Tips Memilih Sepatu Olahraga Pria yang Harus Anda Ketahui


Anda bisa melihat berbagai pilihan sepatu olahraga pria. Sebelum membelinya, ada baiknya Anda mencobanya dengan kaus kaki di kedua kaki, memberi jarak dengan ujung sepatu, serta berjalanlah dengan sepatu tersebut.

(0)
16 Mar 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada sepatu olahraga pria yang dirancang untuk olahraga rekreasionalPilihlah sepatu olahraga pria sesuai tujuan penggunaannya
Banyak sekali jenis sepatu olahraga pria yang dijual di pasaran, mulai dari sepatu sepak bola, sepatu futsal, sepatu lari, hingga sepatu tenis. Apa perbedaan dasar dari model sepatu olahraga ini? Lalu, aspek apa saja yang harus Anda perhatikan saat memilih sepatu olahraga laki-laki?Tidak sedikit pria yang sering mengenakan satu jenis sepatu saja untuk berbagai keperluan. Misalnya, sepatu lari juga digunakan untuk bermain tenis, bulu tangkis, futsal, dan sebagainya.Hal ini sah-sah saja selama Anda merasa nyaman dengan sepatu tersebut. Kendati demikian, jika rutin melakukan jenis olahraga tertentu, semisal bermain futsal seminggu 2 kali atau berlatih tenis setiap akhir pekan, Anda sangat disarankan untuk memiliki jenis sepatu olahraga yang khusus diperuntukkan bagi olahraga tersebut, salah satunya agar tidak rawan cedera.

Apa saja jenis sepatu olahraga pria?

Ada sepatu olahraga pria khusus untuk bersepeda
Secara garis besar, jenis-jenis sepatu olahraga pria ialah sebagai berikut.

1. Sepatu running

Seperti namanya, sepatu ini banyak digunakan untuk berolahraga lari, jogging, dan berjalan santai. Namun pada praktiknya, sepatu ini sangat nyaman sehingga juga sering digunakan untuk hiking dan latihan kebugaran (senam aerobik).

2. Sepatu lapangan indoor

Sepatu olahraga pria ini bisa digunakan untuk melakukan olahraga-olahraga di dalam ruangan yang permukaan lapangannya rata, seperti bulu tangkis, futsal, bola voli, dan bola basket. Sepatu ini haruslah memiliki sol yang mencengkeram dan jahitan kuat karena mengharuskan penggunanya untuk bergerak sangat aktif, baik ke depan-belakang maupun ke samping kanan-kiri.

3. Sepatu lapangan outdoor

Sepatu ini banyak digunakan oleh mereka yang gemar bermain sepak bola dan baseball. Sepatu olahraga laki-laki ini biasanya memiliki tonjolan di bagian bawah solnya. Namun karakteristik tonjolan ini akan menyesuaikan dengan jenis olahraga outdoor yang dimainkan.

4. Sepatu track and field

Sepatu ini mirip dengan sepatu lari atau jogging. Hanya saja, sepatu ini biasanya dirancang lebih advanced duntuk atlet atletik yang berlatih di lintasan khusus atletik. Tidak jarang, sepatu track and field ini adalah sepatu modifikasi khusus yang dibuat untuk individual atlet itu sendiri.

5. Sepatu olahraga lainnya

Sepatu olahraga ini bisa digunakan untuk bermain olahraga khusus, seeprti golf, senam irama, maupun bersepeda. Ada pula sepatu olahraga laki-laki yang dibuat untuk tujuan olahraga rekreasional, seperti berburu, memancing, dan bermain kano.

Tips memilih sepatu olahraga pria yang tepat

Coba sepatu dengan menggunakan kaus kaki
Memilih sepatu olahraha pria yang tepat sangat penting untuk menghindarkan Anda dari cedera, bahkan mampu menunjang pergerakan sehingga performa Anda lebih baik saat berolahraga.Untuk mendapatkan manfaat ini, lakukan tips dari American Academy of Orthopaedic Surgeons (AAOS) berikut ini saat memilih sepatu olahraga pria:
  • Lakukan riset sebelum membeli

    Beda jenis olahraga, beda pula model sepatu yang Anda butuhkan. Beli pada sore atau malam hari atau setelah berolahraga. Pada saat inilah ukuran kaki Anda pas dan tidak bengkak.
  • Cobalah sepatu kanan dan kiri

    Selain itu, periksa sepatu pada permukaan yang rata untuk memastikan sepatu tersebut lurus, rata, dan tanpa cacat.
  • Pakai kaus kaki

    Hal ini untuk memastikan ukuran sepatu olahraga laki-laki yang akan Anda beli tidak kesempitan saat digunakan dalam olahraga yang sebenarnya.
  • Beri jarak

    Setidaknya harus ada jarak 1 cm antara jari kaki terpanjang dan ujung sepatu agar dapat menggerakkan jari-jari kaki Anda dan sepatu tidak terasa sesak saat dipakai berolahraga.
  • Berjalan

    Saat Anda mencoba sepatu, berjalanlah di sekitar toko pada permukaan yang berbeda (misalnya karpet dan ubin) untuk memastikan kenyamanannya.
  • Kencangkan tali sepatu

    Hal ini bertujuan agar kaki Anda aman di dalam sepatu. Pastikan juga model tali sepatu olahraga pria yang Anda pilih sesuai dengan struktur kaki.
  • Minta sepatu yang masih di dalam kotak

    Sepatu yang dipajang dikhawatirkan sudah dalam kondisi tidak prima, misalnya bantalan menipis atau jahitan mengendur.
Nah, sekarang Anda sudah siap memilih sepatu olahraga pria yang nyaman!
olahragatips olahragahidup sehat
WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/ss/slideshow-different-types-athletic-shoes
Diakses pada 6 Maret 2021
AAOS. https://orthoinfo.aaos.org/en/staying-healthy/athletic-shoes/
Diakses pada 6 Maret 2021
AOFAS. https://www.footcaremd.org/resources/how-to-help/how-to-select-athletic-shoes
Diakses pada 6 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait