Serba-Serbi Nipple Shield: Kekurangan, Kelebihan, dan Cara Pakai

(0)
29 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Nipple shield adalah pelindung puting yang terbuat dari silikonNipple shield punya sejumlah kelebihan dan kekurangan
Nipple shield adalah pelindung puting yang terbuat dari silikon tipis dan dikenakan pada puting saat Anda menyusui. Nipple shield juga berfungsi sebagai penyambung puting, dengan tekstur yang lembut sekaligus fleksibel dan memiliki lubang kecil di ujungnya. Lubang ini memungkinkan ASI diisap dan mengalir ke dalam mulut bayi.

Nipple shield punya kelebihan dan kekurangan

Menggunakan nipple shield memang bukan sebuah keharusan bagi ibu menyusui. Namun, sambungan puting ini bisa bermanfaat untuk membantu bayi menyusu secara lebih efektif. Di sisi lain, penggunaan nipple shield juga membawa sejumlah kerugian yang perlu dipertimbangkan.

1. Kelebihan nipple shield

Berikut adalah berbagai kelebihan nipple shield yang bisa membawa manfaat bagi ibu menyusui.
  • Membantu bayi yang tidak mampu atau kesulitan menyusu, misalnya bayi prematur atau tongue tie, untuk belajar menyusu. Nipple shield dapat meningkatkan transfer ASI setelah mulut bayi melekat dengan baik dan membantu bayi menyusu secara teratur.
  • Memberikan rangsangan pada langit-langit mulut bayi sehingga ia bisa mengisap ASI secara ritmis.
  • Tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap ASI yang ditransfer ke bayi saat menggunakan nipple shield.
  • Memperkuat posisi mulut bayi untuk tetap terbuka saat mengisap payudara ibu.
Nipple shield juga punya manfaat bagi ibu yang memiliki kondisi puting payudara yang rata atau masuk ke dalam (inverted). Penyambung puting ini bisa membantu bayi agar dapat mengisap puting lebih dalam.

2. Kekurangan nipple shield

Selain kelebihan, nipple shield memiliki sejumlah kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Beberapa kekurangan dari penyambung puting ini adalah:
  • Bayi berpotensi menjadi terlalu terbiasa untuk menyusu dengan menggunakan nipple shield sehingga sulit bagi mereka untuk menyusu langsung pada puting payudara ibu. Anda mungkin memerlukan waktu beberapa minggu untuk membiasakan bayi menyusu pada puting secara langsung lagi.
  • Produksi ASI dapat berkurang jika bayi kurang kuat dalam mengisap puting saat menyusu dengan nipple shield.
  • Sebagian bayi malah bisa kesulitan menyedot ASI saat menggunakan nipple shield. Jika hal ini terjadi, Anda dapat membantunya dengan memijat atau memeras beberapa bagian payudara untuk memudahkan ASI mengalir.
  • Menggunakan nipple shield juga bisa membuat rutinitas menyusui Anda menjadi lebih rumit di tempat umum karena harus memasangnya terlebih dahulu.

Tips dan cara menggunakan nipple shield

Berikut adalah sejumlah tips dan cara untuk menggunakan pelindung puting atau nipple shield yang benar.
  • Pilihlah diameter puting silikon yang paling sesuai dengan ukuran puting Anda. Hal ini akan memengaruhi kenyamanan dan efektivitas saat menyusui.
  • Saat akan digunakan, basahi tepi nipple shield dengan air hangat untuk mencegahnya bergerak atau terlepas.
  • Balikkan nipple shield perlahan dan hati-hati ke dalam.
  • Ratakan nipple shield pada payudara Anda. Pastikan ujung puting tepat berada di ujung nipple shield. Pastikan puting sambungan ini melekat dengan ketat di payudara dan ujung puting payudara mengarah ke ujung nipple shield.
  • Saat akan menyusui, peras sedikit ASI pada bagian ujungnya atau teteskan ASI pada bagian luar penyambung puting untuk mendorong bayi mulai menyusu.
  • Ketika sedang menyusui, sesekali peras susu ke dalam mulut bayi agar ia tetap dapat menyusu setiap aliran ASI mulai melambat.
Setelah selesai digunakan, sebaiknya Anda cuci nipple shield secara menyeluruh dengan cara berikut ini:
  • Pertama-tama, bilas nipple shield yang telah digunakan dengan air dingin.
  • Setelah selesai dengan bilasan pertama, cuci nipple shield menggunakan air sabun panas.
  • Hilangkan semua residu susu yang tersisa pada nipple shield dan bilas dengan air hingga bersih.
  • Keringkan nipple shield di udara terbuka atau keringkan dengan handuk kertas bersih. Perhatikan jangan sampai penyambung puting ini kotor ketika dikeringkan
  • Simpan nipple shield dalam wadah kering yang bersih dan memiliki penutup.
  • Cuci bersih wadah penyimpanan nipple shield setiap hari. Penyambung puting ini harus disimpan di tempat yang bersih dan aman untuk digunakan kembali lain waktu.
Itulah penjelasan seputar kelebihan, kekurangan, dan cara menggunakan nipple shield. Sebelum Anda menggunakan puting sambungan ini, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak untuk mendapatkan saran yang tepat seputar penggunaan dan keamanannya bagi Si Kecil.Jika Anda punya pertanyaan seputar bayi dan menyusui, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
produksi asimenyusui
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/breastfeeding/nipple-shields/#
Diakses 16 Maret 2021
Childrens Health. https://www.childrens.health.qld.gov.au/fact-sheet-nipple-shields-for-breastfeeding/
Diakses 16 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait