Sering Ditemukan di Produk Perawatan Kulit, Apa Sih Manfaat Argan Oil?

Minyak argan sering digunakan pada produk kecantikan
Argan oil sering digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan

Jika Anda termasuk orang yang cukup rajin membaca kandungan dari produk kecantikan yang Anda gunakan, seperti shampo atau sabun, mungkin Anda pernah membaca kandungan argan oil atau minyak argan di dalamnya. Apa itu minyak argan?

Argan oil adalah minyak yang berasal dari Maroko. Minyak ini memiliki aroma yang khas dan mampu membuat kulit dan rambut terlihat lebih sehat. Tak heran, minyak ini sering dimasukkan ke dalam produk kecantikan. Selain bisa digunakan untuk perawatan kulit dan rambut, argan oil dapat dikonsumsi juga. Minyak ini punya banyak manfaat untuk, tumbuh.

Manfaat argan oil yang serbaguna

Argan oil atau minyak argan adalah minyak yang diambil dari buah pohon argan di Maroko. Biasanya, argan oil dijual dalam bentuk murninya untuk kosmetik, kesehatan, sampai minyak masakan. Ingin tahu apa saja manfaat minyak argan? Coba cari tahu kegunaannya di sini.

  • Menjaga kesehatan jantung

Argan oil mengandung asam oleat yang bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena asam oleat tinggi akan antioksidan. Akan tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat argan oil terhadap kesehatan jantung.

  • Mengobati kondisi kulit tertentu

Manfaat argan oil yang satu ini sudah dikenal oleh masyarakat. Kandungan antioksidan dan antiradangnya membantu mengatasi kondisi kulit tertentu, seperti rosacea, dermatitis atopik, dan psoriasis.

  • Melembabkan kulit dan rambut

Kandungan asam linoleat dan oleat di dalam argan oil berperan dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit. Anda bisa menuai manfaat minyak argan yang satu ini dengan mengoleskannya pada kulit atau rambut, ataupun langsung meminumnya.

  • Mengobati jerawat

Hanya dengan mengoleskan minyak argan atau krim wajah yang mengandung argan oil sebanyak setidaknya dua kali sehari, Anda bisa mengobati berbagai jenis jerawat.

Manfaat argan oil ini disebabkan oleh kandungan antisebum di dalamnya. Biasanya, dibutuhkan empat minggu untuk bisa melihat hasil dari pemakaian.

  • Mengatasi penyakit diabetes

Riset mengenai manfaat argan oil dalam menanggulangi diabetes pada manusia masih belum dilakukan. Namun, studi pada tikus yang dimanipulasi dengan diet tinggi gula menunjukkan bahwa argan oil memiliki manfaat dalam menanggulangi resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.

  • Mengurangi penuaan kulit

Anda dapat mengurangi dampak penuaan kulit dengan mengoleskan minyak argan langsung pada kulit. Argan oil diyakini dapat meningkatkan elastisitas kulit, menjaga kesehatan dan kelembapan kulit, serta mengurangi peradangan.

  • Meningkatkan pemulihan luka di kulit

Tidak hanya mampu mengurangi penuaan kulit, minyak argan juga mampu mempercepat penyembuhan luka di kulit dengan kombinasi kandungan antioksidan dan vitamin E di dalamnya. Anda bisa merasakan manfaat argan oil ini dengan mengonsumsi minyak argan dalam bentuk suplemen.

  • Menanggulangi infeksi kulit

Argan oil dipercaya mampu mengatasi infeksi kulit karena kandungan antibakteri dan antijamurnya. Anda bisa mencoba memakai minyak argan dengan mengoleskannya sebanyak setidaknya dua kali sehari.

  • Mengurangi minyak di kulit

Bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak, bukan artinya tidak perlu menggunakan pelembap ya. Anda bisa mencoba mengaplikasikan krim yang mengandung minyak argan sebanyak dua kali sehari untuk mengurangi minyak pada kulit. Hasilnya akan terlihat kurang lebih dalam empat minggu.

  • Mencegah stretch marks

Stretch mark biasanya dapat ditemukan pada wanita yang sedang hamil atau orang-orang yang mengalami obesitas. Anda bisa mencegah kemunculan stretch mark dengan menggunakan argan oil yang mampu meningkatkan elastisitas kulit sebanyak dua kali sehari.

  • Melindungi dari paparan sinar matahari

Uniknya, Anda dapat menggunakan argan oil sebagai pelindung kulit terhadap sinar matahari. Antioksidan di dalam minyak argan berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas matahari.

  • Berpotensi menjadi obat kanker

Meskipun masih belum pasti, minyak argan memiliki peluang untuk memperlambat pertumbuhan dan bertambahnya sel kanker. Akan tetapi penelitian masih diperlukan untuk membuktikan khasiat argan oil yang satu ini.

Efek samping di balik manfaat argan oil

Meski bermanfaat, minyak satu ini ternyata punya efek samping juga, lho.

Pada orang tertentu, efek samping penggunaan minyak argan di kulit mampu menimbulkan iritasi, ruam-ruam, dan bahkan jerawat. Umumnya, reaksi ini dialami oleh orang-orang yang menderita alergi kacang atau yang memiliki alergi terhadap argan oil.

Orang-orang yang sensitif terhadap argan oil juga dapat mengalami diare, perut kembung, nafsu makan berkurang, mual, ruam-ruam, jerawat, dan kembung saat mengonsumsi minyak argan.

Pada kasus yang parah, minyak argan bisa menimbulkan kesulitan tidur, rasa lelah, gelisah, kebingungan, depresi, dan perasaan terlalu bersemangat.

Apabila Anda mengonsumsi obat pengencer darah, seperti warfarin, sebaiknya jangan konsumsi minyak argan, karena vitamin E dalam minyak argan bisa berinteraksi dengan obat dan memperlambat pembekuan darah.

Ada baiknya jika Anda selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi minyak argan, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/argan-oil
Diakses pada 6 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/argan-oil-for-skin
Diakses pada 6 Desember 2019

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/argan-oil-what-should-i-know-about-it-89938
Diakses pada 6 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed