logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Seputar Beauty Blender: Fungsi, Cara Pakai, dan Cara Membersihkannya

open-summary

Beauty blender tentu bukan menjadi benda asing bagi kamu yang kerap berkutat dengan make up. Kegunaan beauty blender adalah untuk mengaplikasikan atau meratakan produk make up. Jangan hanya asal pakai, kenali juga cara pakai dan cara membersihkan beauty blender yang tepat.


close-summary

30 Mar 2022

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Beauty blender tidak hanya bisa digunakan untuk memakai make up tapi juga untuk menghapusnya

Beauty blender sangat baik untuk mengaplikasikan foundation di wajah

Table of Content

  • Apa itu beauty blender dan apa fungsinya?
  • Cara menggunakan beauty blender
  • Cara membersihkan beauty blender yang benar

Beauty blender tentu bukan menjadi benda asing bagi kamu yang kerap berkutat dengan make up. Kegunaan beauty blender adalah untuk mengaplikasikan atau meratakan produk make up. Jangan hanya asal pakai, kenali juga cara pakai dan cara membersihkan beauty blender berikut ini.

Advertisement

Apa itu beauty blender dan apa fungsinya?

Beauty blender biasanya digunakan untuk mengaplikasikan foundation
Beauty blender biasanya digunakan untuk mengaplikasikan foundation

Sebenarnya, beauty blender adalah nama sebuah merek. Secara umum, benda ini dikenal dengan make up spons.  

Beauty blender adalah make up spons seukuran telur dengan bentuk menyerupai tetesan air. Produk ini hadir dalam berbagai macam warna. 

Umumnya, banyak orang yang menggunakan beauty blender karena hasil yang ditampilkan lebih baik daripada kuas make up.

Pemakaian make up dengan beauty blender dapat membuat bintik-bintik hitam hingga bekas jerawat tertutup dengan sempurna. Lantas, apa saja fungsi beauty blender? Berikut penjelasannya.

1. Mengaplikasikan foundation dan alas make up lainnya

Salah satu fungsi beauty blender adalah mengaplikasikan foundation dan produk alas make up lainnya. 

Bagi Anda yang kerap menggunakan beauty blender, ada perbedaan mencolok dalam menggunakan foundation atau alas make up lainnya dengan memanfaatkan spons dan yang tidak. 

Saat menggunakan spons, hasilnya biasanya akan jauh lebih bagus dan merata. Jika mengutip istilah pakar kecantikan, coverage-nya jadi lebih sempurna dan tidak terkesan cakeyAlat ini juga bisa kamu gunakan untuk mengaplikasikan concealer dan hasilnya pun tidak kalah baik.

2. Mengaplikasikan bedak

Kegunaan beauty blender berikutnya adalah untuk mengaplikasikan bedak. Mungkin tidak banyak orang yang terpikir untuk menggunakan beauty blender sebagai pengganti spons bedak. 

Namun, penggunaan beauty blender dalam kondisi yang lembap justru bisa membuat bedak lebih menempel lagi pada kulit.

3. Mengaplikasikan blush on

Tak punya kuas untuk mengaplikasikan blush on? Tenang, kegunaan beauty blender bisa jadi alternatif pilihan. 

Agar bisa mengoleskan blush on di area wajah yang tepat, tersenyumlah saat mengaplikasikannya. 

Sebab, saat tersenyum, tulang pipi Anda akan terlihat lebih jelas, sehingga blush on pun akan lebih mudah diaplikasikan.

4. Mengaplikasikan produk perawatan kulit

Tahukah kamu kalau kegunaan beauty blender juga bisa untuk mengaplikasikan produk perawatan kulit atau skincareCobalah untuk sekali-kali mencoba gunakan alat ini untuk memakai pelembap atau serum wajah pada kulit.

5. Menghapus make up

Tidak hanya digunakan untuk memulas berbagai produk make up, spons ini rupanya juga bisa digunakan untuk menghapus make up.  Anda bisa menyapukan spons ini secara halus dan perlahan ke wajah untuk mengangkat sisa-sisa make up di wajah.

Baca Juga: Cara Memilih Produk Pembersih Make up yang Tepat

Cara menggunakan beauty blender

Beauty blender harus dibasahi dulu sebelum digunakan
Cara pakai beauty blender harus dalam kondisi lembap

Cara menggunakan beauty blender yang benar bisa membuat riasan wajah tampak maksimal. Maka dari itu, cara pakai beauty blender tidak bisa sembarangan. Agar mendapat hasil yang maksimal, perhatikan cara pakai beauty blender berikut ini. 

1. Basahi terlebih dulu

Cara pakai beauty blender yang benar harus dalam kondisi lembap. Jadi, Anda perlu membasahi beauty blender dengan air mengalir terlebih dahulu agar produk ini bisa mengembang. 

2. Peras spons

Setelah basah dan mengembang, sebaiknya jangan terburu-buru menggunakan beauty blender untuk mengaplikasikan produk make up

Sebab, cara pakai beauty blender yang benar, yakni harus memeras spons agar tidak terlalu basah sehingga kondisinya terasa lembap. 

Cara memakai beauty blender ini penting saat mengaplikasikan produk alas make up, seperti foundation atau concealer, agar tidak menempel pada spons. 

3. Gunakan beauty blender

Selanjutnya, beauty blender siap digunakan untuk mengaplikasikan produk alas make up

Agar dapat menempel dengan baik, cara memakai beauty blender harus dilakukan dengancara menepuk-nepuknya ke kulit secara perlahan. 

Cara memakai beauty blender tidak disarankan menyapu atau menggosok spons ke wajah karena hasilnya bisa jadi tidak terlalu bagus.

Cara membersihkan beauty blender yang benar

Beauty blender bisa dibersihkan dengan sabun cair hingga sabun batang
Beauty blender bisa dibersihkan dengan mudah dengan sabun cair atau sampo

Mengingat peralatan make up ini selalu lembap maka tentu akan menjadi tempat yang ideal bagi mikroba untuk berkembang biak. Terlebih, beauty blender juga menjadi tempat berkumpulnya kotoran, minyak, dan sisa-sisa make up menempel. 

Melansir dari laman American Academy of Dermatology, beauty blender yang jarang dibersihkan berisiko menularkan mikroba penyebab infeksi jamur, seperti bakteri E. coli dan S. aureus. Akibatnya, masalah kulit, termasuk jerawat hingga ruam tidak dapat terhindarkan. 

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut adalah cara membersihkan beauty blender yang bisa Anda praktikkan.

1. Siapkan air sabun

Sebelum cara membersihkan beauty blender dimulai, Anda terlebih dahulu harus menyiapkan air sabun. 

Caranya, isi mangkuk atau wadah berukuran sedang berisi air hangat. Kemudian, tambahkan beberapa tetes sabun cair atau sampo. 

Anda bisa menggunakan sabun mandi cair, sabun cuci tangan, bahkan sabun atau sampo bayi yang aman untuk kulit. Aduk atau kocok campuran air dan sabun sampai muncul buih.

2. Basahi beauty blender

Selanjutnya, cara membersihkan beauty blender yang benar adalah dengan membasahinya terlebih dahulu. Anda perlu membasahi beauty blender dengan air mengalir sebelum memasukkannya ke dalam air sabun yang sudah dibuat. 

Jangan lupa untuk menekan beauty blender saat membasahinya di bawah air keran agar kotoran, minyak, dan sisa make up dapat hilang.

3. Cuci beauty blender

Tahapan selanjutnya adalah memasukkan spons ke dalam air sabun yang sudah dibuat. Kemudian, diamkan selama 30 menit. 

Pastikan seluruh permukaan beauty blender terkena air sabun sehingga kotoran, minyak, sisa make up, dan bakteri bisa dibersihkan secara merata. 

Tekan-tekan beauty blender sampai warna air sabun berubah menjadi keruh atau kecokelatan. Lakukan cara mencuci beauty blender langkah kedua dan ketiga secara berulang sampai spons bersih sempurna dan air sabun yang digunakan tidak keruh. 

4. Bilas beauty blender

Cara membersihkan beauty blender ditutup dengan membilasnya menggunakan air sampai bersih. Pasalnya, selama proses cara mencuci beauty blender dilakukan, spons mungkin akan menyerap air sabun yang bercampur dengan sisa make up. Jadi, pastikan Anda memeras spons selama membilasnya. 

5. Keringkan 

Setelah tahapan cara membersihkan beauty blender selesai, kini saatnya Anda mengeringkannya dengan benar. 

Setelah beauty blender diperas sampai tidak ada lagi air yang menetes, gulung atau taruh spons di atas beberapa lembar tisu kering. Letakkan spons di area yang bersih dan angin-anginkan sebentar. 

Jika sudah kering sepenuhnya, kembalikan beauty blender pada tempatnya atau langsung menggunakannya. 

Ingat, jangan langsung meletakkan beauty blender pada tempatnya apabila masih dalam kondisi lembap karena bisa mengundang bakteri untuk berkembang biak. 

Baca Juga: Cara Menyimpan Alat Make Up agar Terhindar dari Bahayanya

Anda juga bisa menerapkan cara mencuci beauty blender dengan meneteskan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak kelapa pada permukaan spons. 

Kemudian, remas atau tekan beauty blender sampai seluruh kotoran, minyak, dan sisa make up terangkat sepenuhnya. 

Lalu, lanjutkan dengan tahapan mencuci beauty blender menggunakan air sabun seperti langkah yang telah dijelaskan di atas guna membersihkannya secara sempurna. 

Langkah tersebut juga dapat membantu membilas sisa minyak yang ikut terserap pada beauty blender. Selanjutnya, bilas beauty blender sampai bersih dan keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Baca Juga

  • 7 Tips Membuat Payudara Kencang dan Padat yang Aman Tanpa Operasi
  • 15 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami dengan Mudah
  • Perbedaan Ketombe dan Kulit Kepala Kering Serta Cara Menghilangkannya

Beauty blender adalah alat make up yang kerap digunakan sehari-hari. Meski sudah paham mengenai fungsi dan cara menggunakannya, pastikan Anda rutin membersihkannya. 

Jika mengalami masalah kulit tertentu akibat penggunaan spons beauty blender yang kurang bersih, coba konsultasikan dengan dokter spesialis kulit

Anda juga dapat bertanya dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasinya dulu melalui App Store dan Google Play.

Temukan beauty blender serta kuas dan spons make up di Toko Online SehatQ

Advertisement

makeupkulit dan kecantikanproduk kecantikan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved