Listrik Statis Bikin Sering Kesetrum Saat Memegang Besi? Ini Cara Mencegah dan Mengatasinya


Tubuh memiliki muatan listrik untuk organ bisa bekerja maksimal, misalnya saja jantung dan otak. Muatan listrik ini kadang tak seimbang, sehingga membuat Anda sering kesetrum saat memegang besi atau benda logam lainnya yang tak dialiri listrik. Meski begitu, listrik statis dalam tubuh tidak berbahaya.

0,0
Ditinjau olehdr. Reni Utari
sering kesetrum saat memegang besi akibat listrik statisListrik statis di dalam tubuh membuat seseorang sering kesetrum saat memegang benda logam, seperti besi
Anda sering kesetrum saat memegang besi atau benda lain? Padahal benda tersebut tidak mengandung aliran listrik. Tidak perlu khawatir, rasa seperti kesetrum listrik tersebut adalah normal karena adanya listrik statis dalam tubuh. 
Kenali lebih jauh tentang penyebab munculnya listrik statis dalam tubuh beserta cara mencegah dan mengatasinya berikut ini.

Mengapa sering kesetrum saat memegang besi?

Sering kesetrum saat memegang besi atau logam lainnya yang tidak memiliki aliran listrik bisa terjadi karena adanya listrik statis dalam tubuh. Listrik statis dihasilkan setiap kali dua bahan atau benda bersentuhan. Pada prinsipnya, segala sesuatu di dunia ini terdiri atas atom bermuatan listrik, termasuk tubuh Anda. Atom ini bisa bermuatan listrik positif (proton), negatif (elektron), ataupun netral (neutron). Tubuh Anda mengandung aliran listrik untuk menjalankan fungsi organ, seperti otak dan jantung. University of Maryland menyatakan bahwa sel dalam tubuh manusia mampu menghantarkan arus listrik yang dibutuhkan oleh sistem saraf untuk mengirim sinyal ke otak dan seluruh tubuh. Hal ini memungkinkan manusia untuk bergerak, berpikir, dan merasakan.  Listrik statis ini tercipta ketika muatan positif dan negatif tidak seimbang dan bersentuhan. Adakalanya tubuh atau benda-benda di sekitar Anda mengalami ketidakseimbangan muatan listrik. Hal ini membuatnya saling menarik satu sama lain dan menimbulkan sensasi kesetrum ketika bersentuhan. Bahkan bukan hanya besi, Anda juga mungkin saja beberapa mengalami kesetrum tangan sendiri, seperti rambut atau dengan orang lain.Umumnya, listrik statis di dalam tubuh lebih sering muncul jika cuaca kering dan dingin. Itu sebabnya, kejadian kesetrum dengan besi atau orang lain rentan terjadi di daerah yang dingin dan kelembapan udaranya rendah.BACA JUGA: 9 Cara Menghindari Bahaya Listrik yang Sebaiknya Anda Lakukan

Cara mencegah dan menghilangkan listrik statis di tubuh

Saat kesetrum listrik statis, Anda mungkin akan dengan cepat menarik tangan Anda. Untungnya, kesetrum listrik statis bukanlah sesuatu yang serius yang bisa menyebabkan gangguan medis. Namun, kondisi ini memang membuat Anda jadi kurang nyaman. Pada umumnya, cara menghilangkan listrik statis di tubuh berikut ini juga bisa menjadi cara mencegah kesetrum listrik statis, antara lain:

1. Gunakan humidifier

Seperti yang telah sedikit disinggung sebelumnya, listrik statis lebih sering terjadi selama musim dingin. Udara yang lebih kering saat musim dingin lebih mudah menumpuk muatan listrik statis. Menggunakan penghangat atau pelembap udara (humidifier) bisa menjadi solusi mengatasi udara yang dingin dan kering. Jadi, udara akan jadi lebih lembap.Dengan demikian, cara ini juga bisa menghilangkan listrik statis dan mengurangi risiko kesetrum saat memegang besi, seperti kenop pintu ataupun saat berjabat tangan dengan orang lain. 

2. Memakai pelembap kulit 

Orang yang punya kulit kering disebut-sebut akan lebih sering kesetrum saat memegang besi atau benda logam. Hal ini terjadi karena kulit kering lebih bisa membangun elektron (muatan negatif) di permukaan kulit. Akibatnya, Anda akan lebih mudah kesetrum ketika bersentuhan dengan benda bermuatan positif. Cobalah untuk memakai pelembap, khususnya saat di dalam ruangan ber-AC atau dingin. Menggunakan pelembap bisa jadi cara yang mudah untuk menghilangkan sekaligus mencegah listrik statis dalam tubuh.

3. Hindari sepatu dengan sol karet atau sol terlalu tipis 

Karet memang bisa menghambat aliran listrik. Akan tetapi, sepatu yang memiliki sol karet justru cenderung mengumpulkan listrik statis. Muatan listrik pada sol karet ini kemudian bisa pindah ke tubuh Anda. Inilah yang menyebabkan Anda mungkin lebih mudah kesetrum listrik statis jika bersentuhan dengan benda logam lain, seperti besi. Selain itu, sol sepatu yang terlalu tipis juga bisa menyebabkan muatan listrik lebih banyak di tubuh Anda. Sesekali berjalan tanpa sepatu mungkin bisa mengistirahatkan tubuh Anda dari aliran listrik statis dari sol karet. Anda juga bisa memilih sol sepatu yang terbuat dari bahan lain, kulit misalnya.BACA JUGA: Berjalan Tanpa Alas Kaki, Apa Saja Manfaatnya?

4. Hindari terlalu lama duduk di kursi 

Terlalu lama duduk di kursi juga bisa menghasilkan muatan elektrostatis yang bisa membuat tubuh menghasilkan listrik statis dan membuat Anda tersetrum. Hal ini terjadi akibat kontak dan gesekan antara kursi dan pakaian Anda. 

5. Jangan berjalan dengan kaki menyeret 

Cara berjalan dengan kaki diseret, terlebih berjalan di atas karpet bisa membuat muatan listrik di tubuh Anda menjadi lebih besar. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk sering kesetrum saat memegang besi akibat listrik statis. Maka, untuk mencegah sekaligus menghilangkan listrik statis, perhatikan cara berjalan Anda. Angkat kaki Anda saat melangkah untuk meminimalisir terbentuknya listrik statis.BACA JUGA: Lakukan Pertolongan Pertama Ini Saat Kesetrum Listrik

Catatan dari SehatQ

Setiap benda di alam semesta memiliki muatan listrik, termasuk tubuh Anda. Hal ini memungkinkan timbulnya listrik statis akibat sentuhan dua benda yang tidak memiliki muatan listrik seimbang.Kesetrum listrik statis adalah hal normal dan tidak membutuhkan pertolongan medis. Mungkin Anda hanya akan merasa kaget dan tidak nyaman. Beberapa cara menghilangkan listrik statis di tubuh bisa Anda coba untuk mengurangi ketidaknyamanan. Jika masih ada pertanyaan seputar mengapa sering kesetrum saat memegang besi atau benda lain, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
hidup sehatpertolongan pertama
University of Birmingham. https://intranet.birmingham.ac.uk/hr/documents/public/hsu/information/electrical/staticelectricity.pdf
Diakses pada 13 November 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/kids/electric-shock.html
Diakses pada 13 November 2021
University of Maryland. https://graduate.umaryland.edu/gsa/gazette/February-2016/How-the-human-body-uses-electricity/
Diakses pada 13 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait