Sering Dikira Aman, Ini Bahaya Hand Job untuk Kesehatan


Hand job dapat membantu memuaskan pasangan tanpa perlu penetrasi. Meski begitu, Anda harus berhati-hati karena teknik ini bisa menularkan penyakit seperti infeksi menular seksual, herpes, hingga HPV.

(0)
Hand job bisa menularkan penyakit seperti IMS, herpes, kudis, dan HPVMeski terlihat aman, hand job ternyata bisa menularkan penyakit
Ada banyak cara yang dapat dilakukan wanita untuk membantu pasangan mencapai orgasme tanpa penetrasi. Salah satu cara yang bisa diterapkan yaitu dengan melakukan hand jobHand job adalah teknik memainkan penis pasangan menggunakan tangan untuk membantunya mencapai orgasme. Beberapa hal perlu diperhatikan sebelum menerapkan teknik ini untuk mengurangi risiko Anda tertular infeksi menular seksual (IMS).

Bahaya hand job untuk kesehatan

Saat melakukan hand job, Anda berisiko terpapar infeksi menular seksual. Penularan penyakit ini bisa melalui air mani yang keluar saat ejakulasi, maupun luka terbuka pada penis pasangan Anda.Selain infeksi menular seksual, beberapa penyakit yang dapat ditularkan melalui hand job, di antaranya:
  • Kudis

Kudis merupakan kondisi yang memicu rasa gatal pada kulit. Masalah ini disebabkan oleh tungau yang bisa menyebar lewat kontak antar kulit. Beberapa gejala yang mungkin muncul saat Anda tertular kudis antara lain muncul ruam, iritasi, hingga gatal pada kulit.
  • Herpes

Herpes dapat menyebar melalui kontak kulit. Selain itu, Anda juga bisa tertular penyakit ini jika melakukan kontak langsung dengan air mani maupun luka pada penis pasangan Anda.Beberapa orang mungkin tidak sadar bahwa dirinya tertular herpes. Hal ini terjadi karena herpes merupakan penyakit yang dapat menular tanpa memicu kemunculan gejala pada orang yang terinfeksi.
  • Human papillomavirus

Human papillomavirus (HPV) adalah virus yang dapat menyebabkan kanker. Penularan virus ini umumnya terjadi melalui kontak antar genital. Namun, menurut sebuah studi di tahun 2019, peneliti menemukan adanya potensi penularan HPV melalui kontak antara alat kelamin dengan tangan.Terlepas dari potensi penyakit yang mungkin bisa ditularkan, hand job sebenarnya merupakan aktivitas seksual yang minim risiko. Apabila Anda merasakan gejala tertular penyakit usai melakukan metode ini, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Cara mengetahui apakah pasangan mengidap infeksi menular seksual

Untuk mengetahui apakah pasangan mengidap IMS, Anda dapat bertanya mengenai riwayat aktivitas seksualnya. Beberapa gejala yang umumnya dialami oleh penderita infeksi menular seksual, meliputi:
  • Keluarnya cairan tak biasa dari penis
  • Muncul sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Luka atau benjolan di sekitar alat kelamin, paha, atau pantat
  • Merasakan gatal, nyeri, iritasi, atau bengkak pada penis maupun anus
Meski begitu, gejala-gejala di atas tidak dapat menjadi patokan pasti untuk mengetahui apakah pasangan menderita IMS. Pada beberapa orang, infeksi menular seksual tidak memicu gejala. Untuk memastikannya, mintalah pasangan untuk melakukan tes ke dokter.

Bisakah infeksi menular seksual melalui hand job dicegah?

Pastikan pasangan menggunakan kondom sebelum memberikannya hand job
Pasang kondom pada penis pasangan sebelum memberikannya hand job
Untuk mengurangi risiko terinfeksi menular ketika melakukan aktivitas seksual seperti hand job, mintalah pasangan Anda memakai kondom. Penggunaan kondom dengan cara yang benar bisa mencegah penularan IMS.Tips penggunaan kondom dengan benar untuk mengurangi risiko penularan IMS, antara lain:
  • Selalu memakai kondom yang baru saat melakukan aktivitas seksual
  • Memegang kondom dengan hati-hati agar tidak robek akibat terkena kuku
  • Memasang kondom sebelum Anda bersentuhan langsung dengan penis pasangan 
  • Pegang kondom dengan kuat di pangkal penis saat hendak ditarik dan lepaskan ketika penis pasangan masih ereksi
Selain menggunakan kondom, mintalah pasangan untuk membersihkan penisnya terlebih dulu sebelum melakukan aktivitas seksual. Jangan lupa juga mencuci tangan sebelum menerapkan teknik ini ke pasangan.

Catatan dari SehatQ

Hand job adalah aktivitas seksual yang dapat membantu memuaskan pasangan tanpa perlu adanya penetrasi. Teknik ini menggunakan tangan Anda untuk memainkan penis pasangan untuk membantunya mencapai orgasme.Meski begitu, hand job bisa menularkan penyakit infeksi menular seksual. Selain itu, beberapa penyakit menular lain mulai dari herpes, HPV, hingga kudis juga bisa ditularkan lewat aktivitas seksual ini.Sebagai salah satu cara mengurangi risiko penularan, jangan lupa menggunakan kondom saat melakukan aktivitas seksual seperti hand job. Jika Anda merasakan adanya gejala tertular IMS, segeralah periksakan kondisi Anda ke dokter untuk mendapat penanganan. Penanganan sedini mungkin dapat mencegah kondisi Anda bertambah parah.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai hand job dan bahayanya untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitorgasmeherpesinfeksi menular seksual
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/std-from-handjob
Diakses pada 28 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/std-from-handjob
Diakses pada 28 Februari 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6404546/
Diakses pada 28 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait