Lakukan Senam Kegel untuk Ibu Hamil Ini agar Proses Persalinan Lancar


Senam kegel atau senam ibu hamil memiliki berbagai manfaat, salah satunya memperkuat otot-otot rahim sehingga memudahkan proses persalinan. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan senam kegel.

0,0
09 May 2019|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Reni Utari
senam kegel untuk ibu hamil dapat memperkuat otot rahim dan vaginaSenam Kegel untuk ibu hamil dapat dilakukan dengan mudah di rumah
Selain makanan tinggi nutrisi, olahraga juga sangat penting bagi ibu hamil. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah senam kegel untuk ibu hamil.
Senam Kegel adalah salah satu senam hamil untuk memperlancar persalinan. Jika dilakukan dengan benar, kegel dapat meminimalkan peregangan dan melatih otot di area panggul dan vagina.

Apakah senam kegel aman untuk ibu hamil?

Senam kegel adalah salah satu olahraga yang aman untuk ibu hamil. Menurut American Pregnancy Association (APA), ibu hamil sebaiknya melakukan kegel sejak awal kehamilan untuk membantu memperlancar proses persalinan.Senam ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah memperkuat otot-otot yang menopang rahim, kandung kemih dan usus. Perut yang kuat nantinya akan membantu persalinan berjalan dengan lancar.Baca juga: Apakah Senam Kegel untuk Pria Perlu Dicoba?

Manfaat senam kegel untuk ibu hamil

Pada dasarnya, senam Kegel dapat disebut juga latihan dasar panggul. Tak hanya baik untuk kesehatan, senam Kegel juga merupakan olahraga yang mempunyai pengaruh besar pada saat proses persalinan nanti.Senam ibu hamil ini sangat praktis karena dapat dilakukan kapan dan di mana saja, bahkan tanpa diketahui orang. Secara signifikan, senam Kegel dapat mengurangi gejala inkontinensia urine.Manfaat lain dari senam ibu hamil adalah membantu memperkuat otot-otot rahim, kandung kemih, usus, serta otot-otot vagina. Dengan memperkuat otot-otot tersebut selama kehamilan, maka akan membantu Anda mengembangkan kemampuan untuk mengontrolnya pada saat persalinan.Kemampuan mengontrol otot ini juga akan meminimalisir dua masalah umum selama kehamilan yaitu penurunan kontrol kandung kemih dan wasir.Selain pada saat hamil, dianjurkan pula untuk melakukan senam Kegel setelah persalinan sebagai upaya penyembuhan perineum, mengembalikan fungsi kandung kemih, serta memperkuat otot-otot dasar panggul.Setelah mengetahui berbagai manfaat senam ibu hamil, kini saatnya Anda mempelajari bagaimana teknik melakukannya.Baca juga: Macam-macam Olahraga Ibu Hamil yang Paling Direkomendasikan

Cara melakukan senam kegel sederhana untuk ibu hamil

Dalam melakukan senam kegel, Anda seolah-olah berusaha menahan aliran urine atau buang angin. Namun, saat menahan, jangan gunakan otot paha, pantat, ataupun perut, melainkan gunakan otot dasar panggul.Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menemukan otot-otot Kegel. Pertama, lakukan gerakan dengan masukkan jari ke dalam vagina secara perlahan, kemudian coba tekan otot-otot yang mengelilinginya. Cara kedua yakni dengan berlatih menghentikan aliran urine saat buang air kecil.Namun, Anda perlu berhati-hati ketika memilih cara kedua. Jangan terlalu sering karena dapat melemahkan otot seiring waktu. Selain itu, menghentikan aliran urine juga berisiko meningkatkan kemungkinan infeksi saluran kemih. Jadi, lebih aman jika memilih cara pertama.Setelah menemukan otot-otot Kegel atau otot-otot dasar panggul, kontraksikan otot-otot tersebut selama 5 sampai 10 detik, kemudian kendurkan. Ulangi langkah tersebut sebanyak 10-20 kali.Sebagai catatan, pastikan untuk mengosongkan kandung kemih sebelum melakukan latihan Kegel. Supaya hasilnya maksimal, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

Tips terbaik melakukan senam kegel sederhana untuk ibu hamil

Selain cukup mudah dan praktis, gerakan senam hamil kegel juga dapat dilakukan tanpa banyak persiapan. Untuk memaksimalkan hasilnya, ikuti beberapa tips berikut:
  • Bernapaslah secara normal dan rileks selama latihan
  • Senam Kegel sebaiknya dilakukan hingga tiga kali sehari
  • Usahakan untuk tidak menggerakkan kaki, pantat, atau otot perut selama latihan
Selain di rumah, Anda juga dapat melakukan senam ibu hamil di luar rumah, bahkan di tempat umum sekalipun tanpa hambatan. Berikut adalah beberapa contoh tempat dan situasi yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan senam kegel:
  • Ketika berhenti di lampu merah
  • Di ruang tunggu bidan atau dokter
  • Ketika menunggu antrian seperti di bank atau apotek
Praktis bukan? Untuk itu, segera praktekkan senam Kegel untuk mendapatkan segala manfaatnya!Jika Anda ingin berkonsultasi dengan dokter terkait senam kegel untuk ibu hamil, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
olahraga ibu hamil
American Pregnancy. http://americanpregnancy.org/labor-and-birth/kegel-exercises/Hindawi. https://www.hindawi.com/journals/anurs/2014/640262/Diakses pada Oktober 2018
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait