Seputar Sel Eukariotik: Struktur, Fungsi, hingga Perbedaannya


Sel eukariotik adalah sel yang memiliki organel dilapisi membran. Organel dapat diibaratkan seperti organ tubuh manusia yang masing-masing punya fungsi. Beberapa contoh organel pada sel eukariotik adalah nukleus, mitokondria, dan retikulum endoplasma.

0,0
20 Jul 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sel eukariotik adalah sel dengan organel yang dilapisi membranIlustrasi struktur sel eukariotik
Berdasarkan membran inti, sel pada makhluk hidup terdiri dari dua kelompok utama, yakni sel eukariotik dan sel prokariotik. Sel eukariotik adalah sel yang memiliki organel dilapisi membran. Beberapa contoh organel pada sel eukariotik adalah nukleus, mitokondria, dan retikulum endoplasma.Jika dibandingkan dengan sel prokariotik, sel eukariotik lebih besar dan lebih kompleks. Organisme yang memiliki sel eukariotik termasuk ke dalam domain biologis eukariota. Contoh sel eukariotik terdapat pada protozoa, jamur, tumbuhan, dan hewan.

Struktur sel eukariotik

Sel eukariotik memiliki membran plasma, sitoplasma, ribosom, nukleus dan berbagai organel yang terikat membran, serta beberapa kromosom yang berbentuk batang.Nukleus atau Inti sel eukariotik sering disebut sebagai 'inti sejati' karena dikelilingi oleh membran. Sama halnya dengan organ tubuh manusia, inti sel eukariotik juga memiliki organel yang artinya organ-organ kecil.Masing-masing organel pada sel eukariotik memiliki peran seluler khusus layaknya organ tubuh manusia. Beberapa organel pada sel eukariotik adalah retikulum endoplasma, aparatus Golgi, dan mitokondria.Struktur dari sel eukariotik adalah sebagai berikut:

1. Inti (nukleus)

Nukleus merupakan organel yang paling menonjol dalam sel dan pusat aktivitas sel. Di dalam nukleus terdapat materi genetik berupa kromosom.

2. Membran inti sel

Membran inti sel adalah lapisan terluar nukleus dan merupakan pelindung inti sel berupa struktur membran ganda fosfolipid.Membran inti sel memisahkan nukleus dari sitoplasma. Di dalamnya terdapat pori-pori yang mengontrol keluar masuknya ion, molekul, serta RNA antara nukleoplasma dan sitoplasma.

3. Ribosom

Ribosom adalah organel sel yang bertanggung jawab untuk sintesis protein. Salah satu bagian dari sel eukariotik ini merupakan partikel kecil yang mengandung RNA dan protein terkait yang banyak ditemukan dalam sitoplasma dari sel-sel tubuh.

4. Mitokondria

Mitokondria adalah organel membran ganda pada sel eukariotik yang berbentuk oval, serta memiliki ribosom dan DNA sendiri.Organel ini sering disebut "pabrik energi" sel karena berfungsi membuat adenosin trifosfat (ATP), yaitu molekul pembawa energi utama sel dengan melakukan respirasi seluler.

5. Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma merupakan sistem membran yang berbentuk seperti kanal di dalam sel. Salah satu bagian dalam struktur sel eukariotik ini terdiri dari retikulum endoplasma kasar dan halus.
  • Retikulum endoplasma kasar berhubungan dengan ribosom dan berfungsi untuk memodifikasi protein.
  • Retikulum endoplasma halus berfungsi untuk mensintesis lipid.

6. Aparatus golgi

Aparatus golgi atau badan golgi adalah tempat berlangsungnya pemisahan, penandaan, pengemasan, serta distribusi lipid dan protein di dalam sel.

7. Peroksisom

Peroksisom pada sel eukariotik adalah organel kecil berbentuk bulat yang diliputi oleh membran tunggal.Organel ini berfungsi untuk melakukan reaksi oksidasi yang dapat memecah asam lemak dan asam amino. Peroksisom juga berfungsi mendetoksifikasi banyak racun yang mungkin masuk ke dalam tubuh.

8. Vesikel dan vakuola

Vesikel dan vakuola adalah kantong yang berperan dalam penyimpanan dan transportasi. Vakuola memiliki ukuran lebih besar dari vesikel.Membran vesikel yang berukuran lebih kecil dapat menyatu dengan membran plasma atau sistem membran lain.

Perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik

Perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik cukup sederhana, yakni sel eukariotik memiliki inti sel (nukleus) dan beragam organel yang dilapisi membran.Di sisi lain, nukleus dan organel pada sel prokariotik tidak dilapisi membran sehingga DNA pada sel ini tidak terikat di dalam nukleus.Kebanyakan organisme prokariotik terdiri dari satu sel (uniseluler), walaupun beberapa di antaranya terbuat dari kumpulan sel (multiseluler). Perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik juga terletak pada DNA-nya.DNA pada sel prokariotik berupa satu untai DNA berbentuk melingkar (loop). Sedangkan pada sel eukariotik, DNA diatur dalam kromosom. Sel eukariotik juga lebih kompleks karena mengandung banyak struktur dan organel dengan berbagai fungsi.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
proteinfungsi organ
Britannica. https://www.britannica.com/science/eukaryote
Diakses 6 Juli 2021
Biology Dictionary. https://biologydictionary.net/eukaryotic-cell/
Diakses 6 Juli 2021
Thoughtco. https://www.thoughtco.com/what-are-prokaryotes-and-eukaryotes-129478
Diakses 6 Juli 2021
Lumen Learning. https://courses.lumenlearning.com/boundless-biology/chapter/eukaryotic-cells/
Diakses 6 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait