. Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer setiap hari tanpa kontrol suhu yang tepat, dapat menyebabkan efek overheating atau sensasi terbakar pada kulit kepala Anda.

Dan mirisnya, banyak orang yang tidak menyadari akan hal itu. Oleh karena itu, akan lebih baik sebelum menggunakan hair dryer sebagai pengering rambut, ketahui terlebih dahulu jenis dan gaya rambut Anda supaya dapat mengatur suhu dengan tepat. Suhu pengeringan rambut yang ideal adalah 45 derajat Celcius.

4. Dapat mengganggu pendengaran

Suara memekik dan bising dari hair dryer saat Anda mengeringkan rambut untuk waktu yang lama, tanpa disadari dapat mempengaruhi pendengaran. 

Oleh karena itu, pastikan Anda menjaga jarak blower agar tidak cukup dekat dengan telinga karena dapat merusak fungsi telinga Anda. Jarak yang disarankan untuk menggunakan pengering rambut adalah 15 cm.

5. Mempengaruhi siklus tidur

Konsep medan Electromagnetic Fields (EMF) bukanlah suatu hal baru. Peralatan pengering rambut atau hair dryer terdiri dari EMF intensif, sama seperti smartphone dan peralatan elektronik lainnya.

Paparan EMF yang berlebihan dapat dapat mengganggu penyelarasan sel-sel otak Anda dan menyebabkan masalah, seperti mengubah siklus tidur, perubahan suasana hati, dan menginduksi tingkat stres.  Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga menjadi sensitif terhadap gelombang elektromagnetik.

Menggunakan hair dryer bukan jalan satu-satunya untuk mengeringkan rambut, lho. Masih banyak alternatif lain yang bisa Anda lakukan, salah satunya menggunakan handuk yang terbukti dapat mengeringkan rambut dengan cepat dan meminimalisir kerusakan pada rambut.

Namun, penting bagi Anda untuk memilih handuk yang sesuai dengan jenis rambut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan conditioner dan memeras rambut dengan lembut setelah keramas untuk membantu mempercepat proses pengeringan rambut.

Itulah beberapa bahaya ketika Anda menggunakan hair dryer terlalu sering. Pada dasarnya, menggunakan hair dryer itu boleh-boleh saja, tetapi jangan gunakan secara berlebihan karena bisa berbahaya. Gunakan pengering rambut hanya jika diperlukan supaya memperoleh manfaat yang maksimal.

Beautishe. https://beautishe.com/side-effects-of-hair-dryer/
Diakses pada 29 April 2020

Indiasstuffs. https://www.indiasstuffs.com/hair-dryer-using-advantages-disadvantages/
Diakses pada 29 April 2020

Myayan. https://www.myayan.com/advantages-and-disadvantages-of-using-hair-dryer
Diakses pada 29 April 2020

Tuhishair. https://tuhishair.com/dry-hair-quickly-without-a-hair-dryer/
Diakses pada 29 April 2020

Artikel Terkait