Begini Ternyata Aturan Minum Air Putih yang Benar

Aturan minum air putih yang tepat ternyata bukan 8 gelas sehari.
Salah satu aturan minum air putih ternyata bukan 8 gelas per hari.

Cairan merupakan salah satu komponen penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Untuk memenuhi asupan cairan tubuh, Anda dapat menyiasatinya dengan rutin minum air putih secara teratur dengan jumlah yang cukup. Meski demikian, terdapat aturan minum air putih yang perlu Anda ketahui.

Sebab, kekurangan maupun kelebihan asupan air putih, sama-sama dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Simak dan terapkan aturan minum air putih berikut ini, demi tubuh yang senantiasa sehat.

Aturan minum air putih yang mungkin belum Anda ketahui

Anda mungkin terbiasa mendengar anjuran untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air per hari. Padahal, aturannya tidak seperti itu, lho. Jadi, seperti apa aturan minum putih yang sebaiknya dijalankan, untuk menjaga kesehatan tubuh?

1. Bukan 8 gelas per hari:

Tak banyak yang menyadari, aturan populer soal minum air putih 8 gelas per hari tidak memiliki bukti ilmiah yang kuat. Justru aturan minum air putih yang tepat menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board adalah 2,7 liter per hari bagi wanita. Sementara itu, pria membutuhkan 3,7 liter air putih per hari.

2. Minum air putih setelah bangun tidur:

Aturan selanjutnya adalah minum air putih setiap bangun tidur Anda sebaiknya mengonsumsi 1-2 gelas air putih setiap harinya, sesudah bangun.

Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu mengisi ulang kembali cairan yang hilang ketika Anda terlelap selama 7-8 jam. Selain itu, minum air putih setelah bangun tidur juga dapat membantu proses metabolisme tubuh serta membuang racun dari dalam tubuh.

3. Minum air putih sebelum makan:

Minum air putih sekitar 30 menit sebelum makan dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Namun, jumlahnya juga perlu diperhatikan. Anda cukup minum 1 gelas. Sebab, kadar air putih yang berlebihan, dapat mengganggu proses pelarutan makanan dan fungsi enzim yang diperlukan saluran pencernaan dalam mencerna makanan.

4. Minum air putih ketika merasa lelah:

Lebih dari 60% fungsi tubuh bergantung pada air, tak terkecuali otak dan sistem saraf. Kekurangan air dapat menyebabkan tubuh mengalami kelelahan, kehilangan konsentrasi, sakit kepala, depresi, kesulitan tidur dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Untuk mengatasinya, biasakanlah untuk selalu minum air putih ketika merasa lelah.

5. Minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga:

Salah satu kegiatan yang dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan cairan adalah berolahraga. Sebab ketika berolahraga, banyak cairan di dalam tubuh yang dikeluarkan melalui keringat.

Maka dari itu, untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan kekuatan otot tubuh, Anda sangat disarankan minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga.

6. Minum air putih sebelum tidur:

Setelah lelah menjalani aktivitas sepanjang hari, Anda juga disarankan minum air putih sebelum tidur. Langkah sederhana ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Dengan demikian, tidur pun menjadi lebih nyenyak.

7. Minum air putih ketika sakit:

Aturan lainnya yaitu untuk minum air putih ketika sakit. Ternyata, air putih dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh yang diperlukan ketika sakit.

8. Tidak minum air putih berlebihan:

Jika kekurangan cairan dapat mengganggu fungsi organ tubuh, kelebihan cairan atau overhidrasi juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Overhidrasi terjadi akibat tubuh mengalami keracunan air atau hiponatremia.

Saat hal ini terjadi, kadar natrium dalam aliran darah menurun akibat kelebihan air. Pada kasus yang lebih parah, overhidrasi dapat menyebabkan tubuh mengalami kejang dan koma bahkan berujung pada kematian. Individu yang mengalami overhidrasi akan merasakan gejala berupa sakit kepala, kram otot, mual, muntah dan diare. Hal ini terjadi karena ginjal menampung begitu banyak air.

Selain itu, minum air putih secara berlebihan juga dapat menyebabkan konsentrasi garam dalam darah berkurang. Akibatnya, terjadi pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Untuk menghindari bahaya overhidrasi, pastikan Anda minum air putih secara cukup serta mengenali waktu merasa haus dan benar-benar membutuhkan air putih.

Air putih, minuman “super” dengan segudang manfaat kesehatan

Mengonsumsi air putih dengan teratur bisa meningkatkan
fungsi otak.

Selain menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, air putih juga berperan untuk membantu sistem metabolisme tubuh, melancarkan proses pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi darah hingga menjaga suhu tubuh.

  • Meningkatkan fungsi otak:

    Minum air putih secara teratur dapat mencegah gangguan pada otak, seperti kehilangan konsentrasi hingga sakit kepala akibat dehidrasi.
  • Melancarkan sistem pernapasan:

    Minum air putih secara teratur juga dapat melancarkan sistem pernapasan. Sebab saat tubuh kekurangan cairan, jalan napas akan terhambat.
  • Menjaga kesehatan kulit:

    Ketika tubuh kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, kulit akan terlihat kering dan keriput. Minum air putih secara teratur dapat menjaga kesehatan kulit yang selalu memerlukan asupan cairan.
  • Menurunkan kelebihan berat badan:

    Minum air putih dalam jumlah yang cukup secara teratur juga dapat meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh. Proses metabolisme yang berjalan baik dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori. Akhirnya, kelebihan berat badan pun bisa dihilangkan.
  • Menjaga kesehatan ginjal:

    Cairan tubuh mengangkut sisa produk limbah melewati ginjal untuk dikeluarkan melalui urine. Ginjal akan melakukan tugasnya untuk membersihkan tubuh dari racun selama asupan cairan tercukupi. Untuk itulah minum air putih dapat menjaga kesehatan ginjal.

Catatan dari SehatQ:

Air putih memang terlihat sebagai minuman biasa, tapi manfaatnya luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan malas lagi untuk minum air putih. Langkah sederhana ini bisa mengubah hidup Anda menjadi lebih sehat.

Healthline.
https://www.healthline.com/health/overhydration
Diakses pada 9 Maret 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/how-much-water-should-you-drink-per-day#section2
Diakses pada 9 Maret 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-water#section1
Diakses pada 9 Maret 2020

WebMD.
https://www.webmd.com/diet/features/6-reasons-to-drink-water#2
Diakses pada 9 Maret 2020

Mayo Clinic.
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256
Diakses pada 9 Maret 2020

Artikel Terkait