Senyawa Flavonoid, Benteng Pertahanan Tubuh dari Penyakit

Makanan dengan kandungan senyawa flavonoid seperti dark chocolate dapat membantu mengatasi peradangan
Dark chocolate merupakan salah satu makanan dengan kandungan senyawa flavonoid yang tinggi

Tidak berlebihan jika sejak dulu orangtua hingga kakek nenek kerap menyarankan mengonsumsi sayur dan buah-buahan sejak kecil. Salah satu yang diincar dari konsumsi makanan baik itu adalah senyawa flavonoid. Ini adalah senyawa kaya antioksidan yang sangat baik untuk kekebalan tubuh.

Dari kumpulan fitonutrien, senyawa flavonoid adalah yang terbesar dengan banyak sekali jenisnya. Sejak dulu, senyawa flavonoid menjadi andalan untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Manfaat senyawa flavonoid bagi tubuh

Ada banyak sekali penelitian ilmiah yang semakin menguatkan manfaat senyawa flavonoid bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

1. Panjang umur

Ada sebuah penelitian yang dilakukan dalam skala besar dengan durasi yang tidak tanggung-tanggung: selama 25 tahun. Dari penelitian yang diunggah di jurnal Archives of Internal Medicine tersebut, 7 pria dari negara-negara berbeda di penjuru dunia merasakan manfaat usia lebih panjang berkat konsumsi makanan kaya senyawa flavonoid.

Para peneliti menarik kesimpulan bahwa konsumsi flavonoid memegang andil setidaknya 25% terhadap usia lebih panjang, terutama bagi penderita kanker dan penyakit jantung koroner.

2. Mengendalikan berat badan

Senyawa flavonoid juga dikenal dengan khasiatnya sebagai makanan anti inflamasi alami dan mengendalikan berat badan. Kandungan senyawa flavonoid dapat meredakan peradangan dan menekan hormon pemicu rasa lapar yaitu leptin.

3. Mencegah penyakit jantung

Mengingat senyawa flavonoid kaya akan antioksidan dan sifat anti inflamasinya, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa makanan kaya senyawa flavonoid dapat menjaga kolesterol baik dari paparan radikal bebas

Tak hanya itu, makanan kaya senyawa flavonoid juga dapat meningkatkan kualitas dinding pembuluh darah. Artinya, jantung semakin sehat dan terjamin dalam menjalankan tugasnya memompa darah ke seluruh tubuh.

4. Diabetes

Sebuah penelitian pada tahun 2013 menemukan fakta bahwa penderita diabetes tipe 2 yang rutin mengonsumsi makanan tinggi senyawa flavonoid terbukti mengalami perbaikan fungsi vaskular dan mengurangi risiko diabetes.

5. Mencegah kanker

Salah satu penelitian paling menjanjikan terkait hubungan antara senyawa flavonoid dengan kanker payudara dan kanker usus terjadi pada tahun 2003 lalu. Senyawa flavonoid rupanya berdampak sangat baik terhadap paru-paru, mulut, usus, kulit, dan bagian tubuh lainnya yang mengalami kanker.

Makanan kaya senyawa flavonoid

Mengingat banyaknya manfaat dari senyawa flavonoid, sayang melewatkan makanan-makanan tinggi flavonoid seperti berikut ini:

  • Anggur merah
  • Apel (bagian kulit), ingat untuk mencuci kulitnya secara bersih karena bisa mengandung pestisida
  • Asparagus
  • Berries 
  • Bawang putih
  • Jeruk
  • Brokoli
  • Dark chocolate dan cocoa
  • Kubis
  • Sayuran berdaun hijau
  • Teh hijau

Untuk memastikan Anda mendapatkan asupan senyawa flavonoid yang cukup, idealnya kebutuhan tubuh adalah 500 miligram setiap harinya. Ini sama seperti secangkir teh hijau, sebutir apel, sebutir jeruk, ½ cangkir blueberry, dan juga satu cangkir brokoli.

Jika belum terbayang bagaimana mengonsumsi makanan tinggi senyawa flavonoid sebanyak itu dalam sehari, setidaknya targetkan untuk mengonsumsi satu makanan mengandung flavonoid dalam setiap jadwal makan Anda.

Sebisa mungkin, konsumsi makanan-makanan di atas yang belum melalui proses masak terlalu panjang. Semakin banyak proses masak, semakin besar kemungkinan kandungan senyawa flavonoid berkurang. 

Tidak harus selalu mentah juga karena tubuh juga memerlukan serat dari proses masak. Namun sebisa mungkin mengolah secara sederhana sehingga kandungan senyawa flavonoidnya tetap utuh. Contohnya, brokoli yang dikukus dan tidak diolah dalam tumisan.

Jadi, sudah makan makanan kaya senyawa flavonoid-kah Anda hari ini?

Health. https://www.health.com/nutrition/flavonoid-rich-foods
Diakses 6 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/phytonutrients#types
Diakses 6 November 2019

Live Science. https://www.livescience.com/52524-flavonoids.html
Diakses 6 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326042.php#1
Diakses 6 November 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7848021
Diakses 6 November 2019

NHS. https://www.nhs.uk/news/food-and-diet/high-flavonoid-foods-like-berries-and-apples-prevent-weight-gain/
Diakses 6 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed