Sering Dianggap Sama, Kenali Perbedaan Tremor Esensial dengan Penyakit Parkinson

(0)
28 Jul 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tremor esensial dapat terjadi ketika minum atau mengikat sepatuTremor esensial adalah tremor yang tidak memiliki kondisi mendasar
Pernahkah tangan Anda tremor ketika minum atau mengikat sepatu? Jika pernah mengalaminya, mungkin saja Anda mengalami tremor esensial. Tremor esensial adalah kelainan sistem saraf yang menyebabkan bagian tubuh gemetar tak terkendali. Tangan dan lengan bawah pun menjadi area yang paling sering terpengaruh. Namun, bagian-bagian tubuh lain seperti kepala, wajah, lidah, leher, batang tubuh, dan kaki juga bisa terkena. Tak ada kondisi mendasar yang memicu tremor esensial. Meski begitu, kondisi ini lebih sering terjadi pada orang tua, namun bisa juga menyerang usia berapa pun. 

Penyebab dan gejala tremor esensial

Penyebab pasti dari tremor esensial tidak diketahui secara pasti. Namun, menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, penelitian menunjukkan bahwa kondisi ini dapat dipicu oleh perubahan di area otak tertentu. Di samping itu, apabila ada riwayat keluarga dengan tremor esensial, maka anak memiliki peluang 50% lebih tinggi untuk mengalami kondisi tersebut.Walau tremor esensial tidak mengancam jiwa maupun menyebabkan masalah kesehatan yang serius, tetapi bisa membuat kegiatan sehari-hari menjadi lebih sulit. Selain itu, tremor esensial dapat memburuk dari waktu ke waktu. Adapun gejala tremor esensial, yaitu:
  • Getaran dimulai secara bertahap, biasanya lebih menonjol di satu sisi tubuh
  • Memburuk ketika bergerak
  • Memengaruhi satu atau kedua tangan, namun biasanya terjadi pada tangan yang sering digunakan
  • Tremor pada kepala ditandai dengan gerakan kepala mengangguk atau menggeleng
  • Dapat diperburuk oleh stres, kelelahan, kafein, atau suhu yang ekstrem
  • Pada bagian wajah, seperti halnya kelopak mata bisa menjadi berkedut
  • Tremor di lidah atau kotak suara membuat suara menjadi bergetar saat berbicara
  • Tremor pada kaki bisa menyebabkan masalah keseimbangan dan membuat cara berjalan menjadi tidak normal
Jika Anda mengalami gejala tersebut bahkan hingga mengganggu aktivitas, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan penanganan yang tepat untuk Anda.

Perbedaan tremor esensial dan penyakit Parkinson

Banyak orang yang mengaitkan tremor esensial dengan penyakit Parkinson padahal keduanya berbeda. Berikut beberapa hal yang membedakan kondisi keduanya:
  • Waktu getaran

Getaran esensial biasanya terjadi saat Anda sedang menggunakan tangan. Sementara, tremor dari penyakit Parkinson paling sering terjadi ketika tangan berada di samping atau sedang beristirahat di atas paha.
  • Kondisi terkait

Tremor esensial umumnya tak menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Namun, penyakit Parkinson dikaitkan dengan postur tubuh yang bungkuk, gerakan yang lambat, dan gaya berjalan yang terseok-seok. Meski begitu, terkadang tremor esensial dapat berkembang menjadi gejala neurologis, seperti gaya berjalan yang tak stabil.
  • Bagian tubuh yang terpengaruh

Tremor esensial seringkali memengaruhi tangan, suara, dan kepala. Sementara, tremor penyakit Parkinson biasanya dimulai dari tangan, lalu memengaruhi kaki, dagu, dan bagian tubuh yang lainSudah jelas bahwa tremor esensial dan tremor penyakit Parkinson merupakan kondisi yang berbeda sehingga jangan sampai Anda keliru dalam mengartikannya. Namun, Anda dapat berkonsultasi pada dokter untuk mendapat penjelasan lebih lanjut.

Pengobatan tremor esensial

Belum ada obat yang dapat menyembuhkan tremor esensial, namun terdapat perawatan yang dapat membantu meringankan gejalanya. Apabila hanya tremor ringan, Anda mungkin tak memerlukan perawatan tersebut. Namun, dokter akan menyarankan perawatan jika gejala yang dirasakan parah dan mengganggu aktivitas normal. Pilihan perawatan untuk tremor esensial, antara lain:
  • Obat-obatan

Anda mungkin memerlukan beta-blocker untuk mencegah tremor memburuk, obat tekanan darah untuk membatasi adrenalin, obat antikonvulsan untuk mengurangi rangsangan sel saraf, atau obat penenang ringan.
  • Terapi

Terapi fisik dapat meningkatkan koordinasi dan kontrol otak. Selain itu, suntik botox juga mungkin diperlukan untuk melemahkan otot dan membantu mengurangi atau menghentikan tremor.
  • Operasi

Operasi dilakukan apabila perawatan lain tidak memberi hasil yang positif. Pembedahan yang dilakukan, yaitu stimulasi otak dalam untuk memblokir sinyal saraf yang menyebabkan tremor dan stereotactic surgery yang melibatkan sinar-X untuk mengoreksi tremor.Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai pilihan perawatan yang tepat bagi keluhan Anda. Jangan sampai, tremor esensial semakin memburuk dan mengganggu kehidupan sehari-hari.
penyakittremorparkinson
Healthline. https://www.healthline.com/health/essential-tremor#outlook
Diakses pada 15 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/essential-tremor/symptoms-causes/syc-20350534
Diakses pada 15 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait