Beragam Tipe Sepatu Olahraga Wanita, Mana yang Harus Anda Pilih?


Ada beberapa jenis sepatu olahraga wanita yang bisa dipilih, mulai dari sepatu lari, sepatu basket, cross trainer, hingga sepatu sepak bola. Sebelum membeli, pastikan Anda mencobanya di kedua kaki.

(0)
15 Mar 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Sepatu olahraga wanita antara lain tersedia untuk aktivitas lariRunning shoes termasuk salah satu jenis sepatu olahraga wanita
Sepatu olahraga wanita adalah salah satu perlengkapan penunjang utama dalam berolahraga. Saat mengenakan sepatu yang pas, Anda bukan hanya merasa nyaman saat beraktivitas, melainkan juga memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami cedera.Mengingat banyaknya model sepatu olahraga wanita yang dijual di pasaran, Anda sebaiknya mengetahui prinsip dasar dalam memilih jenis sepatu olahraga yang pas. Apa saja itu?

Jenis sepatu olahraga wanita

Sepatu lari dapat menghindarkan kaki dari kram otot
Model sepatu olahraga wanita biasanya dibagi berdasarkan jenis olahraganya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Sepatu lari

Sepatu lari yang baik biasanya memiliki bantalan yang membuat kaki nyaman saat berlari. Sepatu lari dirancang untuk gerakan maju dan melindungi bagian depan kaki dan tumit Anda. Sepatu olahraga wanita yang baik dapat membantu Anda menghindari terkilir, kram otot, tendinitis, dan masalah lainnya.

2. Sepatu minimalis

Sepatu minimalis adalah tipe sepatu dengan desain ringan, fleksibel, dan tidak memiliki banyak bantalan. Sepatu ini lebih cocok digunakan untuk aktivitas santai, dan tidak cocok dipakai untuk lari atau bahkan jogging karena ada riset yang menunjukkan pengguna sepatu minimalis lebih rentan cedera jika berolahraga intens, seperti lari.

3. Sepatu tenis

Saat bermain tenis, Anda akan banyak bergerak cepat dari sisi kanan ke kiri atau sebaliknya sehingga membutuhkan sepatu yang memberikan dukungan di dalam dan di luar kaki, serta bersifat fleksibel pada telapak kaki. Oleh karena itu, pilih sepatu bersol lembut jika Anda bermain di lapangan lunak atau sepatu dengan jahitan lebih banyak apabila lebih sering bermain di lapangan keras.

4. Cross trainer

Sepatu olahraga wanita ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk melakukan lebih dari satu jenis olahraga. Carilah model sepatu olahraga wanita yang fleksibel di bagian depan jika Anda lebih sering jogging atau lari. Namun pilih sepatu yang memiliki sokongan di bagian samping jika Anda lebih sering menggunakannya untuk bermain tenis atau aerobik.

5. Sepatu basket

Tipikal sepatu basket ialah memiliki sol yang kaku karena fungsinya ialah untuk memberi stabilitas ekstra saat Anda bergerak di lapangan. Pastikan sepatu olahraga yang Anda pilih bertipe high-top yang menopang pergelangan kaki selama melakukan perubahan arah yang cepat maupun melompat dan mendarat.

6. Sepatu sepak bola

Wanita bermain sepak bola? Mengapa tidak? Pastikan Anda memakai sepatu dengan stud (pull) di bagian solnya. Stud pada sepatu olahraga wanita ini berfungsi memberi Anda daya tarik di atas rumput.Selain keenam tipe sepatu olahraga wanita di atas, ada beberapa jenis sepatu lainnya dengan desain khusus. Contohnya, ada jenis sepatu golf, sepatu khusus bersepeda, maupun tipe sepatu untuk olahraga rekreasional, seperti hiking, memancing, hingga kano.

Bagaimana cara memilih sepatu olahraga wanita yang baik?

Cobalah sepatu pada kedua kaki
Untuk memastikan Anda memilih sepatu olahraga wanita yang baik, ada baiknya mengikuti tips berikut ini:
  • Lakukan riset sebelum membeli

    Setiap cabang olahraga memiliki spesifikasi ideal untuk jenis sepatu olahraga wanita yang sebaiknya Anda kenakan.
  • Beli pada sore maupun malam hari atau setelah berolahraga

    Inilah saat yang tepat untuk mengetahui ukuran pas kaki Anda.
  • Pakai kaus kaki

    Jangan membeli sepatu yang hanya pas di kaki saat tidak mengenakan kaus kaki karena sepatu akan terasa sesak ketika mengenakan kaus kaki, apalagi yang tebal, saat berolahraga.
  • Cobalah sepatu kanan dan kiri

    Pilih sepatu yang terasa pas untuk kedua kaki Anda.
  • Beri jarak

    Setidaknya harus ada jarak 1 cm antara jari kaki terpanjang dan ujung sepatu agar jari-jari kaki tetap leluasa bergerak dan sepatu tidak terasa sesak saat dikenakan.
  • Kencangkan tali sepatu

    Pastikan model tali sepatu olahraga wanita yang Anda pilih sesuai dengan struktur kaki.
  • Berjalan

    Cobalah gunakan sepatu untuk berjalan di sekitar rak atau toko untuk memastikan kenyamanannya.
  • Minta sepatu yang masih di dalam kotak

    Pastikan juga kondisi sepatu masih bagus, seperti bantalan yang masih tebal, jahitan yang rapi, serta lem yang masih menempel dengan baik.
Pastikan sepatu olahraga wanita itu sesuai dengan anatomi kaki, salah satu indikatornya adalah terasa nyaman saat dikenakan. Yang tak kalah penting, sesuaikan model sepatu olahraga wanita dengan budget Anda.
olahragatips olahragakakikaki rata
WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/ss/slideshow-different-types-athletic-shoes
Diakses pada 6 Maret 2021
AOFAS. https://www.footcaremd.org/resources/how-to-help/how-to-select-athletic-shoes
Diakses pada 6 Maret 2021
AAOS. https://orthoinfo.aaos.org/en/staying-healthy/athletic-shoes/
Diakses pada 6 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait