Serba-Serbi Kasur Memory Foam yang Dianggap Baik bagi Tubuh Anda

(0)
15 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kasur memory foam punya sejumlah kelebihan dan kekuranganKasur memory foam dapat menyesuaikan dengan bentuk tubuh Anda
Menggunakan perlengkapan tidur dari bahan yang tepat dapat meningkatkan kenyamanan tidur Anda. Salah satu bahan perlengkapan tidur (umumnya kasur dan bantal) yang kerap digembar-gemborkan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan dan mampu meningkatkan kenyamanan tidur adalah memory foam atau busa viscoelastic.Bahan dasar viscoelastic umumnya terbuat dari polimer yang dikenal sebagai poliuretan. Bahan ini dapat berubah bentuk menyesuaikan dengan bentuk tubuh saat mendapatkan tekanan dan panas sehingga dianggap baik bagi tubuh Anda. Selain memiliki manfaat, ada pula sejumlah kerugian dari memory foam.

Kelebihan dan kekurangan memory foam

Jika dibandingkan dengan bahan lain, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari memory foam.

1. Kelebihan memory foam

Kelebihan memory foam terletak pada kemampuannya yang bisa menyesuaikan dengan . Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda pertimbangkan.
  • Memanfaatkan panas tubuh

Bahan ini memanfaatkan panas tubuh untuk membuatnya lebih lunak sehingga permukaan kasur memory foam akan menyesuaikan dengan bentuk tubuh. Hasilnya, Anda bisa tidur dengan lebih nyaman.
  • Membagi rata tekanan pada tubuh

Memory foam dapat meningkatkan kualitas tidur dengan membantu membagi rata tekanan pada bagian tubuh saat tidur. Permukaan kasur dan bantal memory foam akan melunak pada titik yang tepat sehingga dapat menyokong sepanjang lekuk dan bentuk tubuh alami.
  • Tidak mengusik orang lain

Memory foam membantu meminimalisir pergerakan pada permukaan kasur saat tidur. Sehingga, orang yang berada di samping Anda bisa tetap tidur lelap tanpa terusik oleh pergerakan Anda.
  • Meringankan sakit punggung

Tekanan merata yang diberikan kasur memory foam pada tubuh Anda, juga dapat membantu meringankan sakit punggung sehingga membuat tidur menjadi lebih nyenyak.
  • Bebas alergi

Memory foam bersifat hypoallergenic atau bebas alergi. Hal ini dikarenakan memory foam umumnya memiliki kepadatan yang tinggi sehingga berbagai alergen, seperti debu, jamur, tungau, dan sebagainya, akan kesulitan untuk masuk ke dalam matras.
  • Tahan lama

Memory foam tidak hanya lebih padat, tapi juga lebih tahan lama dari busa biasa yang menjadi bahan kasur dan bantal.

2. Kekurangan memory foam

Memory foam juga memiliki sejumlah kekurangan yang patut Anda perhatikan. Beberapa kekurangan tersebut meliputi:
  • Panas

Karena menyerap panas tubuh, kasur memory foam mungkin akan membuat Anda merasa kepanasan pada musim-musim tertentu.
  • Lebih berat

Kepadatan memory foam dapat membantu mencegah masuknya berbagai kotoran dan kuman. Namun, kepadatan bahan ini juga membuat kasur memory foam lebih berat jika dibandingkan kasur lain dengan ukuran besar yang sama.
  • Aroma tidak sedap

Produk berbahan kimia, seperti kasur dan bantal memory foam, dapat memiliki aroma yang menyengat ketika pertama kali dibeli. Hal ini bisa mengganggu sebagian orang yang memiliki indra penciuman yang sensitif.
  • Tidak tahan air

Walaupun padat, memory foam tidak tahan air atau waterproof. Oleh karena itu, sebisa mungkin jaga perlengkapan tidur berbahan memory foam dari kemungkinan sumber-sumber air atau kelembapan untuk membuatnya lebih awet.
  • Sulit dibersihkan

Memory foam akan sulit dibersihkan jika terkena tumpahan air atau lembap. Anda dapat melapisinya dengan seprai waterproof untuk mencegah kasur menyerap kelembapan terlalu banyak atau terkena tumpahan kotoran.
  • Mahal

Produk berbahan memory foam tergolong mahal jika dibandingkan produk serupa dengan bahan yang berbeda.

Macam-macam produk memory foam

Produk-produk memory foam yang tersedia di pasaran, di antaranya:

1. Kasur

Kasur memory foam tidak kalah populer dari kasur spring bed. Kasur ini terdiri dari berbagai ukuran dan jenis bahan busa memory foam. Harga baru dari kasur memory foam berkisar dari Rp1.500.000 hingga Rp4.000.000.

2. Matras topper

Matras topper adalah jenis matras yang diletakkan di atas permukaan kasur. Matras berbahan memory foam ini tersedia dalam berbagai ukuran dengan ketebalan sekitar 5-10 cm. Harga matras topper berkisar dari Rp800.000 hingga Rp2.000.000.

3. Guling dan bantal

Guling dan bantal memory foam juga merupakan produk yang populer karena lebih nyaman dan tidak mudah kempes. Beberapa jenis bantal memory foam yang diklaim sebagai bantal kesehatan dijual sekitar Rp500.000.

4. Sandaran tangan di kursi (arm rest pad)

Produk memory foam lainnya adalah sandaran tangan di kursi, yang dapat membuat Anda merasa lebih nyaman saat menyandarkan lengan. Anda bisa mendapatkannya dengan harga di bawah Rp200.000 untuk sepasang arm rest pad.Jenis memory foam dapat berbeda berdasarkan formula yang digunakan produsennya. Sehingga, kualitas produk ini bisa berbeda dari satu produsen dengan lainnya. Maka dari itu, sebaiknya lakukan survei dan cek terlebih dahulu produk memory foam yang ingin Anda beli.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah tidur, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tidurwaktu tidur
Web MD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/memory-foam-pros-and-cons#2
Diakses 2 Maret 2021
The Sleep Judge.
https://www.thesleepjudge.com/what-is-memory-foam/
Diakses 2 Maret 2021
Amazon. https://www.amazon.com/
Diakses 2 Maret 2021
Shopee. https://shopee.co.id/
Diakses 2 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait