Invisalign Bisa Merapikan Gigi, Apa Bedanya dengan Kawat Gigi?


Invisalign adalah merek sebuah clear aligner yang berfungsi untuk merapikan susunan gigi tanpa kawat. Kelebihannya lebih nyaman dan cepat sedangkan kekurangannya tidak bisa dipakai untuk kasus yang terlalu berat.

0,0
21 Oct 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Invisalign adalah alat untuk merapikan gigi selain kawat gigiInvisalign adalah alat untuk merapikan gigi
Selain kawat gigi, sebenarnya ada alat lain yang bisa digunakan untuk merapikan susunan gigi yang berantakan. Alat tersebut dinamakan clear aligner dan bentuknya mirip dengan alat pelindung gigi. Clear aligner kini dijual dengan berbagai merek, salah satu yang paling banyak dipakai adalah Invisalign.
Ya, banyak orang mengira invisalign merupakan salah satu metode merapikan gigi. Padahal, sebenarnya ini adalah merek dagang dari perusahaan asal Amerika Serikat. Lantas, apa yang membedakannya dengan kawat gigi biasa?

Apa itu Invisalign dan bagaimana cara kerjanya?

Invisalign bisa merapikan gigi seperti kawat gigi
Invisalign adalah merek alat clear aligner
Inivisalign adalah salah satu merek clear aligner. Alat ini berfungsi untuk merapikan susunan gigi yang berantakan, seperti gigi tonggos, gigi berjejal, dan posisi gigit yang tidak normal.Clear aligner dibuat dari bahan plastik khusus yang bentuknya dibuat sesuai cetakan gigi masing-masing pasien. Bentuknya mirip seperti pelindung gigi yang digunakan atlet, tapi jauh lebih tipis.Alat ini dibuat dengan teknik khusus yang menyesuaikan tiap lekukan gigi.Prinsipnya, cara kerja clear aligner Invisalign dengan kawat gigi tidak jauh berbeda. Keduanya menggunakan tekanan untuk menggeser gigi ke arah yang seharusnya.Invisalign dibuat berdasarkan bentuk gigi pasien. Maka, alat ini akan memberikan tekanan ke area yang dibutuhkan saat dipakai. Dengan begitu, posisi gigi dapat bergeser secara perlahan.Saat gigi sudah mulai bergeser, Anda perlu mengganti clear aligner agar dapat menyesuaikan dengan susunan gigi yang baru. Nah, itu sebabnya, saat menggunakan Invisalign, Anda perlu menggantinya setiap satu atau dua minggu sekali.Dokter akan memberikan satu set Invisalign beserta waktu dan instruksi penggunaannya. Untuk kontrol, biasanya dilakukan setiap 6-8 minggu sekali.

Kelebihan dan kekurangan Invisalign

Invisalign nyaman dipakai namun biaya lebih tinggi
Kalau Anda berencana merapikan gigi, mengetahui kelebihan dan kekurangan Invisalign mungkin bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan sebelum menentukan pilihan.

Kelebihan Invisalign

Berikut ini kelebihan perawatan dengan clear aligner jenis Invisalign:

1. Nyaman digunakan

Invisalign terbuat dari bahan yang tipis serta menyesuaikan dengan susunan dan lekukan gigi pasien. Itu sebabnya, Invisalign akan terasa lebih nyaman dipakai.Tidak adanya kawat yang digunakan juga mengurangi risiko kawat lepas dan menusuk pipi bagian dalam.

2. Lebih mudah menjaga kebersihan rongga mulut

Invisalign bisa Anda lepas dan pasang sendiri, tidak seperti behel yang membutuhkan bantuan dokter. Jadi, Anda bisa menyikat gigi seperti biasa dengan mudah.Anda pun bisa lebih merasa tenang saat makan karena risiko makanan terselip lebih kecil. Apalagi, Anda bisa melepas alat ini ketika makan.

3. Tidak ada kesulitan mengonsumsi makanan tertentu

Ketika menggunakan kawat gigi, Anda mungkin akan menghindari jenis makanan tertentu. Salah satu kelebihan Invisalign adalah Anda bebas makan apa pun.Sebab, alat ini biasanya dilepas saat Anda makan. Jadi, tidak ada perbedaan antara sebelum dan sesudah perawatan dalam hal kebiasaan makan.

4. Waktu perawatan umumnya lebih cepat

Waktu perawatan menggunakan Invisalign umumnya lebih cepat, yaitu antara 6 bulan–2 tahun, tergantung dari tingkat keparahan kasus. Sementara itu kawat gigi biasanya memerlukan waktu 1-3 tahun hingga perawatan selesai.

Kekurangan Invisalign

Kekurangan Invisalign adalah sebagai berikut:

1. Hasil mungkin tidak konsisten

Meski bisa dilepas dan dipasang sendiri, bukan berarti Anda bisa menggunakannya sesuka hati. Untuk mendapatkan hasil maksimal, alat ini perlu dipakai 20-22 jam per hari. Anda hanya boleh melepasnya ketika makan.Jika penggunaannya tidak teratur dan telaten, hasil yang dicapai jadi tidak maksimal. Ini juga alasan yang membuat clear aligner biasanya tidak disarankan untuk anak-anak.

2. Berisiko rusak dan hilang

Mengingat bisa dilepas pasang sendiri, ada risiko alat ini tertinggal atau hilang ketika sedang tidak dipakai. Saat makan di luar rumah, misalnya, alat ini berisiko tertinggal di restoran dan sudah hilang saat Anda kembali untuk mengambilnya.

3. Kurang tepat untuk kasus yang berat

Tidak semua masalah susunan gigi bisa dirapikan dengan clear aligner. Alat ini umumnya digunakan untuk mengatasi kasus yang lebih ringan.Pada sebuah studi yang dikeluarkan oleh American Journal of Orthodontics and Dentofacial Orthopedics, disebutkan bahwa akurasi rata-rata alat ini untuk mengatasi posisi gigi yang rotasi alias posisinya berputar dari tempat seharusnya adalah sebesar 46%.

4. Biaya tinggi

Biaya perawatan dengan Invisalign lebih tinggi dibanding kawat gigi. Pasalnya, untuk mengerjakannya diperlukan peralatan canggih termasuk software dan lab khusus.Harga Invisalign setiap pasien bisa berbeda, tergantung dari tingkat keparahan giginya. Estimasi biaya yang perlu Anda siapkan untuk menjalani perawatan ini bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Memilih antara Invisalign dan kawat gigi

Memilih invisalign dan kawat gigi
Memilih antara kawat gigi dan invisalign bisa disesuaikan dengan susunan gigi
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa memilih perawatan yang lebih sesuai. Dokter gigi biasanya akan memberikan opsi dan pendapat mengenai jenis perawatan yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Itu sebabnya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter gigi.Hal utama yang perlu diperhatikan saat memilih perawatan adalah soal budget. Pasalnya, perawatan merapikan gigi sifatnya jangka panjang.Jadi, selain menyiapkan biaya pasang di awal, Anda juga perlu memperkirakan biaya kontrol dan retainer yang harus digunakan setelah perawatan selesai dilakukan.Baik kawat gigi maupun clear aligner seperti Invisalign biasanya tidak termasuk dalam perawatan yang ditanggung asuransi, sehingga banyak orang harus menyiapkan dana sendiri.Selain dari segi biaya, dokter tentu juga akan menyesuaikan pilihan perawatan dengan kondisi gigi dan rahang Anda.Baik Invisalign maupun kawat gigi, prosedur untuk merapikan gigi sifatnya individual dan sangat bergantung pada susunan gigi dan kondisi kesehatan secara umum. Jadi meski diagnosisnya sama, rencana perawatan antara satu orang dengan orang lainnya bisa berbeda.Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar clear aligner maupun perawatan kawat gigi, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter gigi terdekat. Untuk mempermudah mengatur dan mengetahui jadwal praktik yang tersedia, gunakan fitur Booking Dokter yang ada di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh secara gratis di App Store maupun Google Play.
kesehatan gigiveneer gigikawat gigi
Healthline. https://www.healthline.com/health/invisalign-cost
Diakses pada 7 Oktober 2021
American Journal of Orthodontics and Dentofacial Orthopedics. https://www.ajodo.org/article/S0889-5406(20)30303-6/fulltext
Diakses pada 7 Oktober 2021
Invisalign. https://www.invisalign.co.id/id/treatment-process
Diakses pada 7 Oktober 2021
Health Magazine. https://www.health.com/condition/oral-health/invisalign-vs-braces
Diakses pada 7 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait