Sering Diabaikan, Ini Fungsi Primer dalam Make Up yang Wajib Dicoba

Fungsi primer di antaranya menyiapkan wajah sebelum menggunakan make up
Fungsi primer dapat melembutkan kulit sekaligus membuat hasil make up tahan lama

Alas make up atau primer menjadi salah satu produk kecantikan yang banyak diandalkan oleh para penggemar make up. Akan tetapi, tak sedikit perempuan yang masih awam dengan fungsi primer. Lantas, apa manfaat primer wajah, dan bagaimana cara menggunakannya?

Apa itu primer wajah?

Alas make up atau primer adalah produk kecantikan yang berfungsi untuk membuat tampilan make up tampak lebih halus dan tahan lama. 

Primer dirancang khusus dengan memadukan manfaat skincare dan kosmetik, di mana ia dapat membantu melembapkan kulit sekaligus membuat hasil make up menjadi sempurna dan tahan lama. Primer wajah sendiri hadir dalam bentuk krim, gel, hingga bedak. 

Penggunaan primer memang seringkali diabaikan oleh para perempuan. Padahal tanpa disadari, primer sangat penting untuk menciptakan hasil akhir make up yang sempurna. 

Ibarat seorang pelukis yang ingin melukis, maka sebuah kanvas perlu dipersiapkan terlebih dahulu bukan? Nah, sama halnya dengan wajah, menggunakan primer juga mempersiapkan wajah yang siap dilukis dengan make up untuk mendapatkan hasil riasan wajah yang diinginkan.

Mengenal fungsi primer wajah

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fungsi primer untuk wajah Anda yang perlu diketahui

1. Menyiapkan wajah sebelum menggunakan make up

Pernahkah Anda merasa penggunaan produk make up, seperti foundation atau bedak, sulit menyatu dengan warna kulit? Hal ini dapat membuat hasil make up jadi tidak merata di wajah dan cakey. Nah, di sinilah fungsi primer bekerja. 

Primer dapat membantu wajah Anda lebih siap menerima pulasan make up, seperti foundation, concealer, bedak, dan lainnya. Dengan menggunakan primer, hasil akhir riasan wajah Anda akan lebih halus dan lembut serta tahan lama seharian. 

2. Mengurangi tampilan garis-garis halus, kerutan, dan pori-pori di wajah

Bagi Anda yang memiliki masalah garis-garis halus, kerutan, dan pori-pori besar di wajah, primer mungkin akan menjadi produk kecantikan favorit Anda. Pasalnya, fungsi primer dapat mengurangi munculnya masalah kulit wajah tersebut. Akibatnya, hasil akhir make up Anda akan tampak lebih halus merata. 

3. Menyamarkan bekas jerawat

Apakah Anda mempunyai bekas jerawat atau sedang berjerawat? Fungsi primer satu ini mungkin dapat membantu keresahan Anda. 

Jika ingin menyamarkan bekas jerawat menggunakan primer, sebaiknya pilih primer korektor berwarna hijau yang dapat menutupi bekas jerawat dan atau jerawat yang memerah. 

Jangan lupa untuk menggunakan foundation dan concealer yang tepat agar bekas jerawat dan jerawat meradang Anda dapat tersamarkan dengan sempurna. 

4. Melembapkan dan melembutkan kulit

Sebagian besar primer memiliki kandungan asam hialuronat yang dapat melembapkan kulit. 

Selain itu, primer yang mengandung silikon, seperti dimethicone, juga mampu menghaluskan kulit dan menyamarkan masalah kulit di wajah, seperti bekas jerawat, warna kulit tidak merata, dan pori-pori besar.

Namun, bagi Anda yang sedang berjerawat atau mengalami masalah kulit lainnya, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan primer yang mengandung silikon. Sebab, beberapa orang ada yang berisiko mengalami reaksi terhadap kandungan dimethicone. 

5. Membuat riasan wajah tahan lebih lama

Fungsi primer yang utama diformulasikan untuk membuat riasan wajah Anda dapat bertahan lama seharian penuh. 

Hal ini berkat kandungan di dalam primer yang dapat membantu menutup pori-pori, menyamarkan garis-garis halus di wajah, serta mengurangi produksi minyak sehingga make up tahan lebih lama. 

6. Membuat kulit lebih sehat dan bercahaya

Beberapa jenis produk ada yang menjanjikan manfaat primer untuk dapat membuat kulit lebih sehat dan bercahaya. Fungsi primer satu ini mungkin saja Anda dapat asalkan didukung pula oleh penggunaan produk perawatan kulit wajah secara rutin. 

Jika kulit wajah Anda sedang bermasalah tetapi ingin mendapatkan tampilan make up yang flawless dan nyaris sempurna, tak ada salahnya untuk mulai mencoba mengaplikasikan primer sebelum memulaskan make up. 

Namun, pastikan untuk memilih produk primer sesuai jenis kulit wajah Anda. Misalnya, untuk jenis kulit kering, pilihlah fungsi primer yang melembapkan. Sedangkan, untuk kulit berminyak, gunakan fungsi primer yang dapat memberi efek matte di wajah. 

Bagi Anda yang kulit wajahnya berjerawat atau sangat sensitif, gunakan primer berbasis air. Sebab, primer berbasis silikon dapat menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga berakhir iritasi dan timbul jerawat. 

Sementara, Anda yang menginginkan kulit antipenuaan, pilihlah fungsi primer yang dapat menutrisi kulit. 

Bagaimana cara menggunakan primer yang tepat?

Setelah mengetahui fungsi primer di atas, kini saatnya mengetahui cara menggunakan primer wajah dengan tepat berikut ini:

  • Selalu oleskan pelembap terlebih dahulu pada seluruh permukaan wajah. Ini berfungsi untuk membuat lapisan penghalang antara kulit yang terhidrasi dengan foundation
  • Tuangkan primer ke punggung telapak tangan secukupnya
  • Oleskan primer tipis-tipis ke seluruh permukaan wajah, termasuk area kelopak mata dan bibir. Ratakan menggunakan jari-jari tangan secara lembut
  • Diamkan selama beberapa menit agar kandungan primer dapat meresap ke dalam kulit dengan sempurna.
  • Selanjutnya, maksimalkan penampilan dengan menggunakan foundation, concealer, bedak, blush on, pensil alis, lipstik, dan lainnya. 

Setelah mengetahui fungsi primer dan cara menggunakannya di atas, kini tentu Anda tak ingin lagi melewatkannya saat akan merias wajah, bukan? Jangan lupa untuk merawat wajah agar kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah kulit.

Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/primer-tricks-you-have-never-heard-before/

Diakses pada 6 Mei 2020

Allure. https://www.allure.com/story/how-to-use-makeup-primer

Diakses pada 6 Mei 2020

Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/what-is-makeup-primer-do-you-need-it_n_5a3b390ae4b0b0e5a79f8680

Diakses pada 6 Mei 2020

Stylecaster. https://stylecaster.com/beauty/makeup-primers/

Diakses pada 6 Mei 2020

Self. https://www.self.com/story/beauty-why-use-primer

Diakses pada 6 Mei 2020

Artikel Terkait