Sering Dipandang Negatif, Ini Kelebihan Penderita ADHD


Kelebihan penderita ADHD untuk bertahan hidup perlu diapresiasi. Selama ini, ADHD sering diasosiasikan dengan perilaku anak hiperaktif dan sulit dikendalikan.

0,0
25 Aug 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kelebihan penderita ADHD untuk bertahan hidup perlu diapresiasiPenderita ADHD biasanya sangat fokus dalam mengerjakan sesuatu
Penderita ADHD sering diasosiasikan dengan perilaku anak hiperaktif dan sulit dikendalikan. ADHD atau Attention Hyperactivity Disorder adalah kondisi medis yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk fokus, memerhatikan, atau mengelola perilakunya. Namun kelebihan penderita ADHD itu banyak, lho. Apa saja kelebihan penderita ADHD?

Kelebihan penderita ADHD

Jangan berkecil hati ketika didiagnosis menderita ADHD. Daripada kondisi ini menutup banyak potensi kelebihannya, sebaiknya fokus pada kelebihan yang mungkin dialami oleh seseorang dengan ADHD. Kelebihan penderita diantaranya:

1. Sangat fokus

Hiperfokus adalah keadaan seseorang yang dapat fokus selama berjam-jam, jauh dari rata-rata orang pada biasanya. Mereka akan mengabaikan segala sesuatu di sekitar mereka dan hanya fokus pada pekerjaan yang mereka sukai dan anggap menarik.Saat fokus tinggi, orang tersebut dapat meningkatkan kinerja, menyelesaikan tugas tanpa gangguan, lebih efisien, dan seringkali hasilnya berkualitas tinggi.

2. Lebih kreatif

Sebuah studi kecil tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal Child Neuropsychology menemukan bahwa kelompok sampel ADHD menunjukkan tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada rekan-rekan seusianya tanpa ADHD.Penelitian dilakukan dengan cara meminta peserta untuk menggambar hewan yang hidup di planet yang berbeda dari bumi dan membuat ide untuk mainan baru.Penderita ADHD biasanya mengerjakan tugas dengan cara berbeda dari orang lain. Oleh sebab itu, orang dengan ADHD biasanya memikirkan solusi yang tidak biasa karena perspektif mereka berbeda.

3. Lebih tangguh menjalani hidup

Penderita ADHD sangat berbeda dengan orang normal pada umumnya. Banyak tantangan yang harus dihadapi setiap hari. Namun, layaknya pepatah bilang di balik kesulitan, pasti ada jalan. Jalan yang selalu mereka temukan ini akan membuat penderita ADHD menjadi individu yang lebih tangguh.Mengalami banyak hambatan dan melewatinya menandakan bahwa orang dengan ADHD mampu membangun ketahanan karena mereka telah terlatih bangkit dari berbagai masalah lebih sering daripada orang lain. Sebuah studi menyoroti kesadaran konstan yang harus dimiliki orang dengan ADHD. Mereka harus berhati-hati untuk tidak terlalu terstimulasi atau bosan, dan menemukan keseimbangan itu. Cara ini melibatkan kesadaran diri yang dan merupakan bentuk kekuatan perlindungan diri yang memungkinkan individu untuk berkembang.

4. Keterampilan sosial yang baik

Mereka yang menderita ADHD seringkali memiliki keterampilan sosial yang baik dan banyak bicara. Mereka dapat memicu percakapan yang menarik dengan orang lain. Studi juga menunjukkan orang dengan ADHD memiliki tingkat kecerdasan sosial, humor, dan pengenalan perasaan yang lebih tinggi. 

5. Lebih energik

Beberapa individu dengan ADHD seringnya memiliki energi yang tak ada habisnya. Baik di lapangan, saat bermain, di sekolah, maupun di tempat kerja, mereka memang terlihat lebih energik dibanding orang lain. Energi ini mereka gunakan untuk hal yang lebih mereka sukai.

6. Spontan dan impulsif

Beberapa orang dengan ADHD dapat mengubah sifat impulsif menjadi spontanitas. Mereka biasanya terlihat lebih hidup saat bersama orang banyak atau lebih terbuka dan mau mencoba hal-hal baru. Mereka juga hidup lebih bebas serta hidup tanpa batasan.

Orang dengan ADHD = punya kekuatan super

Banyak yang mengatakan bahwa orang dengan ADHD memiliki kekuatan super karena kelebihan-kelebihannya. Misalnya kemampuan akan fokus pada satu pekerjaan yang tinggi. Selain itu, kelebihan penderita ADHD lainnya adalah energi tak terbatas yang dimiliki beberapa individu. Ada banyak atlet penderita ADHD dan prestasinya sangat baik. Misalnya Michael Jordan yang dianggap sebagai pemain basket terhebat dalam sejarah adalah seorang penderita ADHD. Bukti anekdotal menunjukkan bahwa kombinasi hiperaktif dan hiperfokus pada tugas-tugas tertentu memungkinkan seseorang mengembangkan keterampilan mereka.Namun jangan salah, mereka yang sudah terkenal karena bakatnya dan mengalami ADHD telah melewati tantangan yang berbeda dengan orang biasa. Bahkan seringnya, orang lain memandang penderita ADHD sebagai pengganggu dan banyak bicara. Terapi perilaku merupakan salah satu cara terbaik untuk mengoptimalkan perilaku ADHD. Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang ADHD, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips membesarkan anak adhdadhdgangguan hiperaktivitas
Healthline. https://www.healthline.com/health/adhd/benefits-of-adhd#what-the-research-says
Diakses pada 11 Agustus 2021.
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/adhd-benefits#managing-the-challenges
Diakses pada 11 Agustus 2021.
WebMD. https://www.webmd.com/add-adhd/features/positives
Diakses pada 11 Agustus 2021.
WebMD. https://www.webmd.com/add-adhd/news/20210713/mindfulness-benefits-kids-with-adhd-and-their-families
Diakses pada 11 Agustus 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait