Serba-Serbi Olahraga Gantole dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Gantole adalah salah satu olahraga udara dengan pesawat layang ringan tanpa motor. Walau mirip, gantole dan paralayang memiliki perbedaan.

0,0
23 Sep 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Gantole adalah salah satu olahraga udara dengan pesawat layang ringan tanpa motorOlahraga gantole biasanya dilakukan di puncak bukit
Hang gliding atau gantole adalah salah satu olahraga udara dengan pesawat layang ringan tanpa motor yang dilakukan di udara terbuka. Olahraga gantole dilakukan saat pilot berlari cepat dengan pesawatnya, sebelum lepas landas dari puncak bukit atau puncak gunung.Setelah terangkat, gantole bergantung pada massa udara yang naik untuk tetap berada di langit. Pesawat ringan yang disebut glider melayang di udara yang dikemudikan oleh pilot dengan cara menggeser berat badannya dengan tepat. Pilot diikat ke sayap fleksibel glider di bawahnya dengan bantuan tali, karena itulah disebut hang gliding.Meskipun dipandang rumit dan berbahaya, gantole hanya membutuhkan sepuluh hari pelatihan di udara sebelum pilot benar-benar mampu terbang solo. Dengan teknologi modern dan material yang lebih ringan dan serbaguna, para penerbang gantole kini dapat naik tinggi di atas permukaan laut, dengan aliran udara ke atas yang memberikan daya angkat yang besar. Pilot gantole juga dapat meluncur lintas daerah, menempuh jarak jauh selama berjam-jam, atau melakukan manuver akrobatik di langit.

Manfaat olahraga gantole bagi kesehatan

Meski tidak terlalu mengharuskan banyak gerakan fisik, gantole juga tetap menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, yaitu:
  • Memperkuat otot lengan

Hal ini karena dibutuhkan banyak tekanan pada lengan saat pilot memegang sayap di atasnya. Seiring waktu, hal ini membangun kekuatan otot lengan saat pilot beradaptasi dengan tuntutan meluncur.
  • Meningkatkan konsentrasi

Saat naik gantole, mungkin Anda akan terbawa suasana pemandangan langit. Namun, Anda juga membutuhkan konsentrasi tinggi agar tetap aman di langit. Jadi, olahraga ini dapat meningkatkan kewaspadaan mental.
  • Mengurangi stres

Olahraga gantole merupakan cara tepat pelepas stres. Terbang di langit dapat membantu Anda menikmati hembusan udara segar, pemandangan alam yang indah, serta ketinggian yang memacu adrenalin.

Peralatan yang diperlukan untuk melakukan olahraga gantole

Olahraga gantole bukan olahraga yang murah dilakukan karena peralatan yang dibutuhkan. Selain itu, peralatan keselamatan pun dipasang untuk mengantisipasi hal yang tidak terduga, misalnya terjatuh. Beberapa peralatan yang perlu disiapkan saat melakukan olahraga gantole adalah sebagai berikut:
  • Pesawat hang glider

Glider terbuat dari aluminium, serat karbon, dan kain layar fleksibel. Meskipun harganya sangat mahal, biasanya terdapat tempat penyewaan hang glider di tempat-tempat yang berada di puncak bukit.
  • Sepatu bot

Sepatu bot membantu Anda tidak terpeleset atau tergelincir saat meluncur atau mendarat. Siapkan sepatu bot yang memiliki cengkeraman yang baik, fleksibel, dan ringan agar tidak membebani Anda.
  • Helm dan harness

Pastikan Anda menggunakan helm pengaman berkualitas baik dan harness yang kuat namun fleksibel sebelum melakukan gantole. 
  • Radio

Pilot gantole sering menggunakan radio untuk mengkomunikasikan posisi mereka dengan penerbang lain atau orang yang memandu mereka mendarat. Mikrofon dapat dimasukkan ke dalam helm pilot agar komunikasi cepat dan mudah.
  • Variometer

Alat ini mengukur kecepatan vertikal, memetakan kecepatan naik atau turunnya glider. 
  • GPS

Perangkat GPS diperlukan untuk melacak rute udara sambal memantau teknik penerbangan. GPS juga berguna untuk memeriksa pilot saat di udara.

Perbedaan gantole dan paralayang

Gantole (hang glider) sering disalahartikan sebagai paralayang (paragliding). Padahal kedua jenis olahraga ini sangatlah berbeda, meskipun sama-sama terbang di udara. Berikut beberapa perbedaan gantole dan paralayang.
  • Alat terbang

Hang glider biasanya memiliki berat lebih dari 22 kg dan dapat dibawa dengan seimbang di bahu. Sedangkan paralayang memiliki berat kurang dari 22 kg, dapat dibawa dalam ransel, dan dapat dimasukkan dalam kendaraan.
  • Posisi pilot

Dalam hang gliding, pilot berbaring dalam posisi tengkurap sepenuhnya. Sedangkan, harness paralayang memiliki posisi pilot duduk. Posisi paralayang tentunya lebih mudah bagi pemula. 
  • Perbedaan lepas landas

Hang gliding memiliki banyak gaya teknik lepas landas. Lepas landas gantole membutuhkan bukit pasir, gunung, bukit, tebing, atau glider yang ditarik oleh pesawat sebagai gantinya. Sementara itu, lepas landas paralayang hanya ada dua pilihan. Baik bergerak maju sebanyak yang pilot bisa atau bergerak mundur yang dianggap lebih mudah.  
  • Perbedaan cara mendarat

Proses pendaratan hang glider jauh lebih sederhana daripada saat lepas landas. Selain itu, hang glider juga dapat menjangkau berbagai wilayah pendaratan. Gantole juga membutuhkan area pendaratan yang lebih besar dan proses yang lebih lama. Di sisi lain, paragliding lebih mudah saat mendarat karena kecepatannya lebih lambat dan membutuhkan sedikit ruang. Pengendara paragliding dapat mendarat di mana pun tanpa khawatir tentang cara membawa glidernya.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang olahraga gantole tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips olahragapola hidup sehat
US Hang Gliding & Paragliding Association. https://www.ushpa.org/page/what-is-hang-gliding-and-paragliding?hkey=b79ab9ba-fceb-433f-a9e9-599aa52f3fd8
Diakses pada 15 September 2021.
Realbuzz. https://www.realbuzz.com/articles-interests/sports-activities/article/hand-gliding-for-beginners/
Diakses pada 15 September 2021.
Sky Club. https://skyclub.am/hang-gliding-vs-paragliding/
Diakses pada 15 September 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait