Sering Dikonsumsi, Sudahkan Anda Tahu Manfaat Daging Ayam untuk Kesehatan?

Manfaat daging ayam untuk tubuh salah satunya bisa cegah kanker
Manfaat daging ayam untuk tubuh ternyata berlimpah

Sepertinya hampir semua orang setuju jika daging ayam adalah salah satu makanan paling populer di dunia. Makanan ini pun dikenal sebagai pilihan sumber protein yang sehat, terutama pada bagian dada. Namun, tahukah Anda jika manfaat daging ayam untuk kesehatan ternyata jauh lebih berlimpah daripada itu?

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa mengonsumsi daging ayam bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi daging ayam juga dipercaya mampu menekan risiko seseorang terkena kanker.

Manfaat daging ayam untuk tubuh

Tahukah Anda jika ternyata ada begitu banyak manfaat daging ayam untuk kesehatan? Berikut ini kebaikan yang bisa Anda dapat denganmengonsumsi olahan ayam.

Manfaat daging ayam bisa didapatkan dari protein yang dikandungnya
Daging ayam terutama bagian dada, kaya akan protein

1. Kaya akan protein

Daging ayam terutama bagian dadanya, merupakan salah satu sumber protein yang paling baik. Seperti yang kita tahu, protein merupakan komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

2. Mengandung vitamin dan mineral

Selain sebagai sumber protein, daging ayam ternyata juga bisa jadi sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Ia mengandung vitamin B yang berperan penting untuk membentuk sel darah merah.

Daging ayam juga mengandung vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium dan menguatkan tulang. Lalu, vitamin A yang ada di dalamnya pun menyehatkan untuk penglihatan dan berperan penting dalam sistem imun.

Manfaat daging ayam selanjutnya didapatkan dari kandungan mineral seperti zat besi yang bisa mencegah anemia. Selain itu, kalium dan natrium yang ada di dalamnya pun baik untuk kesehatan gigi hingga otak.

3. Menurunkan berat badan

Protein yang banyak terkandung dalam daging ayam, terutama bagian dada, baik untuk Anda yang sedang diet. Sebab, protein akan membuat Anda merasa kenyang tanpa harus banyak makan, sekaligus mengurangi rasa ngidam terhadap makanan lain yang tidak sehat.

4. Mengandung senyawa antikanker

Daging ayam termasuk sebagai salah satu “daging putih” bersama dengan ikan. Mengonsumsi daging putih, dipercaya dapat menurunkan risiko terkena kanker. Sementara itu, risiko kanker akan naik apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi “daging merah” seperti daging sapi atau babi. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaat daging ayam yang satu ini.

Manfaat daging ayam bisa turunkan tekanan darah
Daging ayam bisa bantu turunkan tekanan darah

5. Mengontrol tekanan darah

Daging ayam, bersama dengan kacang-kacangan dan sayur serta buah telah terbukti bisa membantu menurunkan tekanan darah. Namun tentu saja, manfaat daging ayam yang satu ini baru bisa didapatkan apabila Anda mengolahnya secara sehat, bukan dengan digoreng atau dimasak dengan menggunakan banyak garam maupun natrium.

6. Menurunkan kolesterol

Jika dimasak dengan cara yang sehat, kandungan lemak jenuh pada ayam tergolong rendah. Seperti yang kita tahu, konsumsi lemak jenuh berlebih merupakan salah satu penyebab utama naiknya kadar kolesterol di dalam darah.

7. Menguatkan tulang

Protein yang ada pada daging ayam, bersama dengan kalsium akan membantu untuk melindungi tulang dari kerusakan. Jadi, pastikan Anda selalu mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup agar tulang tetap kuat dan sehat.

8. Meningkatkan massa otot

Bagi Anda yang ingin memilki bentuk badan yang ideal, mengonsumsi daging ayam bisa jadi salah satu cara untuk mempertahankan massa otot. Manfaat daging ayam yang satu ini juga akan didapatkan secara lebih maksimal apabila dikombinasikan dengan latihan beban.

Kalori daging ayam dan nutrisi lainnya

Kalori daging ayam bisa berbeda-beda, tergantung bagiannya. Daging paha misalnya, memiliki kalori yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging dada. Mengonsumsi daging ayam bersama dengan kulitnya pun akan menambah asupan lemak ke tubuh, dibandingkan dengan mengonsumsinya dagingnya saja.

Bagian ayam yang paling sehat adalah daging dada ayam tanpa kulit. Pada 100 gram daging ayam ini, hanya terdapat 165 kalori. Daging dada ayam juga tinggi protein karena dalam berat yang sama, ada 31 gram protein di dalamnya.
Untuk Anda yang sedang diet, dada ayam tanpa kulit juga ideal untuk diolah menjadi makanan sehari-hari karena hanya mengandung sedikit lemak.

Risiko mengonsumsi daging ayam

Selama dimasak hingga benar-benar matang dan diolah dengan cara yang bersih, sebenarnya tidak banyak risiko yang bisa terjadi dari mengonsumsi daging ayam. Namun saat masih mentah, daging ayam mengandung berbagai bakteri yang bisa menimbulkan penyakit di tubuh.

Bakteri tersebut antara lain adalah Salmonella, Campylobacter, dan Clostridium perfringens. Jika ayam tidak dimasak dengan baik, maka bakteri-bakteri tersebut bisa menyebabkan keracunan makanan.

Menyimpan ayam mentah di dekat sayuran atau bahan makanan lain juga akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kontaminasi. Jika sayuran yang telah terkontaminasi tersebut tidak dibersihkan dan dimasak dengan benar, maka akan ada risiko terjadinya keracunan makanan.

Setelah mengetahui manfaat daging ayam hingga risiko mengonsumsinya, Anda diharapkan dapat lebih bijak dalam mengolah bahan makanana yang satu ini. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal, olah ayam dengan cara yang sehat seperti merebus atau memanggangnya menggunakan sedikit saja garam dan gula.

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/health-benefits-of-chicken.htmlD
Diakses pada 2 April 2020

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/how-many-calories-in-chicken-breast-3495665#citation-3
Diakses pada 2 April 2020

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/chicken-benefits-nutrition-how-cook-thaw-more/
Diakses pada 2 April 2020

Artikel Terkait