Secara medis, telapak tangan gatal ternyata dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan tertentu
Telapak tangan gatal bukan karena ingin menerima atau memberi uang

Sebagian orang tentu pernah mengalami telapak tangan gatal, baik telapak tangan kiri maupun telapak tangan kanan, namun hal itu dikaitkan oleh mitos yang sudah beredar. Sejak dulu banyak mitos beredar yang dipercaya oleh masyarakat mengenai telapak tangan gatal. Berdasarkan mitos, telapak tangan kiri gatal dipercaya menjadi tanda bahwa akan memberi uang.

Sebaliknya, telapak tangan kanan gatal dipercaya sebagai tanda bahwa akan menerima uang. Padahal kenyataannya secara medis, gatal di telapak tangan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan tertentu, tak terkecuali penyakit.

Berbagai penyebab telapak tangan gatal, apa saja?

Telapak tangan gatal tentu sangat mengganggu, apalagi jika terasa terus menerus. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya, namun dapat pula menandakan masalah yang serius. Beberapa kondisi dapat menyebabkan telapak tangan gatal, di antaranya:

  • Kulit kering

Kulit bisa menjadi kering karena masalah cuaca ataupun hal lainnya, termasuk kulit telapak tangan. Ketika kulit telapak tangan kering, kondisi tersebut mampu menyebabkan gatal atau bahkan iritasi.

  • Iritasi kulit

Bahan kimia atau zat tertentu, seperti yang terdapat dalam deterjen, bisa mengiritasi kulit telapak tangan Anda. Selain itu, menggosok atau menyikat sesuatu dengan keras juga dapat mengiritasi kulit.

Iritasi kulit akan mengakibatkan telapak tangan Anda kering, gatal, dan mengelupas. Bahan iritan lain yang mampu mengiritasi kulit, yakni parfum, sabun, dan antiseptik.

  • Reaksi alergi

Jika Anda alergi terhadap sesuatu yang disentuh, ada kemungkinan Anda mengalami telapak tangan gatal. Gatal yang dialami bisa saja tidak langsung terasa karena pada beberapa kasus, gatal baru terasa setelah beberapa jam terpapar.

Selain itu, reaksi alergi juga mungkin baru muncul setelah paparan berulang. Umumnya alergen meliputi perhiasan, sarung tangan karet, debu, atau tanah.

  • Reaksi obat

Telapak tangan gatal bisa juga disebabkan oleh sesuatu yang Anda cerna. Obat-obatan tertentu mampu menimbulkan reaksi alergi pada tubuh Anda, seperti halnya telapak tangan gatal. Hal ini disebabkan karena histamin yang memicu gatal tersebut banyak terkumpul di tangan dan kaki.

  • Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang menyebabkan pertumbuhan sel-sel kulit secara tidak terkendali. Pertumbuhan abnormal ini membuat sel-sel kulit tidak dapat mengelupas secara alami sehingga sel-sel kulit tambahan pun menumpuk di permukaan kulit.

Psoriasis dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk juga telapak tangan. Ketika mengalami psoriasis di telapak tangan, Anda akan mengalami gatal, melepuh kemerahan, sakit, bengkak, kulit pecah, dan nyeri pada sendi di area sekitarnya.

  • Eksim

Eksim merupakan penyakit kulit yang bisa menjangkit kulit mana saja, tak terkecuali kulit telapak tangan. Kondisi ini menyebabkan telapak tangan gatal, dan timbul bercak-bercak kemerahan atau coklat.

Selain itu, eksim juga dapat menimbulkan benjolan-benjolan kecil yang bisa pecah. Kulit yang kering akibat eksim pun bisa retak atau bahkan berdarah. Orang yang berisiko mengalami eksim telapak tangan, yaitu orang yang pekerjaannya sering terpapar uap air berlebih atau bahan kimia yang keras.

  • Diabetes

Meski jarang terjadi, diabetes juga mampu menyebabkan telapak tangan gatal. Sirkulasi darah yang buruk akibat diabetes membuat kulit kering dan gatal.

Gatal pada penderita diabetes dapat disertai dengan atau tanpa benjolan di telapak tangan ataupun area tubuh lain. Akan tetapi, lebih banyak penderita diabetes yang mengalami gatal-gatal di kaki daripada di tangan.

  • Sirosis bilier primer

Gangguan autoimun yang disebut dengan sirosis bilier primer bisa mengakibatkan telapak tangan gatal. Gangguan ini memengaruhi saluran empedu yang menghubungkan hati ke perut.

Empedu yang mengalir di antara kedua organ tersebut pun menumpuk di hati, kemudian menyebabkan kerusakan dan jaringan parut. Selain telapak tangan gatal, gejala lain yang muncul berupa mual, sakit tulang, diare, urine gelap, dan penyakit kuning.

  • Gangguan saraf

Gangguan saraf pada tangan, seperti carpal tunnel syndrome (CTS), dapat menyebabkan gatal di telapak tangan terutama di malam hari. Selain itu, CTS juga menyebabkan tangan mati rasa dan nyeri.

Cara mengatasi gatal di telapak tangan

Cara mengatasi gatal di telapak tangan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Namun, beberapa perawatan umum dapat dilakukan untuk menghilangkan atau meringankan gatal di telapak tangan. Beberapa perawatan yang direkomendasikan, yaitu:

  • Menempelkan kain lembap di telapak tangan atau mengompresnya dengan es selama 5-10 menit untuk menghilangkan sensasi gatal.

  • Menggunakan steroid topikal untuk mengurangi rasa gatal atau kemerahan di telapak tangan. Namun, jangan terlalu sering menggunakan krim steroid karena dapat menyebabkan penipisan kulit.

  • Rutin menggunakan pelembap kulit. Pelembap dapat membantu mengurangi rasa gatal di telapak tangan. Anda dapat menggunakan pelembap kulit, terutama ketika telapak tangan terasa kering atau setelah mencuci.

  • Terapi sinar ultraviolet. Meletakkan telapak tangan di bawah sinar khusus yang memancarkan sinar ultraviolet-A dapat membantu mengurangi gatal.

Jika gatal di telapak tangan Anda tak kunjung hilang, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Dokter akan melakukan diagnosis dan menentukan penanganan yang tepat agar gatal di telapak tangan Anda bisa segera hilang.

Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-palms#additional-symptoms
Diakses pada 06 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321047.php
Diakses pada 06 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed