Seputar Tablet Effervescent dan Kelebihannya dari Tablet Biasa

0,0
24 Jun 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tablet effervescent drancang untuk mudah larut dalam cairanTablet effervescent lebih mudah dikonsumsi daripada tablet biasa
Tablet effervescent adalah tablet yang dirancang untuk melepaskan karbon dioksida (CO2) ketika melakukan kontak dengan cairan sehingga mudah pecah dan larut. Hanya dalam waktu singkat, kandungan tablet ini sudah larut ke dalam cairan secara merata. Tablet effervescent adalah salah satu bentuk bentuk obat-obatan dan suplemen yang sering kita gunakan sehari-hari.

Cara kerja tablet effervescent

Tablet effervescent terbuat dari zat yang mampu melepaskan CO2 (natrium karbonat dan natrium bikarbonat) dan zat yang menginduksi pelepasan CO2 (asam adipat, asam malat, asam tartarat, asam askorbat, asam fumarat, asam maleat, asam suksinat, atau asam sitrat).Pembentukan karbon dioksida pada tablet effervescent adalah hasil dari reaksi kimia yang terjadi antara garam karbonat atau bikarbonat dan sebuah asam organik lemah dengan adanya air.Karena kandungan garam karbonat yang tinggi, pH lambung akan meningkat untuk sementara usai larutan effervescent dikonsumsi sehingga memicu pengosongan lambung yang cepat.Sebagai hasilnya, kondisi ini dapat meningkatkan penyerapan obat dari usus halus bagian atas, yang merupakan tempat utama untuk menyerap obat.Berkat cara kerja tablet effervescent ini, berikut adalah sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan.
  • Laju dan jumlah relatif obatt yang mampu mencapai sirkulasi tubuh (bioavailabilitas) lebih tinggi
  • Waktu reaksi obat (onset) yang lebih cepat dari biasanya.

Kelebihan tablet effervescent

Jika dibandingkan dengan tablet biasa, ada sejumlah kelebihan tablet effervescent yang bisa Anda dapatkan.

1. Rasanya lebih enak

Tablet effervescent dapat dilarutkan dalam cairan, seperti air putih atau jus buah, sehingga rasanya lebih enak dari tablet biasa. Tablet ini biasanya juga telah tersedia dengan berbagai rasa yang relatif enak, misalnya rasa buah-buahan.

2. Didistribusikan lebih merata

Kelebihan lainnya dari tablet effervescent adalah kemampuannya untuk larut sepenuhnya secara merata sehingga konsentrasi zat di dalamnya dapat didistribusikan lebih merata pula.Kondisi ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi karena obat yang hanya larut sebagian. Dengan bentuk effervescent, setiap zat lebih mudah ditelan dan diserap tubuh.

3. Peningkatan asupan cairan

Tablet effervescent dapat membantu meningkatkan asupan cairan karena dikonsumsi dengan jumlah cairan yang cukup banyak.Selain memberikan manfaat, entah itu dalam bentuk suplemen makanan, herbal, atau obat-obatan, tablet effervescent juga dapat membantu meredakan dehidrasi.

4. Lebih mudah dikonsumsi

Sebagian orang mungkin dapat merasa kesulitan untuk menelan obat tablet, khususnya yang berukuran besar. Penggunaan tablet effervescent dapat membantu mengeliminasi kesulitan tersebut dan mempermudah konsumsi obat atau suplemen yang perlu diminum secara teratur.Bentuk tablet effervescent juga dapat membantu individu-individu dengan masalah medis yang membuat mereka sulit menelan, misalnya sakit tenggorokan.

5. Dosis lebih tepat

Penggunaan effervescent lebih mudah diukur sehingga dosisnya lebih tepat jika dibandingkan dengan sirup atau larutan lain yang perlu diukur dan harus diaduk berkali-kali hingga larut. Bahan tablet effervescent juga dapat tercampur rata dan siap untuk diminum.

6. Alternatif yang lebih efisien

Tablet effervescent dianggap berguna dalam memformulasikan obat-obatan yang sulit dicerna, obat-obatan yang memicu iritasi lambung atau esofagus (misalnya aspirin), dan obat-obatan yang menyerap kelembapan atau pH sensitif (misalnya antibiotik atau obat-obatan berdosis besar yang sulit ditelan).Berdasarkan berbagai manfaat di atas, tidak mengherankan jika bentuk tablet effervescent cukup populer. Sayangnya, tidak semua jenis obat tersedia dalam bentuk tablet effervescent.Selain itu, walaupun rasanya enak, ingatlah untuk selalu mengonsumsi tablet effervescent sesuai dengan dosis yang dianjurkan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
suplemenminum obat
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/topics/pharmacology-toxicology-and-pharmaceutical-science/effervescent-tablet
Diakses 11 Juni 2021
Simply Supplements. https://www.simplysupplements.co.uk/healthylife/immunity/effervescent-tablets
Diakses 11 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait