Sering Berdenyut-denyut, Apa Penyebab Jempol Kaki Sakit?

Jempol kaki sakit bisa disebabkan oleh cedera
Cedera pada jaringan halus bisa menjadi sumber jempol kaki terasa sakit

Sering mengalami jempol kaki sakit? Rasa berdenyutnya sangat mengganggu aktivitas Anda? Jika iya, Anda perlu cari tahu penyebabnya. Ada beberapa faktor yang menyembabkan jempol kaki Anda sakit. Namun, dengan mengetahui ciri-ciri penyebabnya, Anda dapat mengetahui apakah hal tersebut kondisi biasa saja atau malah berbahaya.

Apa yang mengakibatkan jempol kaki sakit?

Jempol kaki sakit sangat membatasi aktivitas sehari-hari, terutama saat berjalan atau mengangkat barang. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi biang keladinya.

  • Kuku cantengan

Kuku cantengan dapat menjadi penyebab jempol kaki sakit yang sering terjadi. Kaki cantengan merupakan kuku yang tumbuh masuk ke dalam kulit dan jaringan dan mengakibatkan pembengkakan di jempol kaki.

Anda bisa menghindari kuku cantengan dengan menggunting kuku jangan terlalu pendek dan menggunakan sepatu yang pas dan nyaman.

Jika sudah mengalami kuku cantengan, coba rendam kaki di air hangat beberapa kali per harinya dan gunakan kapas yang diteteskan minyak zaitun untuk mendorong kuku keluar dari kulit.

  • Cedera

Keseleo dan patah tulang merupakan beberapa cedera pada jempol kaki yang bisa menyebabkan jempol kaki sakit. Anda dapat mengalami pembengkakan, nyeri daerah jempol terasa lunak, pembengkakan, kesulitan untuk bergerak, dan memar.

Periksakan ke dokter untuk mengetahui apakah jempol kaki hanya mengalami cedera biasa atau patah.

  • Turf toe

Turf toe merupakan istilah yang merujuk pada keseleo di jaringan halus dan ligamen pada daerah bawah jempol kaki yang memicu rasa sakit, pembengkakan, dan perubahan warna pada kulit.

Terkadang, dokter juga akan memberikan peregangan untuk meningkatkan kekuatan dan mobilitas kaki. Hindari beraktivitas secara berlebih dan kompres jempol kaki dengan kantongan es beberapa kali sehari.

Gunakan perban atau alas kaki khusus saat berjalan, terkadang alat bantu berjalan juga dibutuhkan untuk membantu Anda bergerak. Pada kasus yang parah, operasi dibutuhkan untuk menangani turf toe.

  • Bunion

Bunion atau hallux valgus adalah kecacatan pada persendian tulang jempol kaki yang membuat arah persendian mengarah ke jari kaki yang kedua. Bunion terlihat berupa benjolan keras seperti tulang yang muncul di bagian samping jempol kaki.

Jempol kaki sakit hanyalah salah satu dari indikasi bunion. Bila Anda memiliki bunion, Anda akan mengalami pembengkakan dan iritasi di bagian samping dan bawah jempol.

Anda dapat menggunakan alas kaki atau penyokong khusus dari dokter untuk mengatasi bunion, serta melakukan peregangan untuk meningkatkan kelenturan kaki. Anda juga bisa mengompres bagian yang sakit selama 20 menit dengan kantongan es.

Biasanya, operasi dibutuhkan untuk membuang benjolan dan menata ulang bentuk tulang jari kembali.

  • Chilblains

Chilblains terjadi ketika ada peradangan di pembuluh darah kecil yang berada di sekitar jempol kaki. Saat mengalami chilblains, Anda akan mengalami pembengkakan, lepuhan, gatal, dan bercak merah pada kaki dan tangan.

Chilblains disebabkan oleh rasa dingin yang berlebih dan bisanya akan menghilang dalam kurun waktu satu sampai tiga minggu saat cuaca mulai menghangat.

  • Radang sendi

Radang sendi dapat terjadi pada jempol kaki dan menyebabkan jempol kaki sakit, kekakuan, dan pembengkakan. Salah satu radang sendi yang dapat dialami adalah asam urat.

Selain menurunkan kadar asam urat di darah, Anda bisa mengatasi radang sendi dengan menggunakan sepatu yang memiliki alas kaki yang kaku atau yang ujungnya bisa menekuk. Terkadang, Anda butuh latihan peregangan khusus dan pada kasus yang parah, operasi diperlukan.

  • Sesamoiditis

Sesamoiditis adalah peradangan pada kaki yang berdampak pada dua tulang kecil di bawah persendian jempol kaki. Anda tidak hanya akan mengalami jempol kaki sakit, tetapi juga peradangan, memar, dan kesulitan untuk menggerakkan jempol kaki.

Kondisi ini diatasi dengan mengikat jempol kaki agar menekuk ke bawah dan menggunakan alas kaki khusus. Terkadang, Anda juga memerlukan alat bantu untuk berjalan.

  • Penyakit Raynaud

Penyakit ini dapat berdampak pada jemari tangan dan kaki yang diakibatkan oleh menyempitnya pembuluh darah di jempol kaki yang membuat kaki terasa kebas dan dingin. Penyakit Raynaud bisa diatasi dengan menghindari udara dingin.

Itulah beberapa penyebab dari jempol kaki sakit, bila jempol kaki sakit terus berlangsung atau makin parah, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/sharp-pain-in-big-toe
Diakses pada 3 Januari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chilblains/symptoms-causes/syc-20351097
Diakses pada 3 Januari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/raynauds-disease/symptoms-causes/syc-20363571
Diakses pada 3 Januari 2020

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/foot-pain/toe-pain/
Diakses pada 03 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed