Pentingnya Sense of Belonging atau Rasa Memiliki dalam Kehidupan Sehari-hari


Sense of belonging sangat penting dimiliki karena dapat meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan secara keseluruhan. Rasa ini juga membantu mencegah depresi, kecemasan, hingga munculnya keinginan untuk bunuh diri.

0,0
Sense of belonging adalah perasaan yang melibatkan rasa memiliki dalam diri seseorangRasa memiliki bisa membuat hubungan Anda dengan orang lain menjadi lebih langgeng
Sense of belonging atau rasa memiliki merupakan salah satu hal yang penting dalam hidup. Ketidakhadiran rasa ini dalam diri dapat memberi pengaruh buruk terhadap cara seseorang berpikir dan berperilaku.Tak hanya itu, absennya sense of belonging juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Untuk mencegah hal-hal buruk tersebut, penting bagi Anda untuk memahami bagaimana cara mengembangkan rasa memiliki dalam diri.

Apa itu sense of belonging?

Sense of belonging adalah perasaan yang melibatkan rasa memiliki dalam diri seseorang. Rasa ini berpusat pada penerimaan, perhatian, serta dukungan yang Anda berikan kepada orang lain, begitu juga sebaliknya.Sebagai contoh, Anda baru saja diterima di tempat kerja baru. Tidak adanya rasa memiliki membuat Anda bekerja hanya sekedar untuk mencari uang saja, tanpa memikirkan aspek lainnya, misalnya cara memajukan perusahaan atau metode untuk meraih capaian tertentu.Dengan adanya sense of belonging, hidup Anda akan menjadi penuh motivasi. Selain itu, adanya rasa memiliki juga bisa berdampak baik terhadap kesehatan mental dan hubungan Anda dengan orang lain.

Pentingnya sense of belonging dalam hidup

Sense of belonging penting untuk dimiliki semua orang. Rasa memiliki bisa membuat hubungan Anda dengan orang lain menjadi lebih langgeng. Selain itu, perasaan ini juga dapat memotivasi Anda untuk ikut aktif secara sosial.Dalam teori hierarki kebutuhan yang ditulis oleh Abraham Maslow, rasa memiliki adalah salah satu kebutuhan yang memotivasi perilaku manusia. Sense of belonging merupakan kebutuhan yang berada pada puncak piramida kebutuhan sosial Maslow, selain cinta.Sementara itu, sebuah penelitian berjudul “Intelligence, Belongingness, and Mental Health in College Students” menyebut bahwa rasa memiliki dapat meningkatkan kesejahteraan, serta kebahagian secara keseluruhan.  Selain itu, perasaan ini juga mengurangi risiko kesehatan mental seperti:Jika Anda mengalami gejala masalah kesehatan mental tertentu akibat kurangnya sense of belonging, segeralah berkonsultasi ke dokter. Langkah ini penting dilakukan untuk mencegah kondisi Anda bertambah parah.

Cara meningkatkan sense of belonging dalam diri

Melihat dampak positif yang bisa ditimbulkan oleh perasaan ini, penting bagi Anda memahami bagaimana cara meningkatkan sense of belonging dalam diri. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan, antara lain:
  • Sembuhkan luka diri

Beberapa orang tidak punya sense of belonging karena mempunyai luka masa lalu yang masih membekas. Jika Anda termasuk salah satunya, cobalah untuk menyembuhkan luka itu terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda ke depannya akan lebih mudah mengembangkan rasa memiliki di dalam diri.
  • Belajar menerima

Belajar menerima keadaan dan orang lain merupakan salah satu cara meningkatkan rasa memiliki dalam diri. Saat berada dalam kelompok, cobalah untuk fokus dengan persamaan, bukan perbedaan satu sama lain. Cobalah terbuka pada cara berpikir baru dan hal-hal yang dapat membuat Anda tetap terkoneksi dengan orang lain.
  • Sabar

Untuk dapat menerima keadaan atau orang lain, Anda membutuhkan kesabaran. Di sisi lain, Anda juga perlu bersabar untuk mendapatkan penerimaan, perhatian, maupun dukungan dari orang lain.
  • Berusaha dengan keras

Menumbuhkan rasa memiliki dalam diri membutuhkan usaha yang keras. Sebagai permulaan, Anda bisa mencari kegiatan atau bergabung ke kelompok dengan minat sama, yang membuat terlibat aktif bersosialisasi dengan orang lain.

Catatan dari SehatQ

Sense of belonging adalah perasaan yang melibatkan rasa memiliki. Rasa ini sangat penting dalam hidup karena bisa membuat hubungan dengan orang lain menjadi lebih langgeng, ikut termotivasi untuk aktif secara sosial, hingga mengurangi risiko mengalami masalah kesehatan mental tertentu.Cara mengembangkan rasa memiliki dalam diri dapat dilakukan dengan menyembuhkan luka diri, belajar menerima situasi dan orang lain, serta terlibat aktif dalam kegiatan sosial. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam mengembangkan rasa ini, konsultasikan dengan profesional untuk mendapatkan bantuan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
menjalin hubungan
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/advantages-of-being-shy-3024704
Diakses pada 26 September 2021
Harley Therapy. https://www.harleytherapy.co.uk/counselling/shyness-in-adults.htm
Diakses pada 26 September 2021
Truity. https://www.truity.com/blog/10-oddly-helpful-benefits-being-shy
Diakses pada 26 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait