Beauty blender tidak hanya bisa digunakan untuk memakai make up tapi juga untuk menghapusnya
Beauty blender sangat baik untuk mengaplikasikan foundation di wajah

Untuk kamu yang sering berkutat dengan make up, beauty blender pasti sudah bukan benda asing lagi untukmu. Nama beauty blender sendiri sebenarnya adalah merek. Benda ini, secara umum bisa disebut sebagai make up spons.

Beauty blender sebenarnya berjasa besar untuk membuat foundation di wajah semakin blend dengan warna kulit. Jadi, bintik hitam maupun jerawat bisa tertutup dengan sempurna. Tidak sedikit juga orang yang sudah menggunakannya.

Satu hal lagi yang paling penting, sudahkah kamu membersihkannya dengan benar? Karena kalau tidak, beauty blender justru bisa jadi biang kerok munculnya jerawat di wajahmu.

Sebenarnya apa fungsi beauty blender?

Beauty blender biasanya digunakan untuk mengaplikasikan foundation
Beauty blender dan foundation, pasangan sejati

Kebanyakan orang menggunakan beauty blender untuk mengaplikasikan foundation. Memang, untuk kamu yang sudah mencoba, ada perbedaan yang mencolok antara foundation yang ratakan menggunakan spons dan yang tidak.

Saat menggunakan spons, hasilnya biasanya akan jauh lebih bagus dan merata. Jika mengutip istilah pakar kecantikan, coverage-nya jadi lebih sempurna. Alat ini juga bisa kamu gunakan untuk memakai concealer dan hasilnya pun tidak kalah baik.

Namun ternyata, kegunaan beauty blender tidak hanya dua hal itu saja, GenQ. Spons make up ini, juga bisa kamu gunakan untuk beberapa hal di bawah ini:

• Mengaplikasikan produk perawatan kulit

GenQ, ternyata beauty blender juga bisa jadi senjata rahasiamu untuk memakai produk skin care. Cobalah untuk sekali-kali mencoba gunakan alat ini untuk mengaplikasikan pelembap atau serum di kulitmu.

• Mengaplikasikan bedak

Mungkin tidak banyak orang yang terpikir untuk menggunakan beauty blender sebagai ganti spons bedak. Namun dalam kondisi lembap, beauty blender justru bisa membuat bedak lebih menempel lagi di kulitmu dan membuatnya tidak terlalu menyebar.

• Mengaplikasikan blush on di wajah

Tidak punya brush untuk mengaplikasikan blush on? Tenang, beauty blender bisa jadi alternatif. Agar kamu bisa mengoleskan blush on di area yang tepat, tersenyumlah saat mengoleskannya. Karena saat tersenyum, tulang pipimu akan terlihat lebih jelas, sehingga blush on pun akan lebih mudah dioleskan.

• Menghapus make up

Tidak hanya saat menggunakan make up, spons ini rupanya juga bisa digunakan untuk menghapus make up, GenQ. Kamu bisa menyapukan spons ini secara halus ke wajah, untuk mengangkat sisa-sisa make up di wajah.

Cara menggunakan beauty blender yang benar

Beauty blender harus dibasahi dulu sebelum digunakan
Menggunakan beauty blender dengan cara yang benar, akan menghasilkan riasan yang maksimal

Menggunakan beauty blender pun tidak bisa sembarangan. Sebaiknya, kamu juga perhatikan langkah-langkah di bawah ini, agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.

1. Basahi

Sudah tahukah kamu jika beauty blender seharusnya digunakan dalam kondisi basah? Jadi, sebelum menggunakannya, basahi beauty blender dengan air mengalir sampai mengembang ya.

Hal ini penting agar saat kamu menggunakan produk seperti foundation atau concealer, keduanya tidak terlalu banyak yang menempel di spons.

2. Peras

Setelah mengembang dan basah, ingat untuk tidak langsung menggunakan beauty blender tersebut ya, GenQ. Kamu tetap harus memerasnya hingga spons tidak basah namun cukup dalam kondisi lembap.

Spons yang lembap akan menecegah produk make up yang kamu gunakan menempel terlalu banyak. Jadi, kamu tidak boros dan kantong pun tetap aman.

3. Gunakan

Nah selanjutnya, agar bisa menempel dengan baik, gunakan spons dengan cara menepuk-nepukkannya ke kulit secara ringan saja ya, GenQ. Kamu tidak disarankan menyapukan produk make up dengan spons ini ke wajah karena hasilnya nanti jadi tidak terlalu bagus.

Cara membersihkan beauty blender yang benar

Beauty blender bisa dibersihkan dengan sabun cair hingga sabun batang
Beauty blender bisa dibersihkan dengan mudah dengan sabun

Untuk kamu yang sudah punya beauty blender, kapan terakhir kali kamu membersihkannya? Ingat, jangan malas untuk menghilangkan sisa-sisa make up di spons itu ya. Sebab ternyata idealnya, beauty blender dibersihkan setiap selesai penggunaan.

Lalu, bagaimana cara membersihkan beauty blender yang benar? Yuk, ikuti tips di bawah ini:

  • Basahi beauty blender dengan air.
  • Lalu, tuang cairan pembersih yang kamu punya, seperti sabun muka, sabun batang, atau cairan khusus pembersih beauty blender ke atas spons ini.
  • Tekan-tekan hingga berbusa.
  • Bilas dengan air .
  • Ulangi hingga air sisa perasan tidak lagi berwarna keruh

Mudah sekali untuk membersihkannya kan, GenQ? Jadi, jangan malas untuk melakukannya, ya. Sebab, sisa kotoran yang menumpuk di spons tersebut bisa membuat wajahmu ikut kotor dan akhirnya jerawatan.

Beauty Blender. https://beautyblender.com/blogs/beauty-101/how-to-use-a-makeup-sponge-guide
Diakses pada 17 Maret 2020

Self. https://www.self.com/story/everything-you-can-use-beautyblender-for
Diakses pada 17 Maret 2020

Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a19634312/beauty-blender-sponge-microwave-cleaning/
Diakses pada 17 Maret 2020

Artikel Terkait