logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

10 Penyebab Telapak Tangan Gatal dan Cara Mengatasinya

open-summary

Telapak tangan gatal bisa disebabkan oleh alergi, psoriasis, eksim, hingga penyakit sistemik dalam tubuh. Cara mengatasi gatal di telapak tangan bisa dilakukan dengan mengoleskan pelembap hingga menggunakan obat-obatan tertentu.


close-summary

9 Sep 2019

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Secara medis, telapak tangan gatal ternyata dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan tertentu

Telapak tangan gatal bukan karena ingin menerima atau memberi uang

Table of Content

  • Apa penyebab telapak tangan gatal?
  • Bagaimana cara mengatasi gatal di telapak tangan?
  • Adakah cara mencegah gatal pada telapak tangan?

Telapak tangan gatal mungkin pernah dialami oleh kebanyakan orang. Meski umumnya tidak berbahaya, gatal-gatal di telapak tangan bisa jadi menandakan kondisi medis yang serius. Terlebih, bila berlangsung terus menerus. Kenapa telapak tangan gatal bisa terjadi?

Advertisement

Gatal di telapak tangan, baik telapak tangan kiri maupun telapak tangan kanan gatal, sering kali dikaitkan oleh mitos yang beredar. 

Beberapa orang percaya bahwa arti telapak tangan kiri gatal pertanda akan memberi uang. Sedangkan, telapak tangan kanan gatal artinya akan menerima uang. 

Kulit gatal pada telapak tangan tidak ada kaitannya dengan mitos tersebut. Faktanya, gatal pada telapak tangan disebabkan oleh berbagai kondisi medis tertentu.

Apa penyebab telapak tangan gatal?

Gatal-gatal pada kulit bisa dialami oleh siapa saja dan menyerang bagian tubuh mana pun, tak terkecuali telapak tangan. Beberapa kondisi yang menyebabkan telapak tangan gatal, di antaranya:

1. Kulit kering

Telapak tangan gatal bisa karena kulit kering
Telapak tangan kering bisa membuatnya gatal

Salah satu penyebab telapak tangan gatal adalah kondisi kulit yang kering.

Kulit kering bisa terjadi karena paparan cuaca atau penggunaan produk perawatan kulit tertentu yang tidak tepat.

Meski umum dialami oleh siapa saja, gatal pada telapak tangan lebih umum terjadi pada orang-orang yang lebih tua. Pasalnya, mereka cenderung memiliki kulit yang kering.

Ketika kulit telapak tangan kering, kondisi tersebut mampu menyebabkan gatal, atau bahkan iritasi.

2. Iritasi kulit

Penyebab telapak tangan gatal berikutnya adalah iritasi kulit. Iritasi kulit bisa terjadi akibat paparan bahan kimia atau zat tertentu.

Misalnya, dari penggunaan produk perawatan kulit atau produk sabun tertentu (sabun mandi, sabun detergen, sabun cuci tangan). 

Tak hanya itu, menggosok atau menyikat sesuatu terlalu keras juga dapat mengiritasi kulit. 

Selain menimbulkan rasa gatal pada telapak tangan, kulit bisa kering, gatal, dan mengelupas.

3. Reaksi alergi

Alergi bisa jadi penyebab telapak tangan gatal
Reaksi alergi bisa menimbulkan rasa gatal pada telapak tangan

Jika punya riwayat alergi terhadap sesuatu yang disentuh, ada kemungkinan Anda mengalami telapak tangan gatal. 

Beberapa orang bisa saja mengalami reaksi alergi akibat paparan bahan kimia, produk kosmetik, atau bahan perhiasan tertentu yang menyentuh kulit telapak tangan. 

Selain itu, sumber reaksi alergi lainnya, termasuk gigitan serangga, jenis makanan tertentu, atau tanaman juga bisa menyebabkan gatal-gatal pada telapak tangan.

4. Efek samping obat-obatan

Terkadang, penyebab telapak tangan gatal bisa karena sesuatu yang Anda konsumsi. Misalnya, obat-obatan. 

Jika Anda mengalami reaksi alergi terhadap obat-obatan, sistem imun tubuh akan bereaksi dengan mengirimkan sinyal. Sinyal tersebut merupakan perintah untuk segera melepaskan histamin

Akhirnya, histamin akan menimbulkan reaksi tertentu pada bagian tubuh yang terpapar alergen, termasuk telapak tangan. Telapak tangan terasa gatal akibat histamin yang memicu gatal banyak terkumpul di tangan dan kaki. 

Apabila obat-obatan yang Anda konsumsi menimbulkan rasa gatal, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dokter mungkin akan mengubah dosis yang Anda konsumsi, atau menghentikannya. 

5. Psoriasis

Meski sebagian besar kasus penyebab telapak tangan gatal bukan merupakan suatu hal yang perlu dikhawatirkan, terkadang gatal pada telapak tangan bisa jadi suatu penyebab suatu gejala penyakit kulit kronis yang membutuhkan penangan medis. Misalnya, psoriasis. 

Psoriasis adalah kondisi ketika pertumbuhan sel-sel kulit jadi tidak terkendali. Pertumbuhan abnormal ini membuat sel-sel kulit tidak dapat mengelupas secara alami sehingga sel-sel kulit tambahan pun menumpuk di permukaan kulit.

Psoriasis dapat muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk telapak tangan. Akibatnya, telapak tangan terasa gatal disertai kulit kemerahan, melepuh, bengkak, kering dan pecah-pecah, serta nyeri pada sendi di area sekitarnya.

6. Eksim

Eksim atau dermatitis atopik adalah penyakit kulit yang bisa menyebabkan rasa gatal pada telapak tangan. Tak hanya itu, kulit juga bisa timbul bercak-bercak kemerahan atau cokelat. 

Eksim merupakan penyakit kulit yang bisa menjangkit kulit mana saja, tak terkecuali kulit telapak tangan. 

Kondisi ini menyebabkan telapak tangan terasa sangat gatal, kulit kering dan mengelupas, bahkan muncul lepuhan kulit. 

Jenis eksim yang membuat gatal di telapak tangan dan kaki dikenal dengan istilah dermatitis dishidrotik

7. Kudis

Kudis adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh tungau kecil yang masuk dan berkembang biak di lapisan kulit terluar. 

Jenis penyakit ini bisa menimbulkan rasa gatal di malam hari disertai muncul ruam atau lepuhan kecil pada area tubuh, seperti ketiak, siku, serta telapak tangan dan kaki. 

8. Diabetes

Meski jarang terjadi, diabetes juga dapat menyebabkan telapak tangan gatal. Sirkulasi darah yang buruk akibat diabetes bisa membuat kulit kering dan gatal muncul tiba-tiba.

Gatal pada penderita diabetes dapat disertai dengan atau tanpa benjolan di telapak tangan ataupun area tubuh lain. 

Namun, umumnya, lebih banyak penderita diabetes yang mengalami gatal di kaki daripada di tangan.

9. Sirosis bilier primer

Gangguan autoimun yang dikenal dengan sirosis bilier primer bisa jadi penyebab telapak tangan gatal. Gangguan ini memengaruhi saluran empedu yang menghubungkan hati ke perut.

Empedu yang mengalir di antara kedua organ tersebut akan menumpuk di hati, kemudian menyebabkan kerusakan dan jaringan parut. 

Selain telapak tangan terasa gatal, gejala lain yang muncul berupa mual, nyeri pada tulang, diare, urine gelap, dan penyakit kuning.

10. Gangguan saraf

Gangguan saraf pada tangan, seperti carpal tunnel syndrome (CTS), dapat menyebabkan gatal-gatal di telapak tangan terutama di malam hari. Selain itu, CTS juga membuat tangan mati rasa dan nyeri.

Telapak tangan kiri dan kanan gatal juga bisa jadi tanda penyakit dalam organ tubuh, seperti seperti gagal ginjal, anemia, penyakit hati, atau kanker. 

Jika disebabkan oleh salah satu penyakit sistemik tersebut, tak hanya telapak tangan terasa gatal, melainkan gatal bisa terjadi pada bagian tubuh lain. 

Bagaimana cara mengatasi gatal di telapak tangan?

Sebenarnya, cara mengatasi gatal di telapak tangan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. 

Namun, umumnya ada beberapa cara mengatasi gatal di telapak tangan yang bisa meredakan gejalanya dengan segera. Berikut adalah perawatan yang direkomendasikan.

1. Kompres air dingin

Telapak tangan gatal bisa diatasi dengan kompres air dingin
Gunakan kain bersih yang sudah direndam air dingin

Salah satu cara mengatasi gatal di telapak tangan adalah dengan kompres air dingin. 

Anda bisa menempelkan beberapa buah es batu yang dibalut handuk atau kain bersih, atau gunakan handuk atau kain bersih yang sudah direndam air dingin. 

Tempelkan handuk atau kain bersih tersebut pada telapak tangan selama 5-10 menit untuk menghilangkan sensasi rasa gatal yang mengganggu. 

2. Oleskan pelembap

Penggunaan pelembap bisa jadi cara mengatasi gatal di telapak tangan. Pelembap bisa membantu meringankan rasa gatal yang muncul. 

Anda bisa mendapatkan manfaat pelembap yang maksimal, simpan pelembap dalam lemari pendingin terlebih dahulu sehingga memberi efek yang dingin dan menenangkan pada kulit.

Jika gatal pada telapak tangan disebabkan oleh eksim, oleskan pelembap sesaat setelah mencuci tangan atau saat kulit terasa kering. 

3. Minum obat antihistamin

Minum obat antihistamin untuk mengatasi telapak tangan gatal
Minum obat antihistamin yang dijual di apotek

Minum obat antihistamin yang dijual bebas di apotek bisa dilakukan sebagai cara mengatasi gatal di telapak tangan gatal yang disebabkan oleh reaksi alergi.

Efek samping obat antihistamin yang bisa menyebabkan rasa kantuk, dapat membuat Anda tidur pulas walaupun telapak tangan terasa gatal.

4. Pakai obat steroid

Selain obat antihistamin, Anda bisa menggunakan obat topikal (oles) steroid.

Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan jenis obat ini. 

Pasalnya, krim steroid hanya bisa digunakan sesuai petunjuk dari dokter.

Jangan pula terlalu sering menggunakan krim steroid karena dapat menyebabkan penipisan kulit.

5. Terapi sinar ultraviolet

Orang-orang dengan gejala gatal pada telapak tangan yang cukup parah mungkin dapat melakukan terapi sinar ultraviolet. 

Cara kerjanya, telapak tangan Anda di bawah alat yang memancarkan sinar khusus ultraviolet A. Dengan demikian, rasa gatal pada telapak tangan bisa berkurang.

Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan untuk melakukan prosedur ini. 

Adakah cara mencegah gatal pada telapak tangan?

Meski sudah melakukan berbagai cara mengatasi gatal-gatal di telapak tangan, ada baiknya Anda tetap melakukan tindakan pencegahan agar gejalanya tidak muncul di kemudian hari. Misalnya:

  • Cuci tangan menggunakan air suam-suam kuku. Hindari suhu air yang terlalu dingin atau terlalu panas. 
  • Gunakan sabun atau produk perawatan kulit bebas zat pewangi.
  • Oleskan pelembap sesaat setelah mengeringkan tangan.
  • Hindari penggunaan hand sanitizer dengan kandungan alkohol yang tinggi karena bisa membuat telapak tangan kering.
  • Gunakan sarung tangan saat mencuci, atau melakukan pekerjaan yang mungkin terpapar zat kimia. 

Baca Juga

  • Bantu Penyerapan Produk Skincare dan Kurangi Minyak, Ini Dia Manfaat Alkohol untuk Wajah
  • Ingin Sulam Bibir? Perhatikan Cara Pengerjaan dan Risiko Efek Samping di Baliknya
  • Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah Serta Cara Aman Menggunakannya

Gatal pada telapak tangan umumnya bukan suatu kondisi medis yang serius. 

Namun, apabila telapak tangan yang terasa gatal terjadi secara terus-menerus dan cenderung mengganggu, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.

Jika Anda masih punya pertanyaan seputar gatal-gatal di telapak tangan lainnya, segera konsultasikan dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. 

Caranya, unduh aplikasinya sekarang melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

gatalalergipsoriasispenyakit kulitkulit keringmasalah kulitdermatitiseksim

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved