Serba-serbi Hamil 28 Minggu, Ini yang Terjadi pada Ibu dan Janin

(0)
03 Sep 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Saat hamil 28 minggu ukuran janin kira-kira sebesar satu buah terong unguPerut ibu sudah semakin membesar saat hamil 28 minggu
Memasuki usia hamil 28 minggu, perut ibu akan terlihat semakin membesar dan lebar. Di minggu ini, janin akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan, baik pada fungsi organ maupun kemampuan fisiknya.Mendekati waktu persalinan yang tinggal beberapa minggu lagi, sebagian ibu hamil mungkin sudah mulai sibuk mempersiapkan persalinan dan perlengkapan bayi. Akan tetapi, terkadang muncul beberapa keluhan yang bisa membuat ibu merasa tidak nyaman.

Hamil 28 minggu: perkembangan janin 

Pada usia hamil 28 minggu, rata-rata janin memiliki panjang sekitar 36 cm dengan berat badan 1,1 kg. Jika diibaratkan, ukuran janin sebesar satu terong ungu. Di minggu inilah, kelopak mata janin sudah terbuka sebagian, bahkan terdapat pula bulu mata. Serat otot yang membentuk iris (selaput pelangi) mata janin pun akan segera mengembangkan warna dan polanya. Frekuensi gerakan mata janin juga akan mengalami peningkatan. Pada minggu ke-28, otak janin juga berada dalam fase pertumbuhan yang pesat, yakni di mana otak mulai mengembangkan tonjolan dan lekukan yang dalam, serta meningkatkan jumlah jaringan.Zat putih berlemak yang disebut myelin perlahan-lahan membungkus sumsum tulang belakang janin dan sarafnya yang bercabang. Myelin memiliki peran penting karena membantu mempercepat pesan antara otak janin dan saraf di sekitar tubuhnya. Lemak tersebut juga bertindak sebagai lapisan pelindung.

Hamil 28 minggu: perubahan pada ibu

Seiring janin yang terus tumbuh, perut ibu juga semakin membesar. Saat ini, janin kemungkinan telah berpindah ke jalan lahir di mana kepalanya berada dekat serviks ibu. Akan tetapi, sebagian janin tidak berpindah hingga minggu ke-30, bahkan ada segelintir kasus yang tidak berpindah sama sekali (sungsang). Berpindahnya posisi janin bisa membuat ibu merasakan adanya tekanan berlebih di bagian bawah tubuh, terutama di kandung kemih. Adapun gejala kehamilan yang dapat ibu hamil rasakan di minggu ini, yaitu:
  • Nyeri punggung

Pertumbuhan rahim, otot yang meregang, dan hormon kehamilan dapat menyebabkan nyeri punggung. Penelitian menunjukkan bahwa nyeri punggung bagian bawah terjadi pada 50 persen kehamilan. Sementara, nyeri punggung yang menjalar ke kaki akibat tekanan pada saraf skiatik (linu panggul) terjadi pada sekitar 1 persen kehamilan.
  • Kulit sensitif

Kulit bisa menjadi sensitif selama kehamilan, terutama pada area perut, pinggul, paha, dan bokong. Melonjaknya hormon membuat ibu hamil lebih sensitif saat terpapar sinar matahari, panas, deterjen, klorin, atau bahkan makanan tertentu.
  • Bertambahnya berat badan

Di usia hamil 28 minggu, berat badan ibu mungkin telah bertambah sekitar 8,5 kg. Para dokter merekomendasikan bahwa ibu hamil yang memiliki indeks massa tubuh (IMB) normal sebelum kehamilan, harus menambah berat badan sekitar 0,5-2 kg selama trimester pertama dan sekitar 0,5 kg per minggu setelahnya. Meski demikian, setiap ibu mungkin saja memiliki pertambahan berat badan yang berbeda.Beberapa keluhan lain yang dapat ibu hamil rasakan di minggu ini, di antaranya sembelit, kembung, insomnia, heartburn, sering buang air kecil, keputihan, varises, pembengkakan kaki, sesak napas, payudara membesar, dan keluarnya kolostrum.Pada sebagian Bumil, kontraksi Braxton-Hicks atau kontraksi palsu juga bisa muncull. Selama kontraksi ini, otot-otot rahim akan menegang selama 30-60 detik, bahkan terkadang hingga beberapa menit. Meski terasa tidak nyaman, kontraksi palsu ini tidak menyebabkan nyeri yang hebat. Akan tetapi, ibu tetap harus waspada karena kondisi tersebut mungkin saja mengindikasikan adanya masalah.Dengan waktu persalinan yang semakin dekat, bu hamil dianjurkan untuk lebih sering melakukan pemeriksaan kandungan. Di samping itu, ibu hamil juga bisa mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin, berolahraga secara teratur, istirahat dengan cukup, minum lebih banyak air putih, dan menghindari stres. Persiapkan persalinan sebaik mungkin, mulai dari tubuh dan kondisi mental Anda hingga perlengkapan yang dibutuhkan Si Kecil setelah lahir nanti.
perkembangan janinkehamilanibu hamil
Healthline. ihttps://www.healthline.com/health/pregnancy/28-week s-pregnant#symptoms
Diakses pada 21 Agustus 2020
Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/28-weeks-pregnant
Diakses pada 21 Agustus 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/28-weeks-pregnant-4159110
Diakses pada 21 Agustus 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-28.aspx
Diakses pada 21 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait