Seputar Eyelash Extension dan Efek Sampingnya yang Perlu Diwaspadai


Eyelash extension adalah teknik kecantikan yang dilakukan untuk mempercantik bulu mata. Meski bisa buat mata Anda lebih cantik, sebaiknya prosedur ini dilakukan dengan hati-hati supaya terhindar dari efek sampingnya.

(0)
15 Jun 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Eyelash extension juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadaiEyelash extension dilakukan dengan menempelkan selotip bedah di bawah area mata
Eyelash extension adalah salah satu cara untuk mempercantik tampilan wanita bagi sebagian wanita. Eyelash extension atau bulu mata sambung bisa membuat bulu mata jadi lentik dan tebal secara instan sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk memulaskan maskara. Apakah Anda tertarik untuk melakukan eyelash extension? Eits, tunggu dulu. Ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu informasi lengkap mengenai perawatan kecantikan bulu mata ini. Mulai dari proses pemasangan, perawatan, hingga kelebihan dan kekurangannya. Dengan demikian, risiko bahaya eyelash extension yang tidak diinginkan dapat Anda hindari.

Apa itu eyelash extension?

Eyelash extension adalah prosedur kecantikan yang dilakukan dengan untuk mempercantik bulu mata dengan memasangkan helaian bulu mata palsu dan membuatnya tampak lentik secara semipermanen tanpa maskara.Eyelash extension berbeda dengan penggunaan bulu mata palsu. Penggunaan bulu mata palsu dapat dilakukan dengan menempelkannya langsung ke ujung kelopak mata menggunakan lem. Sedangkan, eyelash extension adalah teknik menyambung bulu mata palsu ke bulu mata alami Anda menggunakan lem perekat khusus secara satu per satu. Ada beberapa jenis bahan yang biasanya digunakan untuk menciptakan helaian bulu mata dalam perawatan ini. Mulai dari bahan sintetis, seperti serat plastik dan bulu imitasi, hingga bahan alami seperti bulu dan sutra.Perawatan bulu mata extension ini dirancang untuk tetap melekat pada bulu mata Anda dan mengikuti siklus pertumbuhan alami bulu mata. 

Berapa lama tahan eyelash extension?

Proses pemasangan eyelash extension memakan waktu selama 2-3 jam. Biasanya bulu mata sambung dapat bertahan mulai dari 1,5 bulan sampai 2 bulan lamanya.Namun, Anda direkomendasikan untuk melakukan sesi touch up setiap 3-4 minggu sekali. 

Berapa harga eyelash extension?

Pada dasarnya, harga eyelash extension cenderung bervariasi di setiap salon kecantikan. Hal ini bergantung pada teknik yang digunakan serta hasil yang diinginkan. Untuk mengetahui harga eyelash extension yang tepat, Anda perlu mencari tahu informasi terlebih dahulu dengan menghubungi pihak salon kecantikan yang dituju. 

Bagaimana proses pemasangan eyelash extension?

Ada beberapa tahapan proses pemasangan eyelash extension yang perlu diketahui, yakni: 

1. Pilih salon kecantikan berpengalaman

Sebelum melakukan eyelash extension, pastikan Anda memilih salon kecantikan serta ahli yang berpengalaman dan bersertifikat. Selain itu, tanyakan mengenai keamanan lem perekat dan bulu mata palsu yang digunakan oleh salon kecantikan tersebut. Pastikan lem perekat yang digunakan untuk sambung bulu mata tidak menimbulkan risiko iritasi, serta bulu mata sambung dirancang untuk menahan keringat, minyak, dan air. 

2. Konsultasikan keinginan dengan terapis kecantikan

Cara extension bulu mata juga perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu. Anda bisa menentukan tipe kelentikan dan ketebalan bulu mata seperti apa yang diinginkan, termasuk bahan bulu mata sambung dan ukuran bulu mata eyelash extension.Anda dapat memilih sesuai dengan kenyamanan dan kegiatan sehari-hari. 

3. Berbaring dan menutup mata

Cara extension bulu mata dilakukan dengan Anda berbaring di tempat tidur yang telah disediakan. Terapis kecantikan akan meminta Anda untuk menutup mata. Nantinya, terapis akan membersihkan kedua mata Anda. Lalu, area bawah mata Anda akan ditutup menggunakan selotip bedah. Setelah itu, helaian bulu mata palsu akan direkatkan menggunakan sepasang pinset. Satu pinset untuk merenggangkan bulu mata alami Anda. Sedangkan, pinset lainnya bertujuan untuk mengambil bulu mata sambungan yang telah diberi lem. Bulu mata tersebut kemudian akan disambungkan dengan bulu mata alami Anda.  

Bagaimana cara merawat eyelash extension?

Beberapa cara merawat eyelash extension yang tepat adalah sebagai berikut. 

1. Hindari membasahi bulu mata di awal pemasangan

Salah satu cara merawat eyelash extension baru di awal pemasangan adalah dengan hindari Setelah extension bulu mata dilakukan, pastikan bulu mata baru tidak terkena air selama 12-24 jam pertama. Hal ini berlaku pula walaupun Anda sudah melakukan sesi touch up ekstensi bulu mata. Pasalnya, air bisa menghilangkan lem perekat bulu mata sehingga menyebabkan bulu mata jadi rontok. 

2. Jangan pakai produk make up mata

Cara merawat eyelash extension juga perlu menghindari penggunaan produk make up mata.Jika Anda menggunakannya, maka akan sulit untuk membersihkannya sehingga berisiko merontokkan bulu mata. 

Apa bahaya eyelash extension?

Meski bisa membuat bulu mata jadi lentik dan cantik, bahaya eyelash extension juga dapat mengintai di baliknya. Adapun beberapa bahaya eyelash extension yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut. 

1. Iritasi

Salah satu bahaya eyelash extension adalah reaksi iritasi. Efek samping ini dapat terjadi sekitar 3 hari setelah perawatan dilakukan. Anda mungkin akan mengalami rasa gatal, mata merah, ruam, nyeri, iritasi pada kelopak mata, hingga bengkak. Efek samping eyelash extension ini juga mungkin muncul akibat penggunaan lem perekat yang mengandung formaldehida atau bahan kimia lain yang membahayakan atau berisiko mengiritasi area mata. Di samping itu, iritasi dapat muncul akibat reaksi terhadap zat pelarut yang digunakan untuk melepas bulu mata extension, serta penggunaan selotip bedah yang dipakai untuk menutup kelopak mata Anda selama prosedur dilakukan. 

2. Reaksi alergi

Pada sebagian orang, bahaya eyelash extension dapat menimbulkan reaksi alergi. Jika sudah begini, maka Anda harus segera melepaskan bulu mata sambung dengan bantuan ahli. Gejala alergi biasanya akan muncul beberapa jam setelah perawatan, yang ditandai dengan salah satu atau kedua mata Anda akan memerah, gatal, berair, dan bengkak.

3. Bulu mata lepas 

Bahaya eyelash extension bisa membuat bulu mata lepas atau rontok. Kendati demikian, efek samping eyelash extension ini dapat dihindari dengan tidak menggosok atau menarik bulu mata sambung.

4. Masalah serius pada mata

Masalah serius pada mata juga menjadi bahaya eyelash extension yang patut diwaspadai. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, dapat menyebabkan infeksi kelopak mata, infeksi kornea, pembengkakan dan peradangan kelopak mata.

5. Bulu mata hilang

American Academy of Ophthalmology (AAO) mencatat bahwa bahaya eyelash extension bisa menyebabkan seseorang kehilangan bulu mata. Efek samping eyelash extension ini bisa terjadi bila seseorang terlalu sering menggunakan bulu mata extension sehingga folikel rambut yang berperan untuk menumbuhkan dan memelihara bulu mata jadi rusak. Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai eyelash extensionMeski dapat membuat mata Anda tampak lebih cantik, Anda perlu berhati-hati sebelum melakukan perawatan kecantikan ini, supaya terhindar dari efek samping eyelash extension yang berisiko membahayakan kesehatan mata Anda.Jika masih punya pertanyaan lebih lanjut seputar eyelash extension, konsultasikan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
cara memanjangkan bulu matakulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/eyelash-extension-side-effects#side-effects
Diakses 31 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/eyelash-extensions-pros-and-cons#risks
Diakses 31 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/allergic-reaction-to-eyelash-extensions#is-it-an-allergic-reaction
Diakses 31 Mei 2020
All About Vision
https://www.allaboutvision.com/cosmetic/eyelash-extensions.htm
Diakses 31 Mei 2020
American Academy of Ophthalmology. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/eyelash-extension-facts-safety
Diakses pada 18 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait