Serba-serbi Beauty Blender, Senjata Wajib Pencinta Make Up


Beauty blender sekarang sudah jadi alat wajib bagi para pencinta make up. Spons berbentuk seperti tetesan air ini bisa membuat aplikasi foundation jadi tampak sempurna. Sudah tahu cara pakainya?

(0)
17 Mar 2020|Nina Hertiwi Putri
Beauty blender tidak hanya bisa digunakan untuk memakai make up tapi juga untuk menghapusnyaBeauty blender sangat baik untuk mengaplikasikan foundation di wajah
Beauty blender tentu bukan benda asing lagi bagi kamu yang sering berkutat dengan make up. Sebenarnya, beauty blender adalah nama sebuah merek. Secara umum, benda ini dikenal dengan make up spons.  Kegunaan beauty blender adalah untuk membuat alas make up, seperti foundation, bb cream, primer, agar merata dengan warna kulit. Jadi, bintik-bintik hitam hingga jerawat bisa tertutup dengan sempurna. Tidak heran jika tak sedikit orang yang sudah menggunakannya. Kenali lebih jauh apa itu beauty blender dan fungsi serta cara membersihkannya dengan benar.

Apa itu beauty blender?

Beauty blender biasanya digunakan untuk mengaplikasikan foundation
Beauty blender biasanya digunakan untuk mengaplikasikan foundation
Beauty blender adalah make up spons yang bertujuan untuk mengaplikasikan foundation. Beauty blender merupakan spons seukuran telur dan memiliki bentuk menyerupai tetesan air. Beauty blender hadir dalam berbagai macam warna. Umumnya, banyak orang yang menggunakan beauty blender karena hasil yang ditampilkan lebih baik daripada kuas make up.

Apa kegunaan beauty blender

Beberapa kegunaan beauty blender lainnya adalah sebagai berikut. 

1. Mengaplikasikan foundation dan alas make up lainnya

Salah satu kegunaan beauty blender adalah mengaplikasikan foundation dan produk alas make up lainnya. Bagi Anda yang kerap menggunakan beauty blender, ada perbedaan mencolok dalam menggunakan foundation atau alas make up lainnya dengan memanfaatkan spons dan tidak. Saat menggunakan spons, hasilnya biasanya akan jauh lebih bagus dan merata. Jika mengutip istilah pakar kecantikan, coverage-nya jadi lebih sempurna. Alat ini juga bisa kamu gunakan untuk mengaplikasikan concealer dan hasilnya pun tidak kalah baik.

2. Mengaplikasikan bedak

Kegunaan beauty blender berikutnya adalah untuk mengaplikasikan bedak. Mungkin tidak banyak orang yang terpikir untuk menggunakan beauty blender sebagai pengganti spons bedak. Namun, penggunaan beauty blender dalam kondisi yang lembap justru bisa membuat bedak lebih menempel lagi pada kulitmu. 

3. Mengaplikasikan blush on

Tak punya kuas untuk mengaplikasikan blush on? Tenang, kegunaan beauty blender bisa jadi alternatif. Agar kamu bisa mengoleskan blush on di area wajah yang tepat, tersenyumlah saat mengaplikasikannya. Sebab, saat tersenyum, tulang pipimu akan terlihat lebih jelas, sehingga blush on pun akan lebih mudah diaplikasikan.

4. Mengaplikasikan produk perawatan kulit

Tahukah kamu kalau kegunaan beauty blender juga bisa untuk mengaplikasikan produk perawatan kulit atau skincare?Cobalah untuk sekali-kali mencoba gunakan alat ini untuk memakai pelembap atau serum wajah pada kulitmu.

5. Menghapus make up

Tidak hanya digunakan untuk memulas berbagai produk make up, spons ini rupanya juga bisa digunakan untuk menghapus make upKamu bisa menyapukan spons ini secara halus dan perlahan ke wajah untuk mengangkat sisa-sisa make up di wajah.Baca Juga: Cara Memilih Produk Pembersih Make up yang Tepat

Bagaimana cara pakai beauty blender?

Beauty blender harus dibasahi dulu sebelum digunakan
Cara pakai beauty blender harus dalam kondisi lembap
Cara pakai beauty blender yang benar bisa membuat riasan wajah tampak maksimal. Maka dari itu, cara pakai beauty blender tidak bisa sembarangan. Sebaiknya, perhatikan cara pakai beauty blender berikut ini. 

1. Basahi

Cara pakai beauty blender yang benar harus dalam kondisi lembap. Maka, kamu perlu membasahi beauty blender dengan air mengalir terlebih dahulu agar beauty blender bisa mengembang. 

2. Peras

Setelah basah dan mengembang, sebaiknya jangan terburu-buru menggunakan beauty blender untuk mengaplikasikan produk make up. Sebab, cara pakai beauty blender adalah kamu harus memeras spons agar tidak terlalu basah sehingga kondisinya terasa lembap. Cara memakai beauty blender ini penting saat mengaplikasikan produk alas make up, seperti foundation atau concealer, agar tidak menempel pada spons. 

3. Gunakan

Selanjutnya, cara pakai beauty blender siap digunakan untuk mengaplikasikan produk alas make up. Agar bisa menempel dengan baik, cara memakai beauty blender harus dengan cara menepuk-nepuknya ke kulit secara perlahan. Cara memakai beauty blender tidak disarankan menyapu atau menggosok spons ke wajah karena hasilnya bisa jadi tidak terlalu bagus. 

Bagaimana cara membersihkan beauty blender yang benar?

Beauty blender bisa dibersihkan dengan sabun cair hingga sabun batang
Beauty blender bisa dibersihkan dengan mudah dengan sabun cair atau sampo
Bagi kamu yang sering menggunakan beauty blender sebagai cara mengaplikasikan make up, jangan malas untuk membersihkannya. Pasalnya, beauty blender menjadi tempat yang ideal bagi bagi pertumbuhan bakteri lantaran kondisinya yang lembap. Selain itu, beauty blender juga menjadi tempat berkumpulnya kotoran, minyak, dan sisa-sisa make up yang menempel. Berikut adalah cara membersihkan beauty blender yang benar. 

1. Siapkan air sabun

Salah satu cara membersihkan beauty blender yang benar adalah dengan menyiapkan air sabun. Caranya, isi mangkuk atau wadah berukuran sedang berisi air hangat. Kemudian, tambahkan beberapa tetes sabun cair atau sampo. Kamu bisa menggunakan sabun mandi, sabun cuci tangan, bahkan sabun atau sampo bayi yang aman untuk kulit. Aduk atau kocok campuran air dan sabun sampai muncul buih. 

2. Basahi beauty blender

Cara membersihkan beauty blender yang benar adalah dengan membasahinya terlebih dahulu.Kamu bisa membasahi beauty blender dengan air mengalir sebelum memasukkannya ke dalam air sabun yang sudah dibuat. Coba tekan beauty blender saat membasahinya di bawah air keran agar kotoran, minyak, dan sisa make up dapat hilang. 

3. Cuci beauty blender

Cara membersihkan beauty blender adalah memasukkan spons ke dalam air sabun yang sudah dibuat. Kemudian, diamkan selama 30 menit. Pastikan seluruh permukaan beauty blender terkena air sabun sehingga dapat kotoran, minyak, sisa make up, dan bakteri bisa dibersihkan secara merata. Kamu bisa menekan-nekan beauty blender sampai warna air sabun berubah menjadi keruh atau kecokelatan. Lakukan cara mencuci beauty blender langkah kedua dan ketiga secara berulang sampai spons bersih sempurna dan air sabun yang digunakan tidak keruh. 

4. Bilas beauty blender

Cara membersihkan beauty blender ditutup dengan membilasnya menggunakan air sampai bersih. Sebab, selama proses cara mencuci beauty blender dilakukan, spons mungkin akan menyerap air sabun yang bercampur dengan sisa make upJadi, pastikan kamu memeras spons selama membilasnya. 

5. Keringkan 

Setelah tahapan cara membersihkan beauty blender selesai, kamu bisa mengeringkannya dengan benar. Setelah beauty blender diperas sampai tidak ada lagi air yang menetes, gulung atau taruh spons di atas beberapa lembar tisu kering. Letakkan spons di area yang bersih dan angin-anginkan sebentar. Jika sudah kering sepenuhnya, kamu bisa kembali mengembalikan beauty blender pada tempatnya atau langsung menggunakannya. Ingat, jangan langsung meletakkan beauty blender pada tempatnya apabila masih dalam kondisi lembap karena bisa mengundang bakteri untuk berkembang biak. Baca Juga: Cara Menyimpan Alat Make Up agar Terhindar dari BahayanyaKamu juga bisa menerapkan cara mencuci beauty blender dengan cara meneteskan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak kelapa pada permukaan spons. Kemudian, remas atau tekan beauty blender sampai seluruh kotoran, minyak, dan sisa make up terangkat sepenuhnya. Lalu, lanjutkan dengan tahapan mencuci beauty blender menggunakan air sabun seperti langkah yang telah disebutkan di atas guna membersihkannya secara sempurna. Langkah tersebut juga dapat membantu membilas sisa minyak yang ikut terserap pada beauty blenderSelanjutnya, bilas beauty blender sampai bersih dan keringkan dengan cara diangin-anginkan.Baca Juga: Alasan Beauty Blender dan Alat Make Up Lainnya Harus DibersihkanBeauty blender adalah alat make up yang kerap digunakan sehari-hari. Meski sudah paham mengenai fungsi dan cara menggunakannya, pastikan kamu juga rutin membersihkannya. Cara membersihkan beauty blender yang benar bisa membuat kamu terhindar dari masalah kulit, seperti jerawatTemukan beauty blender serta kuas dan spons make up di Toko Online SehatQ
makeupkulit dan kecantikanproduk kecantikan
Beauty Blender. https://beautyblender.com/blogs/beauty-101/how-to-use-a-makeup-sponge-guide
Diakses pada 17 Maret 2020
Self. https://www.self.com/story/everything-you-can-use-beautyblender-for
Diakses pada 17 Maret 2020
Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a19634312/beauty-blender-sponge-microwave-cleaning/
Diakses pada 17 Maret 2020
Real Simple. https://www.realsimple.com/beauty-fashion/makeup/how-to-clean-beauty-blender
Diakses pada 1 Januari 2021
Womenshealthmag. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a29040791/how-to-clean-beauty-blender/
Diakses pada 1 Januari 2021
Well And Good. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a29040791/how-to-clean-beauty-blender/
Diakses pada 1 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait