Menari memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan
Menari bisa Anda pilih sebagai variasi olahraga untuk meningkatkan kebugaran.

Selain menyenangkan, menari ternyata juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Kegiatan yang satu ini bahkan telah dijadikan terapi untuk membantu proses perawatan maupun penyembuhan beberapa penyakit.

Jika Anda bosan dengan rutinitas olahraga membakar kalori, jangan ragu untuk menjadikan kegiatan ini sebagai pengganti. Berikut ini manfaat menari untuk kesehatan yang sayang jika Anda lewatkan.

[[artikel-terkait]]

5 Manfaat menari yang baik untuk kesehatan Anda

Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa menari dapat membantu Anda menurunkan berat badan, membuat tubuh menjadi lebih lentur, mengurangi stres, dan memberi banyak manfaat lainnya.

Agar lebih jelas, berikut ini penjelasan lebih jauh mengenai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan menari.

1. Membantu membakar kalori

Seberapa banyak kalori yang dibakar saat sedang menari bisa berbeda setiap orangnya, tergantung dari durasi serta intensitas menari orang tersebut.

Menari dikategorikan sebagai aktivitas fisik berintensitas sedang. Untuk individu usia dewasa, aktivitas fisik minimal selama 30 menit per hari sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Dengan menari, aktivitas fisik yang mungkin dirasa berat untuk dijalankan oleh sebagian orang, akan lebih terasa ringan.

2. Baik untuk kesehatan otak

Menari dapat membantu memperkuat memori dan mencegah seseorang terkena demensia saat berusia lanjut. Selain itu, menari juga memberikan beberapa keuntungan untuk tubuh seperti berikut ini.

  • Menambah volume aliran darah ke otak
  • Membantu mengurangi stres, depresi, dan kesepian
  • Baik untuk latihan otak, melalui aktivitas menghafal gerakan atau bekerjasama dengan pasangan menari.

3. Bermanfaat bagi kesehatan jantung

Menari baik dilakukan bagi individu yang memiliki risiko terkena penyakit jantung. Orang dengan gangguan gagal jantung yang mengikuti latihan menari waltz, memiliki kesehatan jantung, pernapasan, dan kualitas hidup yang lebih baik dibandingkan dengan orang dengan kondisi yang sama, ketika berolahraga di atas treadmill.

4. Menambah energi

Jika merasa kekurangan energi dan sering merasa lemas, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengikuti kelas menari.

Menari dipercaya dapat memperbaiki daya tahan fisik, dan meningkatkan energi pada individu usia dewasa.

5. Melatih kelenturan dan keseimbangan tubuh

Kelenturan tubuh dapat mengurangi nyeri sendi. Selain itu, ketika kekakuan di tubuh berkurang, rasa nyeri yang dapat timbul setelah melakukan olahraga juga akan mereda.

Manfaat menari sebagai terapi penyembuhan

Terapi menari merupakan salah satu metode penyembuhan melalui tarian dan gerakan dari tubuh, untuk memperbaiki kondisi fisik, emosional, dan mental seseorang. Seperti halnya terapi dengan menggunakan musik, terapi menari mengedepankan penyembuhan dengan memotivasi peserta untuk mengekspresikan dirinya.

Selain itu, terapi menari juga disebutkan dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan keseimbangan dan memperbaiki gerak tubuh, serta koordinasi otot. Karena manfaat ini, tidak jarang terapi ini juga dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kondisi kronis.

Hingga saat ini, belum banyak penelitian yang menyebutkan manfaat terapi menari untuk kesehatan. Namun, beberapa penyakit seperti Parkinson, kanker, depresi, serta gangguan kesehatan yang berhubungan dengan usia lanjut, dipercaya dapat terbantu dengan pilihan menari.

Jika tertarik menjalani terapi menari sebagai salah satu pilihan perawatan, Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Tujuannya, agar terapi yang dilakukan nantinya sesuai dengan kondisi Anda.

WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/dancing-better-health#3
Diakses pada Maret 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/fitness-pictures/health-benefits-of-dance.aspx#improve-flexibility
Diakses pada Maret 2019

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-dance-therapy-90016
Diakses pada Maret 2019

 

Reviewed by dr. Reni

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed