Seputar Ambeien pada Anak, Kenali Gejala hingga Cara Mengobatinya


Ambeien pada anak dapat menyebabkan rasa nyeri bahkan perdarahan dari anus. Kondisi ini bisa dipicu oleh duduk di permukaan yang keras terlalu lama, sembelit, hingga mengejan berlebihan.

0,0
14 Oct 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ambeien pada anak dapat menimbulkan nyeri yang menggangguAmbeiean pada anak bisa menyebabkan rasa tidak nyaman
Bukan hanya orang dewasa saja, ambeien pada anak juga bisa terjadi. Kondisi ini dapat membuat si kecil merasa tidak nyaman karena adanya peradangan atau pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar anus. Jika orangtua tidak jeli, ambeien pada anak bisa saja terabaikan. Ketika kondisinya semakin memburuk, anak bisa merasa kesakitan bahkan hingga menimbulkan perdarahan saat buang air besar (BAB).

Gejala ambeien pada anak

Gejala ambeien pada anak umumnya sama dengan orang dewasa. Berikut adalah beberapa ciri ambeien pada anak yang harus diwaspadai orangtua.
  • Anak terlihat kesakitan atau menangis saat BAB
  • Perdarahan berwarna merah terang yang menetes dari dubur
  • Keluar lendir dari anus
  • Feses kering dan keras
  • Anak terlihat tidak nyaman karena anusnya gatal
  • Ada benjolan yang muncul di sekitar anus.
Jika Anda melihat ciri anak ambeien di atas pada anak, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter. Dengan demikian, penanganan yang tepat dapat diberikan untuk mengatasi masalah yang dialami si kecil.

Penyebab ambeien pada anak

anak buang air besar
Mengejan berlebihan bisa memicu ambeien pada anak
Ambeien umumnya dipicu oleh peningkatan tekanan di sekitar anus sehingga pembuluh darah vena membengkak. Adapun penyebab ambeien pada anak dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti:
  • Duduk di permukaan keras untuk waktu yang lama, misalnya bangku kayu
  • Sering duduk di toilet terlalu lama yang menyebabkan darah terkumpul di area panggul
  • Mengejan berlebihan saat buang air besar sehingga memberi tekanan pada area anus
  • Tidak atau jarang mengonsumsi makanan berserat, misalnya sayur-mayur dan buah-buahan
  • Tidak cukup minum air putih sehingga feses menjadi keras dan sulit dikeluarkan yang memicu ambeien pada anak
  • Adanya tumor di usus besar sehingga bisa membuat pembuluh darah vena di sekitar anus membengkak
  • Anak mengalami obesitas dan tidak bergerak aktif.

Cara mengobati ambeien pada anak

Ambeien yang dialami anak-anak perlu ditangani dengan tepat. Berikut adalah beberapa cara mengobati ambeien pada anak yang dapat dilakukan:

1. Merendam anus dengan air hangat

Ajak anak untuk merendam area anusnya menggunakan air hangat sekitar 2-3 kali sehari selama 10 menit. Hal ini dapat membantu menenangkan bagian anus yang nyeri dan gatal akibat ambeien.

2. Atasi sembelit

Apabila ambeien pada anak disebabkan sembelit, Anda harus mengatasi permasalahan tersebut. Berikan makanan berserat tinggi kepadanya, seperti sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain itu, hindari makanan yang dibuat dari tepung halus karena sulit dicerna.

3. Minum air putih dengan cukup

anak minum air putih
Anak harus minum air putih dengan cukup
Pastikan anak tetap terhidrasi sepanjang hari sehingga kesehatan sistem pencernaannya terjaga dan bekerja dengan baik. Anak-anak direkomendasikan untuk minum setidaknya 8-10 gelas per hari.

4. Memberi obat pereda nyeri

Jika nyeri anus karena ambeien sangat menyiksa anak, Anda dapat memberikan obat pereda nyeri. Obat ini dapat membantu meredakan nyeri akibat ambeien. Namun, pastikan obat-obatan yang diberikan aman untuk anak dan dosisnya sesuai petunjuk penggunaan atau resep dokter.

5. Mengoleskan salep ambeien

Obat ambeien tersedia dalam bentuk salep. Cukup oleskan salep tipis-tipis ke area anus yang meradang atau bengkak dengan aplikator. Akan tetapi, sebelum Anda menggunakan salep ambeien yang dijual bebas untuk anak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

6. Menggunakan pelunak feses

Jika ambeien menyebabkan anak sulit BAB, Anda bisa memberikan pelunak feses. Obat ini dapat membantu membuat feses menjadi lebih lunak sehingga mempermudah anak untuk BAB. Namun, pastikan obat tersebut aman untuk anak dan digunakan dengan tepat.Jika ciri-ciri ambeien pada anak tidak kunjung membaik, segera periksakan si kecil ke dokter. Pada kasus yang parah, dokter mungkin akan menyarankan tindakan operasi untuk mengatasinya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar ambeien pada anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit anaksembelitwasir
Healthline. https://www.healthline.com/health/baby-hemorrhoids#treatment
Diakses pada 30 September 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/piles-hemorrhoids-in-children-causes-symptoms-and-treatment/
Diakses pada 30 September 2021
Web MD. https://www.webmd.com/children/guide/constipation-treatment
Diakses pada 30 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait