Jangan Diabaikan, Inilah Kebiasaan Buruk Anak yang Harus Dihindari

Kebiasaan buruk anak memang kadang membuat orangtua jengkel karenanya
Setiap anak-anak pasti memiliki kebiasaan buruk yang membuat orangtua keheranan

Kebiasaan buruk anak memang kadang membuat orangtua jengkel karenanya. Apalagi jika kebiasaan buruk tersebut berurusan dengan kebersihan anak. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang umumnya sering dilakukan oleh anak:

1. Mengupil

Anak-anak dan upil seperti dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Lihat saja ruangan kamar anak Anda. Kemungkinan besar, Anda akan menemukan anak Anda tengah "menggali emas." Bahkan terkadang anak bisa lebih jorok, mereka sering menempelkan upil yang mereka temukan di permukaan terdekat, atau bahkan memakannya. Namun, perlu diketahui bahwa mengupil bisa mengarah ke mimisan, jadi bicaralah dengan anak Anda untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

2. Menjilat Hal-Hal yang Kotor

Anak-anak terkadang bisa menemukan tempat dan hal paling jorok lalu dengan mudahnya meletakkan mulut mereka di sana. Sebagai orang dewasa, mungkin Anda akan terheran-heran dengan kelakuan anak-anak. Mulai dari pegangan pintu kamar mandi umum, pegangan keranjang belanja, hingga tiang-tiang di tempat umum. Padahal bakteri dan virus banyak terdapat di tempat-tempat tersebut.

3. Menaruh Tangan di Bawah Celana Mereka

Faktanya, anak-anak tidak selalu membersihkan area bokong mereka dengan baik setelah mereka menggunakan kamar mandi. Bokong yang kotor bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal. Ajari si kecil cara yang tepat untuk membersihkan diri setelah dari kamar mandi, serta biasakan anak untuk mencuci tangannya dengan sabun dan air hangat. Namun, jika anak tidak bisa berhenti menggaruk, mungkin itu bisa menjadi tanda adanya cacing kremi.

4. Menggunakan Lengan Baju Sebagai Sapu Tangan

Jika ada pilihan antara menggunakan tisu atau pakaian saat hendak membersihkan hidung kala flu, anak-anak hampir selalu menggunakan lengan bajunya. Meski kebiasaan buruk ini tetap terbilang jorok, namun masih lebih dibandingkan membersihkan hidung dengan tangan mereka secara langsung karena hal tersebut bisa menyebarkan kuman dengan cepat.

5. Buang Air Kecil di Kolam Renang

Memang tergolong sulit untuk membuat anak bangun dari kolam renang dan pergi ke kamar mandi saat ingin buang air kecil. Padahal, campuran klorin/urine dapat membentuk senyawa kimia yang dapat membuat mata iritasi dan merusak bagian kolam renang. Ajari anak untuk selalu keluar dari kolam jika hendak buang air kecil agar kebiasaan buruk ini dapat dihentikan.

6. Mengunyah Semua Hal

Salah satu kebiasaan buruk anak lainnya adalah mengunyah segala hal, mulai dari rambut, pensil, kerah kemeja, kuku, kunci, hingga mainan anjing. Bahkan, mereka seringkali tidak menyadari saat melakukannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan kebiasaan ini karena ini masih bagian normal dari perkembangan anak dan akan segera berlalu.

7. Mengupas Luka

Saat masih kecil, anak-anak sering kali terluka yang menimbulkan lutut tergores. Luka tersebut seringkali dikupas oleh anak-anak, hingga terkadang membuat luka tersebut menjadi berdarah lagi. Padahal, bekas luka tersebut merupakan perban alami tubuh. Jadi, jika anak Anda mengupasnya terlalu cepat, ia lebih mungkin terkena infeksi.

8. Kentut Sembarangan

Anak-anak selalu menganggap bahwa kentut sebagai hal yang lucu. Semakin bau kentutnya, semakin senanglah anak karena mereka sadar akan semakin banyak reaksi yang mereka dapatkan. Namun, jika anak Anda terus-terusan kentut, cobalah periksa pola makannya. Kacang, makanan yang digoreng, atau susu bisa menjadi penyebabnya.

WebMD. https://www.webmd.com/children/ss/slideshow-gross-things-kids-do

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed