Seputar Sikat Gigi Elektrik, dari Manfaat hingga Jenisnya yang Beragam

Sikat gigi elektrik seperti yang dipakai pria ini ternyata memiliki manfaat
Seorang pria sedang menggunakan sikat gigi elektrik

Tahukah Anda, menurut hasil survey salah satu merek produk kesehatan gigi, 80 persen orang ternyata menghabiskan waktu yang terbilang sebentar untuk menggosok giginya. Hal ini kemudian mengarah pada banyaknya bagian gigi yang terlewat untuk dibersihkan.

Sikat gigi elektrik dipercaya dapat mengatasi hal tersebut dengan kemampuannya untuk menjangkau gigi yang lebih luas dan lebih efektif dalam membersihkan gigi. Benarkah demikian?

Bagi Anda yang terpikir untuk beralih ke sikat gigi elektrik, ada baiknya untuk menyimak ulasan tentang sikat gigi elektrik berikut ini.

Jenis sikat gigi elektrik

Sesuai dengan namanya, sikat gigi elektrik adalah sikat gigi yang menggunakan listrik dari baterai sebagai daya penggeraknya. Berbeda dengan sikat gigi manual, sikat gigi elektrik akan bergerak dengan sendirinya menjangkau ke area gigi yang diarahkan.

Perbedaan utama sikat gigi elektrik terletak di gerakan sikat gigi tersebut. Jenis sikat gigi elektrik dibagi menjadi empat, yakni:

  • Rotary/oscillate

Kepala sikat gigi jenis ini bergerak dengan gerakan melingkar pada satu arah dari titik tengah, tetapi tidak berputar dalam satu putaran penuh. Kecepatan berputarnya bervariasi dari 3.000-7.500 putaran per menitnya. Biasanya, kepala sikatnya berbentuk bundar seperti mangkuk dengan permukaan cekung dan dapat diganti sesuai kebutuhan.

  • Sonic

Sikat gigi elektrik jenis sonic ini memiliki getaran dengan frekuensi rendah, yaitu sekitar 260 Hz. Penggunaan sikat gigi ini cukup dilakukan dalam waktu 2 menit saja karena kemampuan gerakannya yang jauh lebih besar, yakni sekitar 31.000 putaran per menitnya.

Kepala sikat akan bergerak dari sisi ke sisi, dan biasanya memiliki indikator waktu yang membagi sesi sikat gigi menjadi empat interval dengan jeda setiap 30 detik sekali.

  • Ultrasonic

Sikat gigi ultrasonic merupakan gabungan dari gerakan bulu sikat dengan frekuensi tinggi lebih dari 20.000 Hz yang menghasilkan 18.000 putaran per menitnya. Biasanya, sikat gigi elektrik jenis ini dilengkapi juga dengan sinyal untuk mengindikasikan waktu penyikatan gigi dalam interval 30 detik dan memiliki penghitung waktu yang dapat mati secara otomatis.

  • Ionic

Kepala sikat pada sikat gigi jenis ionic tidak bergerak dan memiliki arus listrik rendah. Fungsi utama bulu sikatnya adalah untuk menarik plak di gigi.

Manfaat sikat gigi elektrik

Seorang wanita sedang menggunakan sikat gigi elektrik
Sikat gigi elektrik punya banyak manfaat

Sikat gigi elektrik memiliki beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati dalam penggunaannya, yaitu:

1. Lebih efektif dalam mengangkat plak gigi

Sebuah studi menunjukkan bahwa secara umum, sikat gigi elektrik memang mengurangi lebih banyak plak dan terjadinya radang gusi daripada sikat gigi manual.

Pada penelitian tersebut disebutkan, setelah tiga bulan penggunaan sikat gigi elektrik, plak berkurang sebesar 21 persen dan radang gusi sebesar 11 persen. Sikat gigi jenis rotary/oscillate tampaknya bekerja lebih baik daripada sikat gigi yang hanya bergetar karena gerakannya melingkar sesuai dengan anjuran dokter gigi.

2. Lebih mudah digunakan

Sikat gigi elektrik bergerak secara otomatis sehingga penggunanya tidak memerlukan banyak gerakan. Singkatnya, sikat gigi elektrik dapat membersihkan gigi lebih baik meskipun dengan tenaga yang minim. Oleh karena itu, sikat gigi ini sangat berguna bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan gerak seperti pada:

  • Orang-orang yang memiliki sindrom karpal (carpal tunnel syndrome).
  • Orang-orang yang menderita arthritis
  • Orang-orang berkebutuhan khusus.

3. Ada pengatur waktu

Adanya pengatur waktu pada sikat gigi elektrik, dapat membantu Anda menyikat gigi dengan rentang waktu yang cukup untuk menghilangkan plak dari gigi dan gusi.

4. Ramah lingkungan

Kebanyakan sikat gigi elektrik dapat dipakai terus menerus dan hanya perlu diganti bagian kepalanya saja, jadi Anda bisa menghemat penggunaan plastik.

5. Meningkatkan fokus ketika menggosok gigi

Suatu penelitian karya Hovliaras mengemukakan bahwa orang-orang menjadi lebih fokus ketika menyikat gigi menggunakan sikat gigi elektrik. Fokus dalam sesi sikat gigi dapat bermanfaat untuk membersihkan gigi secara lebih menyeluruh.

6. Meningkatkan kesehatan mulut saat menjalani perawatan gigi

Sikat gigi elektrik ternyata sangat membantu orang-orang yang giginya sedang dirawat. Seperti disebutkan dalam suatu jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Heintze, dkk., sikat gigi elektrik memiliki langkah penggunaan yang mudah bagi orang-orang dengan kawat gigi.

7. Menyenangkan bagi anak-anak

Tidak semua anak rajin menyikat gigi, alasannya mungkin karena mereka malas melakukan gerakan yang itu-itu saja. Sikat gigi elektrik dapat membantu Anda mengatasi hal tersebut karena sikat gigi ini biasanya memberikan sensasi geli dan memiliki bentuk yang menarik untuk membuat anak-anak tertarik. Sehingga dapat membantu anak lebih sering gosok gigi dan memiliki mulut yang lebih bersih.

8. Aman untuk gusi

Jika digunakan dengan benar, sikat gigi elektrik harusnya tidak akan melukai gusi dan dapat meningkatkan kesehatan mulut Anda secara keseluruhan.

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai sikat gigi elektrik di atas, mungkin semakin membuat Anda tertarik untuk mencobanya.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua manfaat di atas hanya akan didapat jika sikat gigi elektrik digunakan dengan benar. Pastikan untuk selalu membaca cara penggunaan sikat gigi elektrik Anda pada kemasan yang tersedia.

COCHRANE. https://www.cochrane.org/CD002281/ORAL_poweredelectric-toothbrushes-compared-to-manual-toothbrushes-for-maintaining-oral-health
Diakses pada 19 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26054186
Diakses pada 19 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8972810
Diakses pada 19 Februari 2020

PG. https://news.pg.com/press-release/pg-corporate-announcements/so-smart-its-genius-%E2%80%93-oral-b-unveils-worlds-first-electric-
Diakses pada 19 Februari 2020

WEBMD. https://www.webmd.com/oral-health/features/electric-toothbrushes#1
Diakses pada 19 Februari 2020

HEALTHLINE. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/electric-toothbrush-vs-manual#electric-pros
Diakses pada 19 Februari 2020

USU.http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/25308/Cover.pdf;jsessionid=D759E71E28E502F47A4E3FB7361C5BFB?sequence=6
Diakses pada 19 Februari 2020

MYBEST.https://my-best.id/28959
Diakses pada 19 Februari 2020

Artikel Terkait