Seputar Permainan Baseball yang Menyehatkan Tubuh


Permainan baseball termasuk dalam permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua regu berisi masing-masing 9 orang. Pertandingan berlangsung selama 9 inning dan tim dengan skor terbanyak keluar sebagai pemenang.

0,0
29 Jul 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Permainan baseball adalah permainan bola kecilPermainan baseball terdiri dari 9 inning dan dimainkan 9 orang per tim
Baseball adalah permainan bola beregu yang dimainkan oleh dua tim, yaitu tim pelempar (pitcher) dan tim pemukul (batter). Permainan dimulai saat pitcher atau pelempar, melemparkan bola kepada pemukul yang disebut batter. Baseball hampir sama dengan softball, namun ukuran alat yang digunakan serta lapangannya berbeda.Baseball termasuk ke dalam permainan bola kecil dan sering masuk ke dalam pelajaran olahraga di sekolah. Untuk bermain baseball yang benar, ada beberapa peraturan yang perlu diperhatikan. Selain itu, kelengkapan perlindungannya pun perlu dipenuhi agar pemain bisa terhindar dari cedera.

Sejarah permainan baseball

Permainan baseball pertama kali dibuat di Coperstown, New York pada tahun 1883 oleh Abner Doubleday. Namun peraturan baseball pertama kali dibuat tahun 1845 oleh Alexander J. Cartwright. Di Indonesia sendiri perkembangan baseball belum begitu jelas perkembangan awalnya.Olahraga baseball Indonesia bernaung di bawah organisasi yang sama dengan softball, yaitu PERBASI atau Persatuan Baseball dan Softball Indonesia. Meski berada di bawah satu organisasi yang sama, baseball dan softball adalah dua olahraga yang berbeda. Ukuran lapangan, bola, dan kayu pemukulnya berbeda. Selain itu, cara melambungkan bola, meninggalkan base, dan jumlah inning-nya pun berbeda.

Aturan bola dan lapangan baseball

Lapangan, bola, dan peralatan lain yang dipakai dalam permainan baseball memiliki ukuran khusus yang perlu diikuti, yaitu:

• Lapangan baseball

Lapangan baseball berbentuk seperti berlian dengan base yang terletak di tiga sudut. Jarak antar base adalah 27,4 meter sedangkan jarak antara home base dengan pitcher plate adalah 18,45 meter. Pitcher plate-nya berukuran 60x15 cm. Pitcher plate adalah tempat pitcher melempar bola.

• Bola baseball

Bola baseball terbuat dari kulit sapi atau kuda dengan lingkaran kurang lebih 23,5 cm, diameter 7,3 cm, dan berat 178 gram.

• Tongkat baseball

Tongkat baseball idealnya memiliki panjang 1,06 meter dengan penampang bergaris tengah 7 cm dan bungkus pegangan sepanjang 46 cm.

Peraturan dasar permainan baseball

Berikut ini peraturan dasar permainan baseball.
  • Baseball dimainkan oleh dua tim dan masing-masing tim terdiri dari 9 orang.
  • Tim yang melempar disebut sebagai fielding team.
  • Fielding team terdiri dari pitcher, catcher, penjaga base pertama, kedua dan ketiga, shortstop, dan tiga orang yang berjaga di garis lapangan sebelah kiri, kanan, dan tengah.
  • Sementara itu tim yang lain mengirimkan satu orang sebagai pemukul atau batter.
  • Satu game baseball terdiri dari 9 inning. Di setiap inning, satu tim berkesempatan untuk menjadi regu pemukul sebanyak satu kali. Tim yang berhasil meraih angka paling banyak akan keluar sebagai pemenang.
  • Angka bisa didapatkan dari hasil pukulan batter. Saat bola berhasil dipukul, maka pemukul harus berlari setidaknya hingga base pertama.
  • Pemukul harus mencapai base sebelum bola yang ia pukul berhasil tertangkap tim lawan dan dilempar ke penjaga base pertama.
  • Angka akan didapatkan jika regu pemukul berhasil melewati base ketiga.
  • Pemukul yang berhasil memukul bola hingga jauh dan tidak bisa tertangkap oleh tim lawan disebut berhasil memukul home run dan ia bisa berlari melewati tiga base sekaligus dan mendapatkan satu angka.

Tips mengurangi cedera saat main baseball

Untuk mengurangi risiko cedera saat bermain baseball, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
  • Gunakan helm sesuai peraturan dan pilih yang ukurannya pas di kepala. Apabila terdapat tali pengencang di dagu, maka tali tersebut harus dikaitkan dengan baik.
  • Pastikan pelindung wajah atau mata yang ada di helm dalam kondisi baik dan kencang.
  • Meski tidak berlari, catcher harus terus menggunakan alat pelindung lengkap seperti helm, deker lutut, pelindung leher dan dada, hingga kaki.
  • Bila perlu gunakan mouthguard untuk melindungi gigi dari pukulan bat ataupun bola.
  • Selalu lakukan pemanasan dengan baik sebelum permainan dimulai.
  • Rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi sehingga stamina baik saat bermain baseball.
  • Berhenti bermain apabila ada rasa sakit atau nyeri meski sedikit. Ini untuk mencegah cedera lebih parah terjadi..
Permainan baseball adalah olahraga yang bisa dilakukan oleh hampir semua usia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk bisa menjadi pemain andal, Anda tentu perlu rutin berlatih. Namun yang tak kalah penting, perhatikan juga sisi keamanan dan kesehatan saat bermain baseball agar Anda tidak mudah mengalami cedera.
tips olahragaolahraga anakmanfaat sepak bolasepak bola
Lengkana, Setia Anggi. Nugraha, Gustian Rana. 2019. Softball dan Baseball (Teori dan Praktik). Sumedang: UPI Sumedang Press.Irwansyah. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Grafindo.Rule of Sport. https://www.rulesofsport.com/sports/baseball.html
Diakses pada 21 Juli 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/safety-baseball.html
Diakses pada 21 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait