Serba-Serbi Metabolit Primer dan Sekunder Beserta Perbedaannya


Metabolit adalah produk antara (intermediat) yang dihasilkan selama proses metabolisme seluler. Metabolit terbagi menjadi dua, yakni metabolit primer dan metabolit sekunder. Keduanya memiliki sejumlah perbedaan yang dapat Anda ketahui.

0,0
31 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Metabolit terbagi menjadi dua, yakni metabolit primer dan metabolit sekunderAlkohol yang ada pada minuman keras seperti bir termasuk metabolit primer
Metabolit adalah produk antara (intermediat) yang dihasilkan selama proses metabolisme seluler. Metabolit dikatalisis oleh berbagai enzim yang terjadi secara alami di dalam sel. Istilah metabolit umumnya digunakan untuk molekul-molekul kecil.Molekul metabolit memiliki berbagai fungsi, misalnya sebagai bahan bakar, memberikan sinyal, pertahanan, aktivitas katalitik, dan interaksi dengan organisme lain. Metabolit dapat diproduksi oleh tanaman, manusia, dan mikroba.Metabolit terbagi menjadi dua, yakni metabolit primer dan sekunder. Mari kenali lebih jauh seputar kedua jenis metabolit ini dan berbagai perbedaan di antara keduanya.

Metabolit primer

Metabolit primer adalah produk intermediat berupa senyawa kimia yang dihasilkan selama proses pertumbuhan dan perkembangan. Metabolit primer merupakan hasil metabolisme energi (anabolik) yang digunakan oleh sel untuk pembentukan makromolekul penting sehingga terjadi pertumbuhan sel yang benar.Metabolit primer terbentuk pada fase pertumbuhan dan perkembangan. Molekul ini biasanya merupakan komponen kunci dalam mempertahankan fungsi biologis tubuh sehingga sering disebut sebagai metabolit sentral.Metabolit primer juga terlibat dalam pertumbuhan, perkembangan, reproduksi organisme, serta proses metabolisme utama dari respirasi dan fotosintesis.

Contoh metabolit primer

Beberapa contoh metabolit primer adalah alkohol, asam amino, dan asam sitrat. Mari kenali lebih lanjut masing-masing contoh metabolit primer ini.

1. Alkohol

Alkohol merupakan produk metabolit primer yang banyak digunakan dalam proses fermentasi anaerob. Alkohol adalah salah satu produk metabolit primer yang paling umum digunakan untuk produksi skala besar. Contoh penggunaan alkohol yang paling populer adalah sebagai bahan baku minuman keras, misalnya bir dan anggur.

2. Asam amino

Contoh metabolit primer ini biasanya dimanfaatkan sebagai suplemen kesehatan. Beberapa jenis asam amino yang dapat diolah menjadi suplemen adalah L-glutamat atau L-lisin

3. Asam sitrat

Asam sitrat merupakan contoh metabolit primer yang diproduksi oleh Aspergillus niger. Asam sitrat banyak digunakan sebagai bahan dalam produksi makanan, farmasi, serta produk kosmetik.Selain itu, masih banyak contoh metabolit primer lainnya yang dapat Anda ketahui. Beberapa di antaranya adalah karbohidrat, vitamin (B2 dan B12), polinol, etanol, asam laktat, nukleotida, dan lain sebagainya.

Metabolit sekunder

Metabolit sekunder adalah jenis senyawa molekul organik berukuran kecil yang diproduksi oleh organisme, tetapi tidak diperlukan dalam proses metabolisme primer.Metabolit sekunder dianggap sebagai produk akhir dari metabolit primer. Sebab, jenis metabolit ini biasanya merupakan senyawa organik yang dihasilkan melalui proses modifikasi sintesis dari metabolit primer.Berbeda dengan metabolit primer, metabolit sekunder tidak berperan dalam pertumbuhan, perkembangan, dan reproduksi organisme. Metabolit sekunder biasanya terbentuk selama fase akhir pertumbuhan (fase stasioner).Meskipun tidak diperlukan dalam metabolisme primer, senyawa metabolit sekunder memiliki peran dalam fungsi ekologis, termasuk pada mekanisme pertahanan, misalnya dengan berfungsi sebagai antibiotik dan memproduksi pigmen.

Contoh metabolit sekunder

Beberapa contoh metabolit sekunder adalah atropin dan antibiotik. Mari kenali lebih lanjut seputar contoh metabolit sekunder ini.

1. Atropin

Atropin merupakan metabolit sekunder yang berasal dari berbagai tanaman. Atropin,khususnya jenis muskarinik, dapat digunakan dalam pengobatan penyakit bradikardia atau detak jantung lambat.

2. Antibiotik

Contoh metabolis sekunder selanjutnya yang punya banyak manfaat adalah antibiotik, misalnya eritromisin dan bacitracin.Eritromisin adalah antibiotik yang umum digunakan dengan spektrum antimikroba yang luas. Jenis antibiotik ini diproduksi secara massal dan umumnya diberikan secara oral (minum). Sementara itu, bacitracin adalah antibiotik yang biasa digunakan sebagai obat topikal (oles).Di samping itu, beberapa contoh metabolit sekunder lainnya adalah fenolik, steroid, alkaloid, minyak esensial, pigmen, pewarna, pestisida, dan lain sebagainya.

Perbedaan metabolit primer dan sekunder

Perbedaan metabolit primer dan sekunder dapat Anda lihat dari aspek-aspek berikut.
  • Metabolit primer terjadi pada fase pertumbuhan dan perkembangan, sedangkan metabolit sekunder terjadi pada fase stasioner.
  • Metabolit primer sama di setiap spesies, sedangkan metabolit sekunder bentuknya berbeda pada setiap spesies.
  • Metabolit primer diproduksi dalam jumlah besar dan mudah diekstraksi, sedangkan metabolit sekunder diproduksi dalam jumlah kecil dan sulit diekstraksi.
  • Metabolit primer diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan fungsi seluler, sedangkan metabolit sekunder terlibat dalam fungsi ekologis.
  • Metabolit primer melakukan fungsi fisiologis dalam tubuh, sedangkan metabolit sekunder merupakan turunan dari metabolit primer.

Metabolit pada manusia

Berikut adalah beberapa contoh metabolit yang ada di dalam tubuh manusia.
  • Asam arakidonat yang merupakan metabolit hormon prostaglandin.
  • Hormon steroid yang merupakan turunan kolesterol.
  • Katekolamin (seperti norepinefrin atau dopamin) yang dihasilkan asam amino tirosin.
Manusia memiliki sekitar 2500 metabolit. Informasi rinci mengenai metabolit molekul kecil yang ditemukan dalam tubuh manusia dapat diakses secara online pada database elektronik yang disebut Human Matabolome Database.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
alkoholanatomi manusia
Sumber:
News Medical. https://www.news-medical.net/life-sciences/What-are-Metabolites.aspx
Diakses 18 Agustus 2021
Byjus. https://byjus.com/biology/metabolites/
Diakses 18 Agustus 2021
Bio Libretext. https://bio.libretexts.org/Bookshelves/Microbiology/Book%3A_Microbiology_(Boundless)/17%3A_Industrial_Microbiology/17.1%3A_Industrial_Microbiology/17.1C%3A_Primary_and_Secondary_Metabolites.
Diakses 18 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait