Seputar Asuransi Kesehatan, Termasuk Jenis hingga Tips Memilihnya

Tips memilih asuransi kesehatan terbaik, intip disini
Asuransi kesehatan dapat memberikan banyak manfaat untuk kita

Semua orang pasti tidak mengharapkan datangnya penyakit. Namun, hampir semua orang pernah menerima perawatan kesehatan, setidaknya satu kali dalam hidupnya akibat kejadian-kejadian tidak terduga, seperti kecelakaan. Itulah alasan dibutuhkannya asuransi kesehatan, yaitu untuk berjaga-jaga saat kita harus merogoh kocek yang cukup dalam guna membayar biaya perawatan yang sifatnya mendadak.

Jika Anda memiliki asuransi kesehatan, maka biaya perawatan rumah sakit, obat-obatan, hingga biaya operasi tidak perlu dibayarkan secara penuh atau bahkan gratis. Semua pembiayaan tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi tempat Anda terdaftar.

Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk membeli produk asuransi kesehatan yang saat ini tersedia dalam berbagai jenis. Agar Anda dapat mengambil keputusan terbaik bagi diri sendiri dan keluarga, berikut ini tips memilih asuransi kesehatan yang dapat Anda ikuti.

Tips memilih asuransi kesehatan yang paling sesuai

Memiliki asuransi kesehatan bukanlah tanggung jawab yang ringan. Asuransi membutuhkan komitmen jangka panjang dalam pembayaran premi tiap bulan dengan jumlah tertentu selama bertahun-tahun lamanya. Sehingga, sebelum memutuskan untuk berkomitmen, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal memilih asuransi kesehatan, seperti berikut ini.

1. Pengertian asuransi kesehatan

Hal paling dasar yang perlu Anda ketahui sebelum membeli produk asuransi kesehatan adalah memahami terlebih dahulu pengertiannya. Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan jaminan kepada tertanggung, yaitu Anda sebagai pembeli produk asuransi, untuk mengganti biaya pengobatan yang meliputi:

  • Biaya perawatan rumah sakit
  • Biaya pembedahan
  • Obat-obatan

Saat membeli produk asuransi, biasanya Anda akan dihadapkan pada beberapa jenis produk. Semakin mahal harga produk tersebut, maka jaminan yang diberikan juga akan semakin luas.

Misalnya, produk A dengan harga premi per bulannya Rp 5.000.000,00 dapat menjamin biaya operasi gigi bungsu. Sementara itu produk B dengan harga premi per bulan yang hanya Rp 2.500.000 tidak akan menjamin prosedur tersebut.

2. Manfaatnya

Memiliki asuransi kesehatan dapat memberikan berbagai manfaat untuk Anda, seperti:

  • Menjamin biaya perawatan kesehatan, termasuk rawat inap maupun rawat jalan yang penting dilakukan untuk menjaga kelangsungan hidup Anda maupun keluarga
  • Meningkatkan kemampuan Anda untuk mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan. Bagi banyak orang, asuransi memungkinkan mereka menjalani pemeriksaan dan perawatan kesehatan tanpa harus mengumpulkan biaya tertentu terlebih dahulu.
  • Pada beberapa produk asuransi kesehatan juga ditawarkan penjaminan pencegahan penyakit, seperti vaksin dan medical check up atau pemeriksaan kesehatan secara berkala.
  • Penjaminan biaya persalinan
  • Penggantian kacamata
  • Penjaminan biaya perawatan gigi

Tentu, rincian penjaminan akan berbeda tergantung dari jenis asuransi kesehatan yang Anda miliki.

3. Kriteria penjaminan

Tidak semua orang bisa dijamin oleh asuransi kesehatan. Umumnya, perusahaan asuransi menetapkan usia minimal dan maksimal sebagai syarat penjaminan. Anak yang belum berusia 15 hari dan lansia yang sudah berusia di atas 60 tahun biasanya tidak bisa didaftarkan sebagai peserta asuransi.

Sementara itu, berbeda dari asuransi jiwa yang berlaku hingga peserta meninggal dunia, asuransi kesehatan memiliki batas usia penjaminan bagi peserta. Biasanya, peserta asuransi bisa dijamin hingga menginjak usia 70 tahun dengan persyaratan tertentu menurut perusahaan asuransi yang menjamin.

4. Kenali jenis-jenis asuransi kesehatan

Secara umum, asuransi kesehatan bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu asuransi kesehatan swasta dan milik pemerintah. Asuransi kesehatan milik pemerintah contohnya adalah BPJS Kesehatan sementara asuransi kesehatan swasta saat ini ada sangat banyak di Indonesia.

Asuransi kesehatan juga bisa dibedakan dari cara pembayaran premi maupun cara Anda mendapatkan pelayanan kesehatan. Misalnya, ada asuransi yang hanya menjamin 80% biaya perawatan dan peserta perlu menanggung 20% sisanya. Lalu, ada juga asuransi yang menggunakan sistem reimbursment, yang mengharuskan Anda membayar biaya perawatan sendiri terlebih dahulu baru yang kelak digantikan oleh asuransi.

5. Detail produk asuransi

Sebelum memilih produk asuransi yang mengenai kondisi yang akan dijamin dan tidak dijamin. Asuransi biasanya akan menyediakan beberapa jenis produk dengan premi tersendiri.
Tanyakan langsung pada agen asuransi apabila ada polis yang dirasa tidak tepat atau yang tidak Anda mengerti.

Pastikan juga metode klaim asuransi yang dijalankan oleh perusahaan tersebut, sehingga Anda punya ekspektasi terukur mengenai biaya perawatan kesehatan jika sewaktu-waktu harus menjalani perawatan. Ingat, tidak semua perawatan bisa dibayarkan penuh oleh asuransi.

6. Agen asuransi

Saat membeli suatu produk asuransi, pastikan Anda bertransaksi dengan agen asuransi terpercaya. Agen resmi biasanya akan memiliki identitas resmi berupa kartu keanggotaan atau sertifikat yang bisa membedakannya dari agen tak resmi.

Untuk memastikannya, Anda disarankan menelepon langsung perusahaan asuransi tersebut atau mendatanginya ke kantor asuransi untuk mendapatkan penjelasan atau melangsungkan transaksi. Pastikan juga agen memberikan surat penawaran asuransi dari perusahaan.

7. Prosedur penarikan uang asuransi

Satu hal lagi yang perlu dipahami adalah soal cara membatalkan atau penarikan dana yang sudah Anda setorkan ke perusahaan tersebut. Sehingga, pastikan juga Anda membaca segala hal yang terdapat dalam SPPA atau surat permintaan penutupan asuransi.

Ketahui hal-hal yang bisa membuat Anda menghentikan asuransi dan apabila ada kesalahan yang dilakukan oleh agen maupun perusahaan. Anda bisa meminta klarifikasi kepada kedua pihak tersebut. Apabila terjadi perselisihan dan tidak ada titik temu, Anda dapat mengajukan permasalahan ini pada pengadilan.

Catatan dari SehatQ

Asuransi kesehatan dapat memberikan manfaat untuk Anda jika sewaktu-waktu terjadi sakit mendadak atau kecelakaan yang membutuhkan biaya perawatan yang pastinya tidak sedikit. Hal ini membuat banyak orang merasa perlu memiliki asuransi. Saat ini pun telah tersedia berbagai platform online untuk mempelajari dan membeli berbagai produk asuransi, yang bisa Anda gunakan.

Namun, perlu diketahui bahwa memiliki asuransi kesehatan adalah komitmen jangka panjang. Sehingga, Anda harus benar-benar memahaminya sebelum membeli produk asuransi tersebut.

Health Care. https://www.healthcare.gov/why-coverage-is-important/coverage-protects-you/
Diakses pada 2 Juni 2020

Otoritas Jasa Keuangan RI. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Category/58
Diakses pada 2 Juni 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323367#types-
Diakses pada 2 Juni 2020

Artikel Terkait