Tips Memilih Sepatu Futsal yang Nyaman Digunakan Saat Bermain


Ada berbagai model dan merek sepatu futsal yang bisa Anda jumpai di toko offline maupun online. Pertimbangkanlah pemakaiannya, bahan, dan harga, sebelum membeli.

(0)
05 Mar 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Sepatu futsal untuk lapangan datar, memiliki sol yang juga datar.Sepatu futsal dengan sol datar direkomendasikan untuk permainan di lapangan datar.
Meski sama-sama merupakan olahraga bola sepak, futsal memiliki berbagai perbedaan dari sepak bola, salah satunya dari penggunaan sepatunya. Seperti apa karakteristik sepatu futsal yang baik dan bagaimana cara memilihnya?Pertama-tama, Anda perlu memahami bahwa sepatu sepak bola tidak bisa digunakan untuk bermain futsal. Perbedaan mendasar antara sepatu futsal dengan sepatu sepak bola terletak pada stud (tonjolan) di bagian bawahnya (outsole). Sepatu sepak bola memiliki stud yang lebih banyak dan tajam dibanding sepatu futsal.Sepatu futsal sendiri biasanya dilengkapi dengan outsole karet yang tahan lama dan sepintas mirip dengan sepatu basket. Ada pula sepatu futsal yang memiliki stud untuk dimainkan di lapangan futsal berumput sintetis, meski bentuk stud-nya tidak setajam sepatu sepak bola.

Tips memilih sepatu futsal yang tepat

Saat memilih sepatu futsal, ada beberapa hal yang sebaiknya menjadi pertimbangan.

1. Lapangan datar atau rumput?

Di ajang internasional, lapangan futsal memang harus berupa lapangan yang mulus, datar, dan tidak kasar. Lapangan ini bisa terbuat dari material sintetis atau kayu seperti halnya lapangan basket.Kendati demikian, lapangan futsal di ajang tidak resmi (termasuk di lapangan futsal rental) bisa juga menggunakan rumput sintetis. Beda material lantai lapangan ini, beda pula jenis sepatu futsal yang sebaiknya Anda kenakan.Sepatu futsal untuk lapangan datar yang mirip basket atau voli memiliki sol karet karet datar. Sepatu futsal ini juga sangat ringan dan sederhana, serta sangat stylish sehingga sekaligus bisa dijadikan sepatu untuk bepergian maupun beraktivitas sehari-hari.Sol luar karet pada sepatu futsal jenis ini juga tidak memiliki tanda, fleksibel, dan sering kali dilengkapi pola tapak yang rumit untuk memberikan traksi maksimum saat bermain futsal. Sebagai rekomendasi, carilah sepatu futsal yang lentur dan tidak rawan slip.Di sisi lain, sepatu futsal untuk lapangan rumput berbentuk mirip sepatu sepak bola, tapi dengan stud lebih rendah. Sepatu ini biasanya lebih tebal, memiliki desain kurang dinamis, tapi memungkinkan Anda untuk menjejak lapangan rumput dengan baik.

2. Pilih bahan sesuai preferensi 

Sepatu futsal bisa berbahan kulit maupun sintetis
Setelah mengetahui medan, langkah selanjutnya adalah memilih bahan sepatu futsal itu sendiri. Secara garis besar, terdapat 2 tipe bahan yang digunakan, yakni bahan kulit dan bahan sintetis.Sepatu futsal dari bahan kulit memiliki sifat yang fleksibel, lembut, serta sesuai dengan kaki Anda. Sepatu ini enak disentuh, tapi sangat mudah melar, apalagi jika sering digunakan. Bahan kulit sendiri terbagi atas beberapa jenis, seperti:
  • Kulit suede:

    Kulit dengan lapisan atas yang dihilangkan ini memberi efek lebih lembut saat disentuh.
  • Kulit kanguru:

    Juga dikenal sebagai k-leather, kulit kangguru menawarkan kenyamanan, harga yang mahal, tapi tidak tahan lama seperti kulit lainnya.
  • Kulit anak sapi:

    Tidak semahal k-leather, kulit anak sapi tetap enak disentuh, fleksibel, dan daya tahan yang baik, meski lebih berat dari k-leather.
  • Full grain leather:

    Kulit jenis ini lebih tebal dan lebih tahan lama dibandingkan kulit anak sapi atau kulit kanguru, tapi bobotnya paling berat di antara jenis kulit lainnya.
Sementara itu, bahan sintetis yang digunakan di sepatu futsal memang lebih ringan, lebih tipis, dan lebih tahan lama daripada kulit asli, tapi kurang fleksibel. Beberapa jenis bahan sintetis yang biasa digunakan sebagai bahan dasar sepatu futsal adalah:
  • Kulit sintetis:

    Terasa seperti kulit asli, kulit sintetis biasanya sedikit kasar saat disentuh.
  • Mesh:

    Dibanding kulit sintetis, mesh lebih tipis, tidak membuat gerah, sangat ringan, tapi kurang mendukung tendangan yang kencang.

3. Ada harga, ada rupa

Jika Anda rutin bermain futsal, misalnya tergabung dengan sebuah klub atau sering mengikuti turnamen tertentu, tidak ada salahnya berinvestasi dengan membeli sepatu futsal berkualitas baik dengan harga lebih mahal. Sepatu futsal yang lebih mahal juga biasanya lebih awet sehingga Anda tidak perlu sering-sering menggantinya dengan yang baru.Sementara itu dari segi bahan, sepatu futsal yang terbuat dari kulit sintetis adalah pilihan terbaik dan tahan lama. Perhatikan juga jahitan atau lem yang digunakan agar sepatu dipastikan kuat, fleksibel, serta mendukung pergerakan Anda selama bermain futsal.
olahragatips olahragahidup sehatmanfaat sepak bolasepak bola
Shoe Guide. https://www.shoeguide.org/indoor-soccer-shoes/
Diakses pada 26 Februari 2021
Universitas Udayana. https://sinta.unud.ac.id/uploads/wisuda/0904205042-3-bab2.pdf
Diakses pada 26 Februari 2021
Athlete Audit. http://athleteaudit.com/how-to-choose-indoor-soccer-shoes/
Diakses pada 26 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait