Sering Lupa? Konsumsi Makanan Penambah Daya Ingat Ini


Meningkatkan daya ingat bisa Anda lakukan dengan cara mengonsumsi makanan bernutrisi. Beberapa makanan penambah daya ingat di antaranya ikan dengan lemak omega-3, kacang, telur, coklat hitam, buah berry, hingga teh hijau.

(0)
Makanan penambah daya ingat adalah yang mengandung omega-3Kandungan omega-3 bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif otak
Daya ingat akan terus mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Namun, tak hanya faktor usia, gaya hidup, lingkungan, hingga pola makan tidak sehat juga bisa menyebabkan penurunan daya ingat. Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan mengonsumsi makanan-makanan penambah daya ingat.

Apa saja makanan penambah daya ingat?

Pola makan yang tidak sehat bisa menyebabkan penurunan daya ingat. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi yang dapat membantu kinerja otak dalam hal mengingat.Berikut ini sejumlah makanan penambah daya ingat yang mudah untuk ditemui dan bisa Anda konsumsi di rumah:

1. Ikan dengan asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 membantu membangun sel otak dan saraf. Maka dari itu, asam lemak yang biasanya ada pada ikan-ikan seperti salmon, tuna, tenggiri, teri dan sarden ini penting untuk fungsi pembelajaran dan memori.Selain itu, asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk membantu mencegah Anda terkena penyakit Alzheimer. Di sisi lain, sejumlah studi mengatakan bahwa kekurangan asupan omega-3 dapat menyebabkan gangguan belajar dan depresi.

2. Kunyit

Salah satu makanan penambah daya ingat adalah kunyit
Kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan daya ingat
Kandungan kurkumin yang ada dalam kunyit memberi banyak manfaat bagi fungsi otak Anda. Bersifat sebagai antioksidan dan antiinflamasi, kurkumin dapat membantu meningkatkan daya ingat serta membersihkan plak amiloid pada penderita Alzheimer.

3. Biji labu

Biji labu mempunyai kandungan magnesium yang penting untuk fungsi pembelajaran dan daya ingat otak. Jika kekurangan magnesium, Anda akan rentan terkena penyakit neurologis seperti depresi, migrain, dan epilepsi.Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam biji labu juga dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Cokelat hitam

Kandungan antioksidan flavonoid dalam coklat hitam membantu mengurangi dampak yang ditimbulkan stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri ikut andil dalam penurunan kemampuan kognitif dan penyakit otak terkait pertambahan usia.Menurut studi yang dirilis pada tahun 2013 silam, flavonoid juga mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah otak terkait fungsi pembelajaran serta daya ingat. Selain itu, antioksidan ini juga mampu merangsang aliran darah di otak.

5. Kacang

Beragam nutrisi yang ada dalam kacang seperti lemak sehat, antioksidan, dan vitamin E sangatlah bermanfaat untuk kesehatan otak. Selain itu, vitamin E dalam kacang dapat membantu melindungi membran sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.Menurut penelitian, wanita yang secara rutin mengonsumsi kacang selama beberapa tahun memiliki daya ingat lebih baik dibandingkan mereka yang tidak.

6. Telur

Telur merupakan sumber vitamin B yang baik untuk menjaga kesehatan otak Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan vitamin B6, B12, dan asam folat dalam telur bisa membantu mencegah penurunan kemampuan kognitif otak Anda (mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan).

7. Teh hijau

Kandungan kafein dalam teh hijau diketahui dapat meningkatkan kewaspadaan, kinerja, fokus, dan daya ingat otak Anda. Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan dan polifenol yang dapat membantu melindungi otak dari gangguan mental dan mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson.

8. Buah berry

Seperti halnya coklat hitam, buah berry seperti blueberry, stroberi, dan blackberry mengandung antioksidan flavonoid yang baik untuk kesehatan otak Anda. Antioksidan ini dapat membantu meningkatkan fungsi pembelajaran dan memori otak.

Cara lain untuk meningkatkan daya ingat

Selain mengonsumsi makanan tertentu, ada sejumlah cara lain yang bisa Anda lakukan untuk melatih sekaligus meningkatkan daya ingat. Cara-cara tersebut di antaranya:

1. Mengurangi konsumsi gula

Mengonsumsi makanan yang menggunakan banyak gula tambahan dapat mengakibatkan penurunan kemampuan kognitif. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tambahan membuat volume otak yang menyimpan memori jangka pendek berkurang.Tidak hanya menjaga kemampuan kognitif Anda, menjaga konsumsi gula tetap dalam batas wajar juga mencegah Anda terkena penyakit seperti diabetes.

2. Meminum suplemen

Meminum suplemen asam lemak omega-3 dapat meningkatkan daya ingat terutama pada orang tua. Di sisi lain, asam lemak omega-3 juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan seperti mengurangi peradangan, menurunkan risiko terkena penyakit jantung, menghilangkan stres dan kecemasan, serta mencegah gangguan mental.Selain itu Anda dapat memilih suplemen yang mengandung ginkgo biloba. Ginkgo biloba juga termasuk suplemen yang telah diketahui mampu meningkatkan daya ingat, mencegah peradangan, serta menjadi suplemen dalam pengobatan depresi.

3. Meditasi

Selain konsumsi makanan penambah daya ingat, meditasi juga penting dilakukan
Meditasi dapat meningkatkan ingatan jangka pendek bila rutin dilakukan
Memberikan efek relaksasi dan menenangkan, meditasi bisa meningkatkan kemampuan daya ingat Anda. Selain itu, meditasi juga bermanfaat untuk membantu mengurangi stres dan rasa sakit, serta menurunkan tekanan darah.Menurut penelitian, melakukan meditasi secara rutin mampu meningkatkan ingatan jangka pendek orang-orang dari segala rentang usia, mulai 20-an hingga orang tua.

4. Istirahat yang cukup

Sebuah penelitian menemukan bahwa kurang istirahat bisa memberikan dampak negatif pada daya ingat. Dalam penelitian itu, orang yang beristirahat dengan cukup mampu mendapatkan hasil tes memori 20 persen lebih baik dibandingkan mereka yang tidak.Menurut pakar kesehatan, Anda direkomendasikan tidur antara 7 hingga 9 jam setiap malam supaya kesehatan dan fungsi otak dapat bekerja secara maksimal.

5. Melatih kemampuan otak

Melatih kemampuan kognitif dengan permainan otak adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan daya ingat Anda. Beberapa contoh permainan yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif meliputi teka-teki silang, permainan mengingat, dan tetris.

Catatan dari SehatQ

Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi. Selain baik untuk meningkatkan daya ingat, makanan seperti ikan dengan asam lemak omega-3, kacang, dan teh hijau juga memberi banyak manfaat lain untuk kesehatan.Jika Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, berkonsultasilah ke dokter untuk meminta alternatif penggantinya. Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai makanan penambah daya ingat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan otaksering lupapenyakit otakpikun
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-improve-memory
Diakses pada 9 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-brain-foods
Diakses pada 9 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324044
Diakses pada 9 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ginkgo-biloba-benefits
Diakses pada 12 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait