Sering Dicampurkan ke Makanan Sehat, Benarkah Buah Kering Baik untuk Tubuh?


Buah kering dapat bermanfaat bagi kesehatan, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi buah kering dengan pemanis tambahan dalam jumlah berlebihan berpotensi meningkatkan risiko obesitas, sakit jantung, serta kanker.

(0)
Buah kering dapat bermanfaat bagi kesehatan, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihanPilih produk buah kering yang tidak menggunakan pemanis buatan
Buah kering selama ini kerap ditambahkan sebagai campuran makanan sehat seperti oatmeal dan salad. Selain menambah kenikmatan rasa, buah kering juga dianggap dapat melengkapi kandungan nutrisi dalam makanan sehat yang Anda konsumsi. Dried fruit yang dijual di pasaran umumnya tinggi akan kandungan gula. Hal ini terjadi karena produsen buah kering biasanya menambahkan banyak gula ke dalam produk mereka agar awet dan tahan lama.

Apakah buah kering sehat untuk dikonsumsi?

Buah kering memang lebih sehat dibandingkan camilan-camilan yang tinggi gula, garam, dan lemak jenuh. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan bisa membuat asupan kalori dalam tubuh menjadi berlebih.Menurut studi yang dilakukan oleh para peneliti di Pennsylvania State University, orang cenderung mendapatkan banyak asupan nutrisi penting seperti serat dan kalium saat mereka mengonsumsi buah kering.Meskipun begitu, banyaknya nutrisi dalam buah kering berbanding lurus dengan asupan kalori yang diterima oleh tubuh. Untuk menghindari asupan kalori berlebihan, peneliti menyarankan Anda untuk mengalihkan pilihan ke buah kering tanpa pemanis tambahan. Selain itu, jangan lupa membatasi porsinya dengan tidak mengonsumsi buah kering secara berlebihan.

Manfaat mengonsumsi buah kering untuk kesehatan

Mengonsumsi buah kering tanpa pemanis buatan dan dalam porsi yang tepat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat ini bergantung pada jenis buah kering yang Anda konsumsi, dan kandungan nutrisi di dalamnya.Berikut ini beberapa buah kering yang umum dikonsumsi, disertai dengan manfaatnya untuk kesehatan:

1. Kurma

Kurma merupakan buah kering yang mempunyai rasa sangat manis. Buah yang dapat mudah ditemukan ketika bulan Ramadan ini mengandung berbagai macam nutrisi seperti serat, zat besi, kalium, dan beberapa senyawa tanaman yang berguna untuk kesehatan.Buah kering ini kaya akan kandungan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi dampak kerusakan oksidatif dalam tubuh. Selain itu, kurma juga mempunyai indeks glikemik rendah. Itu berarti, mengonsumsi buah kering ini tidak akan menyebabkan lonjakan besar pada gula darah.Bagi wanita hamil, mengonsumsi kurma dapat membantu mempermudah proses persalinan. Konsumsi kurma beberapa minggu terakhir sebelum melahirkan dapat membantu pelebaran serviks dan mengurangi risiko persalinan dengan proses induksi.Dalam sebuah penelitan, sekelompok wanita hamil diminta untuk mengonsumsi kurma selama beberapa minggu terakhir kehamilan. Hasilnya, hanya 4 persen dari mereka yang memerlukan induksi persalinan.

2. Kismis

Kismis adalah salah satu buah kering yang cukup populer
Kismis berasal dari buah anggur yang dikeringkan
Kismis umumnya dibuat dari buah anggur yang dikeringkan. Buah kering ini punya beragam kandungan nutrisi seperti kalium, serat, dan berbagai senyawa tanaman yang berguna untuk kesehatan.Selain itu, kismis merupakan buah kering dengan nilai indeks glikemik rendah. Hal tersebut berarti, makan kismis tidak menyebabkan lonjakan besar pada gula darah, asal dikonsumsi secukupnya dan dengan takaran yang tidak berlebihan.Menurut sejumlah studi, mengonsumsi kismis dapat memberikan manfaat kesehatan berupa:
  • Meningkatkan rasa kenyang
  • Mengurangi gejala inflamasi dan kolesterol dalam darah 
  • Meningkatkan gula darah penderita hipoglikemia (gula darah rendah)
  • Menurunkan tekanan darah penderita hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes dan sakit jantung

3. Prune

Prune adalah buah kering yang menggunakan plum sebagai bahan baku utamanya. Manfaat buah ini untuk kesehatan tidak lepas dari kandungan serat, kalium, beta-karoten, serta vitamin K yang ada di dalamnya.Tingginya kandungan serat dan sorbitol (alkohol gula) dalam plum bisa membantu mengatasi masalah pencernaan. Kemampuan tersebut membuat buah kering ini memiliki julukan sebagai pencahar alami.Selain mempunyai kemampuan untuk meredakan sembelit, antioksidan dalam buah plum dapat menghambat oksidasi kolesterol jahat. Hal ini membantu Anda terhindar dari penyakit-penyakit kronis seperti sakit jantung dan kanker.Tak hanya itu, kandungan mineral boron dalam buah plum juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Menurut , boron merupakan mineral yang dapat membantu Anda mengatasi osteoporosis.

Bahaya mengonsumsi buah kering untuk kesehatan

Saat membeli buah yang dikeringkan, pastikan Anda memilih produk yang tidak menggunakan pemanis buatan. Tingginya kandungan gula dalam buah kering yang dijual di pasaran bisa berpotensi meningkatkan risiko Anda mengalami obesitas, hingga terserang penyakit kronis seperti sakit jantung dan kanker.Selain itu, beberapa produsen buah kering diketahui menambahkan pengawet sulfit ke dalam produk mereka. Pengawet ini ditambahkan dengan tujuan membuat tampilan buah kering jadi lebih menarik.Bagi yang sensitif terhadap bahan ini, Anda akan mengalami reaksi alergi seperti kram perut, ruam kulit, dan serangan asma. Untuk menghindari sulfit, pilihlah buah kering dengan warna cokelat atau keabu-abuan dibandingkan yang berwarna cerah.Jangan lupa juga untuk memerhatikan tempat penyimpanan buah kering. Jika tidak disimpan dengan benar, buah kering Anda dapat terkontaminasi dengan jamur, aflatoksin, dan senyawa beracun lainnya.

Catatan dari SehatQ

Buah kering dapat bermanfaat bagi kesehatan, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, Anda sebaiknya memilih produk buah kering yang tidak menggunakan pemanis tambahan karena berpotensi meningkatkan risiko obesitas, sakit jantung, serta kanker.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait buah kering dan manfaatnya untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di .
makanan sehatcamilan sehatnutrisiseratantioksidan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/dried-fruit-good-or-bad
Diakses pada 2 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/eating-dried-fruit-linked-to-better-overall-diet-and-health
Diakses pada 2 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait