Berkenalan dengan Serat Beta Glucan dan Manfaatnya yang Mengesankan

(0)
28 Jun 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Beta glucan adalah jenis serat dan salah satunya terkandung dalam jamur maitakeJamur maitate merupakan salah satu sumber serat beta glucan
Bukan rahasia lagi bahwa serat merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh. Terdapat beragam jenis serat yang terkandung dalam makanan, yang bisa dibagi atas serat larut air dan serat tak larut air. Salah satu serat yang bisa larut dalam air adalah beta-glucan, serat yang populer karena memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Apa itu beta glucan?

Beta glucan adalah salah satu jenis serat pangan yang larut dalam air. Serat ini dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan, termasuk mengendalikan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.Serat larut seperti beta glucan bisa menyatu sebagian dengan air, lain halnya dengan serat tak larut yang tidak bisa menyatu sama sekali. Serat larut air seperti beta glucan tidak dapat dicerna oleh tubuh, dan hanya turun dengan perlahan di dalam usus.Sifat beta glucan tersebut membuat karbohidrat akan lebih lambat saat dicerna tubuh. Hal ini akan membantu gula darah tetap stabil. Selain itu, serat seperti beta glucan juga turun melewati usus dan mengambil kolesterol bersamanya.Serat beta glucan bisa ditemukan dalam beragam makanan, termasuk biji-bijian serealia utuh, gandum, dan oat. Beberapa jenis jamur, yakni maitake dan reishi, juga mengandung beta glucan.Selain itu, seperti jenis serat-serat lain, beta glucan juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Potensi manfaat beta glucan untuk kesehatan

Sebagai salah satu serat yang dapat larut dalam air, beta glucan pun menawarkan beberapa potensi manfaat kesehatan. Manfaat beta glucan, termasuk:

1. Mengendalikan gula darah

Studi menyimpulkan bahwa beta glucan memiliki potensi untuk mengontrol gula darah dan mengendalikan diabetes. Dalam sebuah riset yang dipublikasikan tahun 2014, konsumsi beta glucan efisien untuk menurunkan kadar glukosa pada penderita diabetes. Dalam riset ini disebutkan bahwa asupan beta glucan dosis tinggi atau rendah untuk jangka panjang diyakini memberikan efek yang lebih baik.Walau menarik, peneliti di riset ini memberi catatan bahwa konsumsi beta glucan saja tidak cukup untuk memberikan efeknya terhadap diabetes.

2. Menjaga kesehatan jantung

Serat memang sudah dikenal menyehatkan untuk organ jantung. Bahkan, makanan yang memiliki label ‘baik untuk jantung’ mengandung beta glucan dengan kadar yang tinggi.Beberapa riset pun menyebutkan bahwa beta glucan membantu mengendalikan kolesterol. Misalnya, dalam sebuah studi yang dimuat dalam Nutrition Reviews melaporkan, konsumsi oat yang mengandung 3 gram beta glucan sehari menurunkan kolesterol jahat atau LDL antara 5 dan 7%.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat menarik lainnya dari beta glucan adalah potensinya untuk sistem imun. Beta glucan diyakini mampu merangsang aktivitas sistem imun dan membantunya melawan infeksi lebih efektif. Walau begitu, riset lanjutan masih diperlukan terutama uji coba pada manusia.

4. Diyakini mampu menghambat sel kanker

Sebuah studi pendahuluan menyebutkan bahwa beta glucan memiliki potensi untuk mengaktifkan sel dan protein tubuh untuk melawan sel kanker, seperti sel T dan sel pembunuh alami. Uji coba pada hewan juga melaporkan potensi beta glucan untuk menghambat penyebaran sel kanker.Walau menarik, riset lanjutan dengan kualitas yang lebih baik diperlukan untuk menguatkan temuan ini.

Efek samping beta glucan yang perlu diperhatikan

Beta glucan umumnya aman dikonsumsi oleh banyak orang. Namun, bagi pasien yang menderita hipoglikemia, konsumsi beta glucan perlu berhati-hati karena efeknya terhadap penurunan gula darah.Hal lain yang perlu diperhatikan dalam penggunaan suplemen beta glucan adalah dosisnya. Apabila selama ini Anda mengonsumsi makanan yang rendah serat, maka konsumsi suplemen beta glucan harus dilakukan secara bertahap dan perlahan. Kelebihan serat dapat memicu gangguan pada lambung, perut kembung, dan perut bergas.
memegang perut
Kelebihan serat dapat memicu perut kembung
Keamanan penggunaan suplemen beta glucan pada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak juga belum diketahui dengan pasti. Dengan demikian, Anda harus berkonsultasi dengan dokter agar tak menjadi bumerang bagi tubuh.

Catatan dari SehatQ

Beta glucan adalah jenis serat yang dapat larut dalam air, sehingga memiliki sederet potensi manfaat kesehatan. Beta glucan tersedia dalam bentuk suplemen, yang bisa didiskusikan dengan dokter terkait penggunaannya.
nutrisiseratzat gizi
Biomed Central. https://jhoonline.biomedcentral.com/articles/10.1186/1756-8722-2-25
Diakses pada 12 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beta-glucan-heart-healthy
Diakses pada 12 Juni 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-beta-glucan-89418
Diakses pada 12 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait