Senam yang Membutuhkan Gerakan Keseimbangan, Kekuatan, dan Kelentukan, Apa Saja?


Senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan kekuatan dan kelentukan ikut dipertandingkan dalam Olimpiade Tokyo 2021. Salah satunya adalah senam artistik.

(0)
26 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan, kekuatan, dan kelentukan antara lain adalah senam lantaiSenam lantai adalah contoh senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan, kekuatan, dan kelentukan
Senam banyak jenisnya, antara lain senam lantai, senam irama (ritmik), senam aerobik, hingga senam artistik. Dari daftar tersebut, senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan, kekuatan, dan kelentukan ialah senam lantai dan senam artistik.Apa saja yang harus Anda ketahui tentang kedua jenis senam ini? Bagaimana pula cara untuk mempelajari gerakan dalam kedua nomor cabang olahraga tersebut? Berikut ini pembahasannya.

Senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan kekuatan dan kelentukan

Baik senam lantai maupun senam artistik sama-sama membutuhkan keseimbangan kekuatan serta kelentukan tubuh. Diperlukan kedisiplinan dalam berlatih untuk bisa melakukannya, sekaligus menghindari cedera.Berikut ini yang dilakukan dalam gerakan senam lantai dan senam artistik. Namun, jangan sekali-kali melakukannya sebagai pemula tanpa didampingi instruktur.
Kayang merupakan gerakan yang memerlukan kelentukan tubuh

1. Senam lantai

Senam lantai adalah salah satu disiplin dalam cabang olahraga senam yang dilakukan di lantai dengan beralaskan matras berukuran sekitar 12 meter persegi. Di sekolah-sekolah yang tidak memiliki matras, olahraga ini sering dilakukan di lapangan rumput agar para siswa tidak merasa sakit saat melakukan berbagai gerakan senam lantai ini.Prinsip senam lantai ialah serangkaian gerakan yang menggabungkan unsur fleksibilitas, kekuatan, loncatan, pegangan, dan keseimbangan. Gerakan-gerakan senam lantai biasanya dimulai dan diakhiri dengan serangkaian gerakan jatuh seperti jungkir balik (berguling), baik penuh maupun dengan setengah putaran (round off), dilanjutkan dengan handsprings dan jungkir balik, baik mundur atau maju, melompat, dan berputar di udara, menggunakan tumpuan tangan ataupun kaki untuk mempertahankan sikap seimbang.Contoh latihan senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan, kekuatan, dan kelentukan ini ialah:
  • Gerakan berguling (roll depan, roll belakang, atau gerakan guling lenting)
  • Gerakan kayang
  • Sikap lilin
  • Berdiri dengan tangan (handstand)

2. Senam artistik

Gerakan senam artistik menuntut pemainnya untuk mengutamakan kelentukan dan keseimbangan. Meski demikian, secara keseluruhan, salah satu disiplin dalam cabang olahraga senam ini mewajibkan atletnya menggabungkan kemampuan fisik dari kekuatan, koordinasi, fleksibilitas, dan keseimbangan beserta dengan kreativitas, estetika, dan ekspresi yang elegan.Dibandingkan senam lantai, senam artistik ini mungkin lebih sulit bila dilakukan oleh pemula. Salah satunya mengingat gerakan senam artistik mencakup semua elemen gerakan olahraga senam dengan memanfaatkan tubuh sendiri sebagai “alat”.Senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan, kekuatan, dan kelentukan ini juga menjadi salah satu disipin yang akan dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2021 mendatang. Atlet putra akan bertarung dalam 6 nomor, yakni:
  • Lantai
  • Kuda-kuda pelana (pommel horse)
  • Gelang-gelang (rings)
  • Vault (meja senam)
  • Palang sejajar
  • Palang horizontal
Sementara itu, atlet wanita akan memperebutkan medali di 4 nomor, yakni:
  • Vault
  • Uneven bar (palang tidak rata)
  • Balok
  • Lantai
Atlet pria dan wanita juga akan bertanding di kategori beregu. Setiap peralatan yang digunakan dalam senam artistik ini memberikan tantangan tersendiri bagi para atlet, mulai dari menguji kekuatan, kelincahan, koordinasi, kecepatan, hingga stamina mereka.Juri akan menilai setiap atlet berdasarkan kompleksitas dan estetika teknik yang mereka lakukan sambil mempertimbangkan aspek lain, seperti keseimbangan dan stabilitas.

Cara melatih senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan, kekuatan, dan kelentukan

Tai Chi dapat melatih keseimbangan tubuh
Bagi pemula, melakukan latihan senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan, kekuatan, dan kelentukan mungkin butuh ketekunan lebih. Beberapa gerakan yang dapat membantu Anda melatih keseimbangan antara lain:
  • Tightrope walk

    Rentangkan seutas tali di lantai (atau lakban), kemudian jalan di atasnya dengan tangan merentang ke samping. Lakukan bolak-balik masing-masing 15 langkah.
  • Rock the boat

    Berdiri dengan kaki dibuka selebar pinggul, lalu gerakkan tungkai kanan hingga membuka lebar ke arah depan (atau samping), dan kembali ke posisi semula tanpa telapak kaki menyentuh tanah. Ulangi gerakan sebanyak 10 kali, lakukan bergantian dengan kaki kiri.
  • Flamingo stand

    Berdiri dengan kaki rapat, lalu angkat paha kanan hingga tegak lurus dan membentuk sudut 90 derajat dengan kaki kiri, tahan posisi ini selama 15 detik. Lakukan langkah yang sama dengan paha kiri.
Sementara itu, kekuatan tubuh bagian atas maupun bagian bawah bisa dilatih dengan menggunakan alat (seperti latihan dumbbell atau barbel). PIlihan lainnya adalah dengan memanfaatkan berat tubuh. Jenis latihan yang bisa Anda lakukan antara lain:
  • Lunges
  • Sit up
  • Push up
  • Plank
  • Dumbbell shoulder press
Terakhir, kelentukan atau fleksibilitas tubuh bisa diasah dengan gerakan sederhana seperti halnya melakukan pemanasan sebelum berolahraga rutin. Anda juga bisa melakukan olahraga seperti yoga dan Tai Chi yang terbukti dalam melatih kelentukan tubuh.Keseimbangan, kekuatan, dan kelentukan merupakan inti dari olahraga senam yang bisa dilatih. Pastikan Anda melakukan latihan secara bertahap dengan bantuan instruktur, agar tubuh terbiasa dengan ritme olahraga yang satu ini.
olahragatips olahragahidup sehatpola hidup sehat
Universitas Negeri Malang. http://fik.um.ac.id/wp-content/uploads/2018/07/senam-dasar3-gabunganOK.pdf
Diakses pada 11 Januari 2020
Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/19789/4/s_pgsd_penjas_1105987_chapter2.pdf
Diakses pada 11 Januari 2020
Tokyo Olympics. https://tokyo2020.org/en/sports/artistic-gymnastics/
Diakses pada 11 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/exercises-for-balance
Diakses pada 11 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/strength-training-at-home
Diakses pada 11 Januari 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/flexibility-definition-and-examples-3496108
Diakses pada 11 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait