Rasa takut bisa membuat Anda mengalami mimpi hamil
Mimpi hamil bisa menggambarkan ketakutan

Semua orang pasti pernah bermimpi. Ada beberapa teori yang mencoba menjelaskan manusia mengalami mimpi.

Mimpi dikatakan sebagai cara manusia untuk mengungkap keinginan di bawah sadarnya, memahami informasi baru, bahkan sebagai bentuk dari psikoterapi.

Salah satu mimpi yang paling umum dialami manusia adalah mimpi hamil. Arti mimpi ini bisa beragam, dari menggambarkan kreativitas hingga rasa takut.

Tafsir mimpi hamil

Sebagian dari Anda mungkin pernah mimpi hamil, baik kehamilan pada diri sendiri, mendengar kabar teman atau kerabat yang hamil, atau lainnya. Orang yang belum menikah juga bisa mengalami mimpi hamil, tak hanya mereka yang sudah menikah.

Terdapat berbagai macam mimpi hamil dan maknanya bisa meliputi:

  • Mimpi diri sendiri hamil

Apa Anda bermimpi Anda sendiri hamil? Bisa jadi ini pertanda bahwa Anda ternyata sedang hamil. Saat terbangun, Anda mungkin akan merasa perut agak membesar atau mengalami mual. 

Beberapa studi membandingkan mimpi wanita yang hamil dengan wanita yang tidak hamil. Salah satunya menunjukkan bahwa saat hamil, wanita lebih cenderung mengalami mimpi dengan tema kehamilan, melahirkan, dan bayi.

  • Mimpi orang lain dalam keadaan hamil

Ketika Anda memimpikan istri, teman, atau kerabat Anda sedang hamil, hal ini terkadang bukan sekadar bunga tidur. Kemungkinan besar, Anda, pasangan, atau kenalan Anda memang sedang merencanakan program hamil.

  • Mimpi mengandung anak kembar

Bermimpi hamil anak kembar dapat menjadi pertanda bahwa secara tak sadar Anda menginginkan bayi kembar atau mempertimbangkan kemungkinannya. Mimpi ini juga bisa Anda alami jika Anda atau pasangan memiliki keturunan kembar, atau Anda punya teman dengan bayi kembar.

  • Mimpi Mendengar kabar teman atau kerabat hamil

Apa Anda pernah bermimpi bahwa Anda mendengar kabar bahagia bahwa teman atau kerabat Anda sedang hamil? Ada beberapa kemungkinan makna dari mimpi ini.

Pertama, jika Anda adalah orang tua, Anda mungkin sedang menginginkan kehadiran seorang cucu. Kedua, Anda memiliki teman atau kerabat yang pernah curhat pada Anda bahwa mereka sedang berjuang untuk memperolah momongan. Jadi informasi ini masuk ke dalam alam bawah sadar dan menjelma menjadi mimpi.

  • Mimpi merasakan kecemasan saat hamil

Bagaimana jika Anda mimpi hamil, dan Anda merasa takut serta cemas di dalam mimpi tersebut? Barangkali, berarti Anda sedang tidak siap untuk hamil, atau sedang hamil dan menyimpan berbagai kekhawatiran terkait kehamilan Anda. 

Biasanya, mimpi seperti ini berhubungan dengan fluktuasi hormon yang kerap terjadi saat hamil. Perubahan hormon ini bisa membuat ibu hamil mudah sekali cemas.

  • Mimpi hamil yang tidak direncanakan

Mimpi hamil jugsa bisa menggambarkan bahwa Anda merasa cemas karena kehamilan yang tidak diinginkan maupun direncanakan.

Mungkin saja, Anda sedang takut mengalami ‘kebobolan’ di kehidupan nyata, sehingga mengalami mimpi tersebut. Tapi seperti halnya mimpi terkait kehamilan lainnya, mimpi ini bisa jadi hanya manifestasi dari pikiran bawah sadar dan belum tentu menjadi nyata.

Fakta-fakta lainnya seputar mimpi

Para peneliti belum tahu mengapa orang bisa mengalami mimpi hamil. Pasalnya, studi mengenai hal ini juga masih sedikit.

Akan tetapi, ada banyak fakta menarik seputar mimpi yang sudah ditelaah. Berikut contohnya:

  • Emosi negatif lebih umum terjadi

Emosi negatif lebih sering dirasakan dalam mimpi dibandingkan yang positif. Misalnya, kecemasan dan ketakutan.

  • Mimpi itu universal

Dunia mimpi memiliki ciri-ciri universal, terlepas dari suku dan budaya orang tersebut. Contohnya, hampir setiap orang pernah bermimpi dikejar-kejar sesuatu atau jatuh dari ketinggian.

  • Semakin banyak tidur, semakin sering bermimpi

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda lebih sering mimpi saat hamil? Jawabannya adalah karena saat hamil, perubahan hormon bisa membuat Anda merasa lebih lelah dan butuh tidur.

Para ahli mengatakan bahwa semakin banyak Anda tidur, Anda akan semakin sering mengalami mimpi.

  • Mimpi buruk tak selamanya wajar

Mengalami mimpi buruk sesekali itu wajar. Tapi jika terjadi sangat sering dan membuat Anda terganggu, hal ini bisa mengindikasikan adanya gangguan tidur terkait kondisi kesehatan mental. Periksakan diri Anda ke dokter untuk mengatasinya.  

  • Tema mimpi bisa berubah seiring dengan kondisi tubuh

Perubahan tubuh yang terjadi saat awal kehamilan bisa membuat wanita kerap bermimpi tentang air dan citra kesuburan. Misalnya, taman, buah-buahan, dan bunga-bunga.

Mimpi ini dapat menggambarkan harapan dan ketakutan Anda mengenai kehamilan dan calon buah hati yang akan lahir. 

Mimpi hamil bisa bermacam-macam dan tafsirannya juga beragam. Para psikolog mengatakan bahwa mimpi hamil lebih banyak terkait dengan pikiran bawah sadar, sehingga Anda tak perlu takut dan panik.

Jika Anda mengalami mimpi buruk terkait kehamilan yang terjadi terus-menerus atau sedang menghadapi masalah tidur, konsultasikan pada ahli profesional. Dengan ini, penyebab pastinya bisa ditemukan dan diatasi.  

Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/dreams-about-being-pregnant
Diakses pada 1 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/284378
Diakses pada 1 April 2020

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/facts-about-dreams-2795938
Diakses pada 1 April 2020

WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/vivid-dreams-of-pregnant-women#1
Diakses pada 1 April 2020

Artikel Terkait