Sendawa Bau: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

(0)
20 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sendawa bau bisa bikin malu saat ada teman-teman bertamu.Jangan biarkan sendawa bau bikin rasa percaya diri Anda turun!
Sendawa bau terkadang bisa bikin malu. Bayangkan jika Anda sedang berbincang dengan teman, kemudian sendawa bau keluar dari mulut. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman pada orang di sekitar, sendawa bau ternyata bisa menandakan penyakit di dalam tubuh kita.Oleh karena itu, mengenal berbagai penyebab sendawa bau dan cara mengatasinya, bisa menyelamatkan Anda dari aroma tak sedap dari sendawa.

Sendawa bau, apa penyebabnya?

Sebelum mengenal berbagai penyebab sendawa bau, ketahui dulu bahwa sendawa adalah usaha tubuh dalam mengeluarkan gas yang menumpuk di saluran pencernaan.Saat sendawa terjadi, gas yang ada di sistem pencernaan akan naik dan dikeluarkan dari tubuh lewat mulut.
Seharusnya, sendawa tidak memiliki bau. Sebab, gas yang dikeluarkan saat sendawa seperti oksigen ataupun karbon dioksida, memang tidak memiliki aroma.
Namun terkadang, oksigen maupun karbon dioksida yang dikeluarkan saat sendawa bisa “bertemu” dengan sulfur di sistem pencernaan. Itulah salah satu penyebab sendawa bau yang sering terjadi.Selain itu, kenali juga berbagai penyebab sendawa bau lainnya di bawah ini:
  • Makanan

Saat makanan dipecah di dalam mulut dan sistem pencernaan oleh bakteri, gas hidrogen sulfida bisa muncul. Hal ini dapat menyebabkan sendawa bau busuk.Makanan penyebab sendawa bau di antaranya ialah yang berprotein tinggi ataupun minuman seperti bir.
  • Masalah pencernaan

Penyebab sendawa bau tidak hanya datang dari makanan yang disantap. Masalah pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS) hingga penyakit reflux gastroesophageal (GERD) juga bisa menyebabkan sendawa bau.Beberapa masalah pencernaan yang juga dikenal bisa menyebabkan sendawa bau ialah tukak lambung, gastritis (peradangan pada lapisan lambung), hingga infeksi Helicobacter pylori. Terkadang, penyebab sendawa bau tidak datang dari sistem pencernaan. Sebab, hal-hal seperti keracunan makanan, beberapa obat-obatan, gangguan mental seperti stres dan gangguan cemas, hingga kehamilan juga bisa menyebabkan sendawa bau.

Cara mengatasi sendawa bau

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Tidak terkecuali sendawa bau yang mengganggu. Selain mengobati berbagai penyakit yang menyebabkan sendawa bau, Anda juga bisa melakukan perubahan pola makan maupun langkah berikut ini untuk menghilangkan sendawa bau yang bikin malu.

1. Mengonsumsi teh herbal

Teh hijau
Mengonsumsi teh herbal untuk atasi sendawa bau
Meminum berbagai macam teh herbal, seperti teh peppermint ternyata bisa membantu Anda mengurangi kebiasaan sendawa. Tidak hanya itu, teh peppermint juga dinilai ampuh dalam menghilangkan bau mulut tak sedap. Teh herbal lainnya seperti teh chamomile pun dianggap mampu menghilangkan sendawa bau.

2. Mengonsumsi air putih lebih teratur

Minum
Minum air putih untuk atasi sendawa bau
Mengonsumsi air putih secara teratur dapat menjaga lambung dari bakteri yang menyerang, sehingga sendawa bau tak lagi datang.Minum air putih sebelum makan juga bisa membantu sistem pencernaan dalam mengatasi makanan yang kaya akan sulfur, sehingga sendawa bau dapat ditangani.

3. Mengonsumsi madu manuka

Madu manuka berpotensi ampuh dalam membunuh berbagai bakteri seperti Escherichia coli, Enterobacter aerogenes, Salmonella typhimurium, hingga Staphylococcus aureus yang bisa menyebabkan sendawa bau.

4. Mengurangi makanan pemicu sendawa bau

Makanan pemicu sendawa bau tentu akan berbeda-beda bagi setiap orang. Misalnya, brokoli dan bawang putih bisa memicu sendawa bau pada beberapa orang. Kemudian ada juga produk susu dan berbagai jenis gula yang bisa menyebabkan sendawa bau.

5. Mengurangi konsumsi alkohol

Mengurangi konsumsi alkohol dalam keseharian kita juga bisa mengatasi sendawa bau. Sebab, mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa meningkatkan risiko asam lambung, yang juga bisa menyebabkan sendawa bau.

6. Membatasi minuman bersoda

Minuman bersoda bisa menambah penumpukan gas dalam sistem pencernaan. Parahnya lagi, minuman bersoda bisa menyebabkan sendawa bau.Dengan membatasi minuman bersoda dalam keseharian Anda, maka sendawa bau dapat diatasi. Bahkan, risiko sendawa pun dapat dikurangi.

7. Mengurangi makanan bergula

Makanan bergula juga bisa menyebabkan sendawa bau. Sebab, gula yang masuk ke dalam sistem pencernaan menjadi makanan bagi para bakteri, sehingga gas hidrogen sulfida muncul. Maka dari itu, kurangilah makanan bergula pada pola makan Anda.Berbagai cara mengatasi sendawa bau di atas sebenarnya tidak sulit dilakukan. Kini saatnya Anda memantapkan niat untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat, sehingga sendawa bau tidak lagi datang.

Sebaiknya ke dokter jika mengalami kondisi ini

Jangan menganggap bahwa sendawa bau hanya karena makanan. Faktanya, ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan sendawa bau.Datanglah ke dokter untuk memastikan penyebab sendawa bau yang Anda alami. Jika perlu, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan antasida untuk mengeluarkan kelebihan gas di dalam tubuh Anda.Jika sendawa bau tetap muncul meskipun Anda sudah mengurangi makanan pemicu sendawa bau, itu bisa menandakan adanya gangguan pencernaan. Dokter bisa memberikan pengobatan sesuai keluhan Anda tersebut.
masalah pencernaangangguan pencernaanbau mulut
Healthline. https://www.healthline.com/health/sulfur-burps
Diakses pada 6 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319392#causes
Diakses pada 6 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait