Manfaat Minyak Wijen yang Sangat Beragam untuk Kesehatan


Manfaat minyak wijen tidak hanya meningkatkan aroma dan cita rasa. Kegunaan minyak wijen juga telah terbukti baik untuk kesehatan, di antaranya melindungi kulit dari sinar UV dan mengatasi luka bakar.

0,0
15 Jan 2020|Anita Djie
Manfaat minyak wijen terbukti baik untuk kesehatanManfaat minyak wijen untuk kesehatan salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung
Manfaat minyak wijen sudah sering digunakan sebagai penambah cita rasa dalam masakan. Tidak hanya dipakai untuk  membuat rasa masakan semakin nikmat, minyak wijen juga mampu menambah aroma sedap dari hidangan yang disajikan.
Namun, jangan salah, manfaat minyak wijen tidak hanya bisa menambah cita rasa dan aroma, tetapi juga mampu memberikan khasiat untuk kesehatan.

Nutrisi minyak wijen

Dikutip dari Food Data Central dari US Department of Agriculture, Dalam 1 sendok makan seberat 14 gram, inilah kandungan minyak wijen yang bisa Anda temukan:
  • Lemak total: 14 gram
  • Vitamin E: 0,2 mg
  • Vitamin K: 1,8 mcg
  • Omega-3: 41 mg
  • Omega-6: 5.617 mg
Kalori minyak wijen dalam 1 sendok makan sebesar 120 kkal.

Apa saja manfaat minyak wijen untuk kesehatan?

Minyak wijen adalah minyak yang terbuat dari biji wijen dengan proses pemberian tekanan pada biji. Bahan makanan ini cukup mudah didapat dan dicampurkan ke berbagai sajian. Anda mungkin akan lebih sering menambahkan bahan ini ke dalam hidangan usai tahu beberapa kegunaan minyak wijen untuk kesehatan.

1. Melindungi dari sinar ultraviolet

Tidak hanya sunscreen dan sunblock, ternyata minyak wijen juga bermanfaat dalam melindungi kulit dari kerusakan karena pancaran sinar ultraviolet (UV). Senyawa antioksidan dalam minyak wijen bahkan bisa melindungi Anda dari sinar UV sebanyak 30 persen!Meskipun bisa menjadi alternatif sunscreen alami, tetapi manfaat minyak wijen ini masih memerlukan lebih banyak studi lainnya.

2. Baik untuk kulit

Selain melindungi dari sinar UV, kegunaan minyak wijen lainnya adalah menjaga kesehatan kulit melalui kandungan antioksidannya. Anda bisa mencampurkan minyak wijen dengan vitamin E untuk meningkatkan khasiatnya.Selain itu, minyak wijen dapat mencegah Anda mengalami infeksi kulit karena memiliki senyawa antiradang dan antibakteri. Bahkan, minyak wijen berpeluang untuk menghambat pertumbuhan kanker kulit melanoma.Anda bisa mengoleskan minyak wijen di kulit dan mendiamkannya selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

3. Membantu agar tidur nyenyak

minyak wijen bermanfaat meningkatkan kualitas tidur
Teteskan minyak wijen di dahi agar tidur lebih nyenyak
 Manfaat minyak wijen dalam membantu tidur memerlukan penelitian tambahan. Akan tetapi, meneteskan minyak wijen di dahi berpotensi untuk meningkatkan kualitas tidur.

4. Mengatasi luka bakar

Siapa sangka, kegunaan minyak wijen adalah untuk mengatasi luka bakar. Hal ini karena minyak wijen mengandung antiradang dan antioksidan. Anda bisa mencoba dengan mengoleskan minyak wijen pada luka tersebut. Pastikan agar luka bakar tidak terinfeksi.Akan tetapi selalu tanyakan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan minyak wijen untuk mengatasi luka bakar.

5. Mengurangi rasa nyeri

Minyak wijen dapat membantu meringankan radang sendi
Penelitian terbitan Complementary Therapies in Medicine menyatakan bahwa memijat tubuh menggunakan minyak wijen dapat mengurangi rasa nyeri pada paha dan lengan akibat benturan.

6. Meringankan radang sendi 

Salah satu jenis radang sendi yang paling umum melanda adalah osteoarthritis. Kabar baiknya, terdapat peluang yang besar bahwa minyak wijen dapat digunakan untuk meringankan radang sendi. Namun, penelitian tambahan masih diperlukan untuk memastikan kegunaan minyak wijen dalam meringankan radang sendi.

7. Kaya antioksidan

Minyak wijen mengandung antioksidan sesaminol dan sesamol. Dari kandungan ini, manfaat minyak wijen mampu menangkal radikal bebas yang dapat memicu penyakit kronis dan peradangan dalam tubuh.

8. Menurunkan tekanan darah

Khasiat minyak wijen dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar natrium dalam darah. Oleh karenanya, minyak wijen dapat dijadikan alternatif untuk mengatur tekanan darah Anda.Akan tetapi, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum menambahkan minyak wijen ke dalam masakan Anda.

9. Menjaga kesehatan jantung

Minyak wijen dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung
Kandungan asam lemak omega-6 dalam minyak wijen dapat mencegah penyakit jantung
Berbeda dengan minyak jenuh yang tidak sehat lainnya, minyak wijen masuk ke dalam kategori minyak yang sehat karena mengandung lemak tidak tersaturasi yang baik untuk kesehatan jantung.Tidak hanya itu, mengonsumsi minyak wijen mampu menurunkan kadar kolesterol dan mengandung banyak asam lemak omega-6 yang dapat mencegah penyakit jantung.

10. Memiliki kandungan antiradang

Selain kaya antioksidan, minyak wijen juga memiliki senyawa antiradang untuk mencegah peradangan berlebih dalam tubuh. Bahkan minyak wijen diyakini mampu mengatasi peradangan karena luka, sakit gigi, dan radang sendi.Meskipun demikian, masih diperlukan riset lebih lanjut mengenai manfaat minyak wijen yang satu ini.

11. Mengatur kadar gula darah

Jangan salah, manfaat minyak wijen lainnya adalah mengatur kadar gula darah, khususnya pada penderita diabetes. Minyak wijen berpotensi menjaga kadar gula darah dalam jangka panjang.

Catatan dari SehatQ

Manfaat minyak wijen yang sangat beragam ini tentunya tampak menggiurkan. Namun, Anda juga harus mengingat bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebih tidak akan memberikan hasil yang baik. Oleh sebab itu, pakai minyak wijen secukupnya saja.Selalu konsultasikan ke dokter jika Anda memiliki kondisi medis tertentu sebelum menggunakan minyak wijen.Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait minyak goreng sehat maupun metode memasak sehat lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatmenjaga kesehatanherbal
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/sesame-oil-benefits#section9
Diakses pada 14 Januari 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/17951-health-benefits-sesame-oil/
Diakses pada 14 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28619303
Diakses pada 14 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4739344/
Diakses pada 14 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait